Jakarta - Harga tiket maskapai penerbangan berbiaya murah atau LCC (Low Cost Carrier) dipastikan turun sebasar 50 persen, Kamis, 11 Juli 2019. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan maskapai LCC menurunkan tarif lebih murah dari tarif batas atas (TBA). Ini juga menjadi solusi dari tingginya harga tiket pesawat sejak akhir tahun lalu.

Akan tetapi, penurunan harga ini hanya berlaku untuk hari dan jam tertentu. Tarif ini berlaku hanya untuk hari keberangkatan Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00 hingga 14.00. Beberapa maskapai yang menurunkan tarif tersebut di antaranya adalah Lion Air dan Citilink.

Penerbangan murah disediakan oleh pemerintah untuk jadwal keberangkatan pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu

"Penerbangan murah disediakan oleh pemerintah untuk jadwal keberangkatan pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 10.00 sampai dengan 14.00 untuk penerbangan LCC domestik tipe pesawat jet, dengan memberikan penurunan tarif 50 persen dari TBA LCC, untuk alokasi seat 30 persen dari total kapasitas pesawat," ucap Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono, dikutip dari Antara, Kamis, 11 Juli 2019.

Citilink sendiri memberikan 62 penerbangan per hari dari ketiga hari tadi dengan total saat ini 3.348 kursi. Sedangkan Lion Air Group sejumlah 146 penerbangan dengan total sebanyak 8.278 kursi.

Dikutip dari Antara, Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo mengatakan bahwa Citilink Indonesia memastikan implementasi kebijakan tersebut berjalan dengan lancar.

"Penyesuaian harga tiket ini sejalan dengan komitmen Citilink Indonesia dalam menyediakan penerbangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat," jelas Juliandra.

"Walaupun ada penyesuaian harga tiket, kami tetap berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik sebagai premium LCC kepada seluruh pelanggan," katanya.

Baca juga: