UNTUK INDONESIA
Sinopsis Film Imperfect: Karier, Cinta dan Timbangan
Film Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan bercerita soal perjalanan Rara melawan body shaming dan bully.
Reza Rahadian dan Jessica Mila saat media screening film Imperfect: Cinta, Karier dan Timbangan, di Jakarta, Selasa 10 Desember 2019. (Foto: Tagar/ Eno Suratno Wongsodimedjo)

Jakarta - Film Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan siap tayang pada 19 Desember 2019 mendatang. Kisah perjalanan Rara (Jessica Mila) sebagai seorang gadis berperawakan tambun dan berkulit hitam yang mencoba melawan bully, body shaming dan beauty standart, begitu menguras air mata sekaligus mengundang tawa.

Rara yang terlahir dari rahim seorang model sukses di era 90-an bernama Debby (Karina Soewandi), harus menjalani hidup penuh tekanan lantaran memiliki fisik yang berbeda dengan adiknya, Lulu. Rara bertubuh gendut dan berkulit legam, sementara Lulu begitu langsing dan berkulit putih mulus.

Kendati memiliki tubuh yang kurang sempurna dalam pandangan masyarakat umum, Rara memiliki kebaikan hati yang tidak dimiliki banyak orang lain. Ia kerap membantu mengajar di sebuah sekolah untuk anak-anak jalanan, sehingga membuat Dika (Reza Rahardian) jatuh hati dan mau mencintai Rara apa adanya.

Selain memiliki kebaikan hati yang begitu rupa, Rara juga merupakan sosok cerdas dan setia kawan. Hal itu yang membuatnya bersahabat baik dengan Fey (Shareefa Danish), rekan kerja Rara di sebuah perusahaan besar produsen produk-produk kecantikan.

Rentetan perundungan, sindiran, hingga body shaming terang-terangan di hadapi Rara dengan tabah, sampai suatu waktu ia merasa kalau bentuk tubuh dan warna kulitnya benar-benar sebuah kutukan yang membuatnya berpotensi kalah dalam persaingan naik jabatan di tempat kerjanya.

Maklum saja, Kelvin (Dion Wiyoko) sang pemilik perusahaan sadar betul bahwa sebuah produk kecantikan tidak cukup diwakili oleh perempuan berotak cerdas, melainkan harus pula diwakili wanita yang memiliki penampilan rupawan, sesuai dengan citra perusahaan.

Cerita dalam film menjadi menarik saat Rara memutuskan untuk berjuang mendapatkan promosi jabatan yang ia inginkan dengan mencoba membentuk tubuhnya seideal mungkin, sesuai dengan kebutuhan citra perusahaan.

Perjuangan Rara saling berjalin dengan kisah hidup Dika yang ibunya (Dewi Irawan) terlilit hutang puluhan juta, serta cerita jenaka soal kebututan nasib empat orang anak kost, yakni Neti (Kiky Saputri), Maria (Zsazsa Utari), Prita (Aci Resti) dan Endah (Neneng Wulandari) yang tinggal di rumah sewaan milik orang tua Dika.

ImperfectPemain, Produser dan sutradara film Imperfect: Cinta, Karier dan Timbangan saat media screening di Jakarta, Selasa 10 Desember 2019. (Foto: Tagar/ Eno Suratno Wongsodimedjo)

Film kelima sutradara Ernest Prakasa ini merupakan adaptasi dari novel karya Meira Anastasia (istri Ernest) berjudul Imperfect: Journey to Selfacceptance yang pertama kali diterbitkan pada tahun 2018 oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Ernest mengatakan, karya film terbarunya itu bukan hanya sebuah produk yang dapat dinikmati penonton, melainkan sebuah gerakan untuk mengajak mengurangi perilaku bullying dan body shaming.

Merebaknya budaya perundungan di laman media sosial membuatnya mencipta kisah yang dekat dengan realita.

"Saya dan Meira lihat bahwa perempuan di zaman sekarang ini menghadapi issue yang cukup berat, salah satunya maraknya body shaming dan absurdnya beauty standart, mulai dari lingkungan sekitar hingga di media sosial," kata Ernest, usai screening media film Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan, Selasa, 10 Desember 2019.

Film Imperfect siap tayang di seluruh jaringan bioskop se Indonesia pada tanggal 19 Desember mendatang.

Baca juga: Sosok Pahlawan di Mata Reza Rahadian

Selain nama-nama di atas, film ini juga menghadirkan bintang-bintang lain seperti Uus, Muhadkly Acho, Boy William, Asri Welas, Olga Lydia, Karina Nadila, Wanda Hamidah, Diah Permatasari dan lain-lain. []

Berita terkait
Di Depan Jokowi, Erick Thohir Jadi Tukang Bakso
Menteri BUMN Erick Thohir tampil dalam drama bertema antikorupsi dalam peringatan hari anti korupsi sedunia di SMKN 57 Jakarta.
Akting Puan Maharani di Film Naga Bonar Reborn Bagus
Kualitas akting Puan Maharani di film Naga Bonar Reborn yang terbilang bagus, mendapat pujian dari produser Gusti Randa.
Habibie & Ainun 3, Cinta dan Pergolakan Masa Muda
Film Habibie Ainun 3 yang akan dirilis pada 19 Desember 2019 memiliki alur cerita mengenai masa muda mendiang Presiden ke-3 Republik Indonesia.
0
Viral Hewan Mati Mendadak di Bekasi Bukan Hoaks
Polisi membenarkan video viral hewan mati di Cibarusah, Bekasi, benar terjadi dan bukan hoaks.