Sinopsis Film The Science of Fictions, Konspirasi Bulan di Yogyakarta

Film The Science of Fictions resmi tayang di bioskop Tanah Air pada Kamis, 10 Desember 2020.
Salah satu adegan di film The Science of Fictions. (Foto: Angka Fortuna Sinema)

Jakarta - Film The Science of Fictions resmi tayang di bioskop Tanah Air pada Kamis, 10 Desember 2020. Film yang membawa Gunawan Maryanto meraih Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik ini, sebelumnya sudah diputar di 15 festival film bertaraf internasional.

Film produksi Angka Fortuna Sinema, Kawan Kawan Media, Limaenam Films ini mengangkat kisah tentang Siman, seorang warga Yogyakarta yang memergoki proses syuting pendaratan manusia di bulan oleh kru asing, yang diduga akan digunakan sebagai alat propaganda.

Pria warga Gumuk Pasir Parangkusumo itu dikisahkan tertangkap penjaga dan dipotong lidahnya agar tidak mengumbar informasi mengenai kejadian tersebut.

Selama puluhan tahun, Siman dianggap gila lantaran kerap bergerak pelan menirukan gerakan astronot di luar angkasa untuk membuktikan kebenaran pengalamannya.

Film The Science of Fictions bakal membawa para penontonnya menikmati alur cerita penuh kejutan dan berbagai hal yang tidak terduga sebelumnya.

Film The Science of FictionsSalah satu adegan di film The Science of Fictions. (Foto: Angka Fortuna Sinema)

Yosep Anggi Noen yang di film ini berkolaborasi bersama sinematografer Teoh Gay Hian mengatakan, film dengan latar tahun 1960-an ini menjanjikan sebuah eksplorasi visual dan penceritaan yang berbeda dari film-film lainnya, dan bakal kian terasa mendebarkan jika ditonton di layar bioskop.

"Film ini adalah tentang manusia yang bergerak pelan, jadi kami membicarakan bagaimana seharusnya kamera merekam gerak Siman," kata Yosep melalui keterangan tertulisnya kepada Tagar, pada Jumat, 11 Desember 2020.

"Film ini direkam dengan banyak jenis kamera, HD, handycam, GoPro, kamera slowspeed, drone dan juga menunjukkan berbagai jenis kamera di layar termasuk roll film 16 mm," ujar dia.

Film The Science of Fictions dibintangi sederet nama populer di kancah akting nasional, seperti Lukman Sardi, Ecky Lamoh, Asmara Abigail, Gunawan Maryanto, Yudi Ahmad Tajudin, Rusini, Alex Suhendra, dan Marissa Anita.

Film yang diganjar tiga gelar dari majalah Tempo, yakni Film Pilihan Tempo, Sutradara Pilihan Tempo (Yosep Anggi Noen), dan Aktor Pilihan Tempo (Gunawan Maryanto) ini resmi tayang di seluruh jaringan bioskop di Indonesia sejak Kamis, 10 Desember 2020. []

Berita terkait
Rumor Daredevil Gabung MCU, Debut di Film Spider-Man 3
Karakter pahlawan super Daredevil alias Matt Murdock yang diperankan Charlie Cox dikabarkan gabung ke Marvel Cinematic Universe (MCU).
Film Kemarin Kisah Perjalanan Band Seventeen Dapat Sambutan Baik
Film ini berdasarkan kisah nyata atas kesaksian keluarga yang ditinggal oleh personel band Seventeen akibat tsunami Tanjung Lesung, 2018 silam.
Deretan Film Tayang Desember 2020 di Netflix dan Bioskop
Berikut Tagar rangkumkan sederet judul film baru yang akan tayang di bioskop dan Netflix pada bulan Desember 2020.
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah