Simak Yuk, Ini Lho Jenis-jenis Asuransi Gigi

Misal, biaya perawatan saluran akar gigi saat ini berkisar Rp600 ribu, sementara polis Anda hanya menanggung Rp500 ribu.
Perawatan gigi (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Asuransi gigi adalah proteksi yang memberikan manfaat pertanggungan finansial atas risiko kesehatan gigi secara menyeluruh. 

Secara sederhana, manfaat pertanggungan gigi terbagi menjadi empat, yakni asuransi gigi perawatan dasar (basic), perawatan dasar (basic care), kompleks (major care), dan perawatan estetika.

Secara singkat, jenis-jenis asuransi gigi dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu yang bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider dari asuransi kesehatan (sepaket) dan satuan (stand alone). untuk mengetahui lebih jelas, simak pemaparan di bawah.


1. Asuransi Kesehatan + Gigi Terbaik

Jenis asuransi dental ini sangat cocok bagi nasabah yang tidak memiliki asuransi kesehatan. Karena, calon nasabah tidak perlu repot-repot mencari polis kesehatan dan dental secara terpisah


2. Polis Stand Alone Terbaik

Asuransi stand alone adalah polis yang berdiri sendiri tanpa perlu didukung dengan polis dasar asuransi kesehatan atau lainnya. 

Jenis asuransi ini sangat cocok untuk nasabah yang telah tergabung dalam asuransi kesehatan tetapi menginginkan plafon perawatan gigi yang lebih besar lagi atau tidak ditanggung oleh produk asuransi kesehatan.

Premi asuransi gigi mulai berkisar dari Rp100 ribu – Rp300 ribu (atau lebih) per bulan, tergantung pada manfaat polis yang dipilih nasabah. 

Dalam memilih asuransi gigi, hal yang harus diperhatikan tidak hanya pada premi murah saja. Karena percuma bila premi murah, tetapi limitnya tidak sebanding dengan biaya perawatan gigi saat ini.

Misal, biaya perawatan saluran akar gigi saat ini berkisar Rp600 ribu, sementara polis Anda hanya menanggung Rp500 ribu. 

Berarti, terdapat kekurangannya yang harus dibayar dengan dana pribadi. Maka itu, sebaiknya fokuslah mencari plafon/limit asuransi yang sebanding dengan biaya perawatan gigi di rumah sakit.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Arti Mimpi Gigi Copot Menurut Primbon Jawa
Tidak semua mimpi gigi copot menjadi pertanda buruk.
Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Baking Soda
Tak hanya untuk bahan kue, baking soda berguna untuk menjaga dan membersihkan gigi termasuk karang gigi atau plak. Ini cara membersihkannya.
4 Dampak Buruk dari Kebiasaan Menggigit Kuku
Selain memunculkan dampak buruk pada kulit dan kuku, kebiasaan ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lain.
0
Apa Itu IPO dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Bagaimana? Apakah kamu tergiur dengan saham dari suatu perusahaan yang melakukan IPO?