5 Tips Memilih Asuransi Kendaraan dengan Tepat

Memiliki asuransi kendaraan merupakan salah satu hal yang sangat penting, sehingga harus dipertimbangkan oleh setiap pemilik kendaraan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Kendaraan yang Anda miliki mempunyai nilai yang penting bagi hidup Anda. Kendaraan itu bahkan menjadi asset, koleksi, atau penunjang aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang biasanya dijadikan alasan untuk memilih produk asuransi kendaraan agar kendaraannya lebih terjamin dan terjaga keamanannya.

Memiliki asuransi kendaraan merupakan salah satu hal yang sangat penting, sehingga harus dipertimbangkan oleh setiap pemilik kendaraan. Karena hal tersebut berguna untuk menghindarkan kendaraan dari kondisi yang tidak diinginkan, atau sebagai antisipasi jika terjadi masalah agar Anda sebagai pemilik tidak mengalami kerugian secara finansial.

Sebelum memilih asuransi untuk kendaraan Anda, pastikan Anda memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi yang tepat. Hal ini agar Anda tidak salah memilih asuransi untuk kendaraan Anda. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 tips memilih asuransi kendaraan dengan tepat.


1. Menyesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum menentukan asuransi yang dipilih, lebih baik jika Anda memahami kondisi kendaraan terlebih dahulu, seperti mesin, usia kendaraan motor atau mobil, body, lingkungan dan lain sebagainya. Karena hal tersebut bisa menjadi pertimbangan.

Ada dua tipe asuransi yang bisa dipilih, yaitu Asuransi All Risk atau Comprehensive, yang menjamin hampir keseluruhan keadaan kendaraan. Kemudian Asuransi Total Loss Only (TLO), yang menjamin kerugian atau kerusakan total seperti kehilangan atau pertanggungan terhadap kerusakan di mana estimasi biaya perbaikan harus lebih dari atau sama dengan 75 persen harga kendaraan sesaat sebelum kerugian terjadi.


2. Ketahui risiko yang dijaminkan

Cek polis dengan seksama, di dalam polis tersedia poin-poin yang dijamin oleh pihak asuransi dan Anda dapar secara aktif bertanya kepada pihak asuransi apabila terdapat poin yang kurang jelas.

Hal tersebut tercantum pada ketentuan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1. Meskipun terdapat beberapa risiko yang menjadi pengecualian pada produk asuransi kendaraan ini, namun Anda tidak perlu khawatir jika ingin mendapatkan perlindungan lebih karena Anda dapat mengkonsultasikan dan mengajukan perluasan jaminan yang dapat disesuaikan kebutuhan.


3. Menyesuaikan dengan kemampuan

Anda juga harus memilih produk asuransi kendaraan yang disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Oleh karena itu, riset terhadap premi yang akan dikeluarkan menjadi hal yang penting. jangan sampai Anda memilih premi yang terlalu tinggi diluar kemampuan finansial Anda.


4. Cari tahu layanan yang diberikan

pada dasarnya seseorang memutuskan berasuransi untuk meringankan beban risiko yang mungkin akan dihadapi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui layanan yang diberikan oleh pihak asuransi. Jenis layanan yang biasanya dapat dijadikan pertimbangan adalah ketersediaan layanan contact center serta kemudahan dalam memanggil layanan darurat 24 jam, jaminan dari bengkel untuk penggantian suku cadang resmi, hingga proses kemudahan klaim yang ditawarkan.


5. Cari tahu reputasi perusahaan asuransi yang akan dipilih

Asuransi merupakan salah satu lembaga keuangan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh sebab itu, penting untuk Anda mengecek bahwa perusahaan asuransi yang akan dipilih sudah terdaftar di OJK. Selain itu, Anda sebaiknya melihat track record perusahaan asuransi tersebut dengan cara mengecek berapa lama perusahaan tersebut berdiri, melihat berbagai review di sosial media terkait perusahaan asuransi tersebut, dan juga bertanya langsung dengan kerabat yang menggunakan asuransi tersebut. []

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga


Berita terkait
Mengapa Harus Asuransi Syariah?
Produk asuransi dapat menjadi salah satu upaya dalam memproteksi kita melalui upaya memperkecil risiko
Ini yang Terjadi Pada Asuransi Pendidikan Jika Anak Meninggal
Wajar saja banyak orang tua beranggapan bahwa pendidikan ini sebagai salah satu investasi bagi masa depan anak mereka.
Hadapi Risiko dengan Proteksi Asuransi Syariah
Sedia payung sebelum hujan bermakna sebelum risiko itu datang, kita wajib mempersiapkan diri terutama soal urusan finansial
0
Ini Daftar Lengkap Negara Peserta Piala Dunia FIFA 2022 Qatar
Daftar lengkap 32 negara yang akan bermain di putaran final Piala Dunia FIFA 2022 Qatar November - Desember 2022