Siapa Iis Rosita Dewi, Istri Edhy Prabowo Ikut Ditangkap KPK

Selain menjadi istri seorang menteri, Iis Rosita Dewi juga merupakan anggota DPR periode 2019-2024 dari Partai Gerindra, dapil Jawa Barat II.
Istri Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi. (Foto: Tagar/Instgram/@iisedhyprabowo)

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bersama istrinya, Iis Rosita Dewi, ajudan menteri, dan ajudan istri menteri.

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, menyebut Edhy Prabowo diamankan di Bandara Soekarno - Hatta, pada Rabu dini hari, pukul 02.00 WIB beserta sejumlah pegawai KKP sepulang perjalanan dari Amerika Serikat.

"Benar KPK tangkap, berkait ekspor benur," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan, dikutip Tagar pada Rabu, 25 November 2020.

Kami akan bermitra dan berjalan berdampingan untuk ikut menyuarakan aspirasi masyarakat luas, khususnya yang berada di dapil kami masing-masing.

Saat ini, petugas KPK telah membawa politikus partai Gerindra itu ke gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Sesuai KUHAP, KPK mempunyai waktu 1X24 jam untuk menentukan status pihak-pihak yang ditangkap tersebut.

Belum ada keterangan resmi dari KPK ihwal kasus yang menjerat Edhy. Namun diduga penangkapan ini terkait dengan tugas-tugasnya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Siapa Iis Rosita Dewi, Istri Edhy Prabowo Ikut Ditangkap KPK?

Selain menjadi istri seorang menteri, Iis Rosita Dewi juga merupakan anggota DPR periode 2019-2024 dari Partai Gerindra, dapil Jawa Barat II. 

Saat ini, ia ditugaskan partai di Komisi V yang menangani bidang Infrastruktur, Transportasi, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, dan Pencarian dan Pertolongan.

Iis Edhy PrabowoIstri Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi. (FOto: Tagar/Instgram/@iisedhyprabowo)

Iis berharap apa yang telah dicapainya menjadi pemicu bagi kemunculan politisi-politisi perempuan terutama dari partai yang dinaunginya (Gerindra). Saat disumpah sebagai anggota DPR, ia berjanji akan bermitra dengan menyuarakan aspirasi masyarakat.

“Jika selama ini saya mendukung peran suami saya (Edhi Prabowo) yang sudah jauh lebih dahulu menjadi anggota legislatif dari belakang, mulai hari ini, sejak dilantik menjadi anggota DPR RI. Kami akan bermitra dan berjalan berdampingan untuk ikut menyuarakan aspirasi masyarakat luas, khususnya yang berada di dapil kami masing-masing,” ujar Iis usai pengucapan sumpah dan janji Anggota DPR RI Periode 2019-2024 di Senayan Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Iis terpilih menjadi anggota DPR-RI periode 2019-2024 setelah mendapat perolehan suara sebesar 72.125. Keinginannya berada di lembaga legislatif selain ingin menyuarakan hak-hak perempuan, juga ingin mencontohkan kepada kaum perempuan agar tidak ragu untuk terjun ke dunia politik.

Politik menurut Iis Rosita Dewi adalah cara dan seni yang identik dengan keindahan, oleh karenanya butuh juga sentuhan wanita. Tidak bisa dipungkiri, keterwakilan perempuan dalam sebuah partai politik saat ini masih sangat rendah, terutama yang ada di Fraksi Partai Gerindra.

Iis juga ambil bagian dalam penyampaian aspirasi masalah Bandara Kertajati, Komisi V dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan DPRD Provinsi Jawa Barat.

Saat itu, Iis mengatakan untuk masalah Bandara Kertajati dan Sungai Citarum itu memang sudah menjadi masalah yang berkerak yang membuat masalah ini tidak selesai-selesai. Tetapi, pada dasarnya ia pribadi sangat concern dengan masalah Kertajati dan Citarum. 

Menurutnya, demi rakyat Jawa Barat pasti Komisi V DPR RI akan selalu menjadi yang terdepan karena Komisi V DPR RI perpanjangan tangan rakyat dari Jawa Barat yang berada di pusat. []

Baca juga: 

Berita terkait
Prabowo Perintahkan Gerindra Tunggu Info Valid Soal Edhy dari KPK
Dasco mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah mengetahui perihal kabar penangkapan Menteri KKP Edhy Prabowo.
Novel Baswedan Pimpin Penangkapan Menteri KKP Edhy Prabowo
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo terkait ekspor benur alias benih lobster.
Profil Fatmawati Cakada Perempuan Bersaing di Pilkada Makassar
Berikut profil satu-satunya perempuan di kontestan Pilkada Makassar tahun 2020.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.