UNTUK INDONESIA

Profil Fatmawati Cakada Perempuan Bersaing di Pilkada Makassar

Berikut profil satu-satunya perempuan di kontestan Pilkada Makassar tahun 2020.
Fatmawati Rusdi, Calon Wakil Wali Kota Makassar nomor urut satu yang berpasangan dengan Danny Pomanto. (Foto: Tagar/Dok. Pribadi)

Makassar - Fatmawati Rusdi merupakan satu-satunya calon kepala daerah perempuan yang bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kota Makassar, Sulawesi-selatan (Sulsel).

Fatmawati menjadi wakil dari mantan Wali Kota Makassar, Muhammad Ramdhan Pomanto. Pasangan yang bertagline ADAMA ini mendapat nomor urut 1 pada kontestasi Pilkada Makassar.

Keduanya akan bersaing dengan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin NH, Syamsu Rizal-Fadli Ananda, dan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando.

Kami datang dengan membawa program yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Meski menjadi perempuan satu-satunya, tak membuat Fatmawati berkecil hati untuk bertarung merebut hati masyarakat.

Fatmawati terus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan suara dukungan dari masyarakat, berbagai langkah telah dilakukan, bertatap muka langsung dengan warga yang ada di Kota Makassar.

"Kami datang dengan membawa program yang dibutuhkan oleh masyarakat. Saya dengan pak (Danny Pomanto) membawa program yang realistis dan sangat dibutuhkan kondisi saat ini," ujar Fatmawati.

Fatmawati Bukan Politisi Baru di Sulsel

Fatmawati merupakan politisi yang cukup berpengalaman di Sulawesi-selatan (Sulsel). Dia pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada periode 2014-2019 lalu.

Kala menjabat sebagai wakil rakyat di Parlemen, Fatmawati berada di komisi V yang membidangi perhubungan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, pembangunan pedesaan, dan kawasan tertinggal.

Belum tuntas menjadi anggota DPR, Fatmawati mengadu nasib untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sidrap 2018 lalu. Saat itu, istri dari Rusdi Masse itu berpasangan dengan Abdul Majid. Namun sayang pasangan tersebut tumbang dari Dollah Mando-Mahmud Yusuf.

Kekalahan itu menjadi pukulan telak bagi Fatmawati, mengingat pada periode sebelumnya, sang suami sukses memimpin Kabupaten Sidrap selama dua periode.

Satu tahun absen dalam perpolitikan, Fatmawati akhirnya mengambil langkah mengejutkan untuk bertarung pada kontestasi Pilkada Kota Makassar 2020. Fatmawati merupakan satu-satunya kaum Hawa yang bersaing untuk menjadi pemenang di Makassar.

Sibuk Berpolitik Tapi Tak Lupa Urus Keluarga

Semenjak menjadi politisi, Fatmawati memiliki jadwal yang sangat padat. Apalagi saat menjabat sebagai anggota DPR RI. Kendati demikian alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Jayabaya, Jawa Barat ini tetap mengutamakan urusan keluarganya.

Terutama urusan pendidikan sang anak, ia mampu membagi waktunya tersebut. Salah satu contohnya 2018 lalu. Pada momen itu, Fatmawati tengah sibuk pada Pilkada Sidrap, namun ia tetap menyempatkan diri untuk menghadiri wisuda anak pertamanya di Sekolah Dasar Global Islamic School, Jakarta.

Sang anak tersebut bernama Muammar Ferri Rae Gandi adalah anak pertama RMS-Fatmawati yang lahir di Jakarta 4 Februari 2006.

"Pertumbuhan dan pendidikan anak, tak bisa ditawar. Pendidikan harus dimulai dari keluarga," ujarnya. [] PEN

Berita terkait
Profil Hengki Haryadi, Dipromosi Jadi Kapolres Metro Jakarta Pusat
Hengki Haryadi sebelumnya telah menjabat Kapolres Jakarta Barat dan menjadi lulusan terbaik Sespimti ke-29 dan Sespimmen ke-60 TA 2020.
Profil Pertamina dan Wacana Penghapusan BBM Jenis Premium
wacana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan rendah masih terus bergulir dan Pertamina menegaskan masih akan menyalurkan Premium.
Daftar Personil Girlband STAYC Lengkap dengan Profil
Berikut Tagar rangkumkan daftar dan profil singkat personel grup girlband STAYC besutan High Up Entertaiment.
0
Profil Fatmawati Cakada Perempuan Bersaing di Pilkada Makassar
Berikut profil satu-satunya perempuan di kontestan Pilkada Makassar tahun 2020.