Siap Dibuka, Pariwisata Kepri Terbatas untuk Wisatawan Asing

Hotel, resor, restoran, dan destinasi wisata juga telah menerapkan protokol kesehatan. Pelaku usaha juga melakukan persiapan berlapis.
Ilustrasi tempat wisata di Kepri. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Destinasi Pariwisata di Lagoi Bintan dan Nongsa Batam di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) siap dibuka terbatas untuk wisata mancanegara (wisman) seiring dengan penyebaran Covid-19 yang semakin menurun dan tingginya angka vaksinasi Covid-19 di daerah setempat.

"Penyebaran Covid-19 sudah jauh menurun. Bahkan dua hari yang lalu di Batam nihil tambahan kasus. Vaksin juga begitu, dosis pertama sudah diberikan pada 79 persen sasaran, untuk dosis kedua sudah 45 persen," kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar di Batam, Selasa, 21 September 2021.

Agar keamanan semakin terjamin, hotel, resor, restoran, dan destinasi wisata lainnya juga telah menerapkan protokol kesehatan dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Enviropment Sustainability). Pelaku usaha juga melakukan persiapan berlapis. Di Lagoi misalnya, pengelola menyiapkan bluepass sebagai alat pelacakan kontak erat Covid-19 dan kode QR. 

"Karyawan sudah divaksin 100 persen. Kami tawarkan bahwa kami siap. Tapi tetap tidak boleh sombong, protokol kesehatan tetap harus dijalankan," ujar Buralimar

Selain itu, penanganan kesehatan di Kepri juga sudah disiapkan, apabila ada wisatawan yang dinyatakan terpapar Covid-19, maka bisa menjalani karantina di resor di Lagoi dan Nongsa.

"Karena itu sudah wilayah karantina. Jadi bukan dikarantina di rumah saja. Wilayah Lagoi sudah enclave, kalau ada yang terkonfirmasi, mudah mereka tangani. Apalagi ada bluepass," kata Buralimar. []


Baca Juga : 



Berita terkait
Konsep Pariwisata Green Tourism Bisa Jadi Peluang Bisnis
Indonesia dinilai bisa menjadi green tourisim destination, konsep ini dapat menjadi salah satu peluang bisnis untuk masa depan.
Sandiaga: Pariwisata di Kawasan PPKM Level 3-4 Masih Ditutup
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan kepada para pelaku usaha parekraf untuk menahan diri sebab pariwisata di wilayah PPKM Level 3-4 masih ditutup.
Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19
Pandemi Covid-19 dua tahun terakhir telah berdampak luas terhadap sektor ekonomi masyarakat, khususnya bidang pariwisata
0
Siap Dibuka, Pariwisata Kepri Terbatas untuk Wisatawan Asing
Hotel, resor, restoran, dan destinasi wisata juga telah menerapkan protokol kesehatan. Pelaku usaha juga melakukan persiapan berlapis.