Konsep Pariwisata Green Tourism Bisa Jadi Peluang Bisnis

Indonesia dinilai bisa menjadi green tourisim destination, konsep ini dapat menjadi salah satu peluang bisnis untuk masa depan.
Ilustrasi desa wisata di Indonesia. (Foto: Tagar/iTrip)

Jakarta - Director Sumatera and Beyond Tour, Ridwan Tulus, menilai Indonesia belum memiliki konsep pariwisata yang bagus. 

"Tidak banyak orang yang bisa mendesain tur yang bernilai, padahal ini adalah salah satu peluang bisnis," ujar Ridwan dalam diskusi virtual.

Untuk itu pihaknya ingin menjadikan Indonesia sebagai green tourisim destination. Ridwan optimis konsep ini dapat menjadi salah satu peluang bisnis untuk masa depan.

"Konsep pertama yaitu dengan melakukan pengembangan pariwisata di suatu daerah yang tidak merusak budaya, tapi justru mengangkat budaya kita yang luar biasa, apalagi Indonesia yang terkenal dengan bermacam ragam budaya," jelasnya.

Menurut Ridwan, konsep tersebut akan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi apabila programnya betul-betul dikemas dengan baik. Jadi bukan merusak budaya, tapi mengangkat potensi budaya yang ada.



Tidak banyak orang yang bisa mendesain tur yang bernilai, padahal ini adalah salah satu peluang bisnis.




Konsep kedua yaitu dengan melakukan pengembangan pariwisata di suatu daerah yang protect nature atau melindungi alam dengan tidak merusak alam justru memperkaya alam, dan ini menjadi salah satu cara membuat wisatawan yang pernah datang ingin terus kembali berkunjung. Ridwan menambahkan, setiap program yang di desain, pihaknya selalu melakukan aksi yang disebut green action, salah satunya penanaman terumbu karang. Pengunjung yang datang ikut menanam terumbu karang bernamakan nama mereka, setelah enam bulan akhirnya difoto terumbu karang itu dan dikirim pada mereka. Pengunjung yang menanam terumbu karang itu akhirnya ingin datang kembali bahkan membawa orang lain untuk berkunjung ke daerah yang dia kunjungi. 

Konsep ketiga yaitu bagaimana perkembangan pariwisata di suatu daerah yang memberdayakan dan memberikan keuntungan bagi masyarakat lokal.

"Selain itu, kami berupaya membuat destinasi wisata yang menyehatkan dengan forest healing dan ocean healing, harusnya kalau Menteri kita jeli, hal itu akan jadi solusi pariwisata, bukan saja Indonesia tapi dunia," ujarnya. []


Baca Juga:

Menparekraf: Saatnya Desa Wisata yang Membangun Indonesia

Borobudur dan Empat Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia

Enam Wisata Bawah Laut Memukau Indonesia

Sandiaga Ajak Warga Singapura Wisata Virtual ke Indonesia










Berita terkait
Sandiaga: Pariwisata di Kawasan PPKM Level 3-4 Masih Ditutup
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan kepada para pelaku usaha parekraf untuk menahan diri sebab pariwisata di wilayah PPKM Level 3-4 masih ditutup.
Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19
Pandemi Covid-19 dua tahun terakhir telah berdampak luas terhadap sektor ekonomi masyarakat, khususnya bidang pariwisata
Selama Pandemi Covid-19 Pariwisata Yogyakarta Rugi Rp 10 Triliun
Selama enam belas bulan terakhir, sektor pariwisata mati suri. Aneka pembatasan mobilitas menambah berat beban pelaku industri ini
0
Konsep Pariwisata Green Tourism Bisa Jadi Peluang Bisnis
Indonesia dinilai bisa menjadi green tourisim destination, konsep ini dapat menjadi salah satu peluang bisnis untuk masa depan.