UNTUK INDONESIA
Shin Tae-Yong Kulonuwun ke Pelatih Klub Liga 1
Manajer-Pelatih timnas, Shin Tae-Yong, memantau pemain yang berlaga di Piala Gubernur Jatim 2020. Dia juga kulonuwun kepada pelatih klub Liga 1.
Manajer-Pelatih timnas, Shin Tae-Yong, memantau pemain yang berlaga di Piala Gubernur Jatim 2020. Dia juga kulonuwun kepada pelatih klub Liga 1. Tampak pelatih timnas serius mengamati pertandingan di turnamen itu. (Foto: Tagar/Haris Dwi Susanto)

Bangkalan - Manajer-Pelatih tim nasional, Shin Tae-Yong, memantau pemain yang berlaga di Piala Gubernur Jatim 2020. Dia juga 'kulonuwun' dan menemui para pelatih klub Liga 1 terkait persiapan agenda tim Indonesia yang akan menjalani laga kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Pelatih Shin Tae-Yong merasa perlu menemui pelatih Liga 1. Apakah pemainnya dipanggil timnas atau tidak, pelatih asal Korea Selatan tetap 'kulonuwun' kepada mereka. 

Hal itu dilakukan saat Shin Tae-Yong memantau pemain yang berlaga di Piala Gubernur Jatim. Dirinya mendapat kesempatan bertemu dengan pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, yang juga eks pelatih timnas U-23. 

Saya berharap pelatih tidak keberatan melepas pemainnya ke timnas. Saya mengucapkan terima kasih kepada para pelatih tersebut

Selain itu ada pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, yang pernah menjadi asisten Rahmad dan kemudian menangani timnas U-23. Pelatih Bhayangkara FC Paul Munster dan pelatih Persik Kediri Joko Susilo juga ditemui Shin Tae Yong. 

"Jadi alasan bertemu dengan pelatih klub untuk meminta dukungan karena timnas sebentar lagi melaksanakan pemusatan latihan," kata Shin Tae-Yong di sela menyaksikan pertandingan Piala Gubernur Jatim di Madura.  

"Saya berharap pelatih tidak keberatan melepas pemainnya ke timnas. Saya mengucapkan terima kasih kepada para pelatih tersebut," ujar dia menerangkan. 

Pelatih Shin Tae Yong memanggil 34 pemain untuk menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand dan Uni Emirat Arab, Maret 2020. Pelatnas dimulai Jumat 14 Februari 2020 besok dan berakhir pada Minggu 23 Februari 2020. 

Pelatih Timnas Pantau Fisik Pemain

Selama memantau pemain yang berlaga di Piala Gubernur, mantan pelatih timnas Korsel ini ingin mengetahui fisik dan mental mereka. Menurut dia semua pemain, apakah yang sudah dipanggil timnas atau tidak, tetap dipantau. 

Dari pantauannya, pelatih yang sukses menangani klub elite Korsel Seongnam Ilhwa Chunma FC ini menyoroti kondisi fisik pemain yang tidak cukup kuat. Ironisnya, kondisi tersebut juga dialami beberapa pemain timnas.

"Kendala utama pemain Indonesia ini adalah fisik. Kalau fisik buruk, secara otomatis ini berpengaruh pada mental mereka," ujar Shin Tae Yong.

Kondisi tersebut memaksa pelatih berusia 50 itu untuk meningkatkan fisik pemain. Menurut dia hanya itu yang harus dilakukan bila sepak bola ingin kembali berjaya di Asia.

"Saya akan meningkatkan kondisi fisik pemain. Dengan demikian mereka bisa kuat bermain selama 90 menit. Tujuannya agar Indonesia bisa bersaing di tingkat Asia," ucap dia. []

Berita terkait
Pelatih Persipura Dukung Pemainnya Dipanggil Timnas
Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago mendukung sepenuhnya pemanggilan Muhammad Tahir oleh pelatih tim nasional.
Pelatih STY Puas Meski Timnas U-19 Kalah di Uji Coba
Manajer timnas U-19 Shin Tae-Yong merasa puas dengan penampilan tim meski kalah 0-2 dalam uji coba melawan Kyung Hee University di Thailand.
Menpora Dukung Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia
Menpora Zainudin Amali berharap penunjukkan Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia bisa membawa prestasi bagi Indonesia.
0
Harun Masiku Hilang, KPK Perpanjang Penahanan Wahyu
KPK melakukan perpanjangan penahanan eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan satu tersangka suap PAW DPR lainnya.