UNTUK INDONESIA
Menpora Dukung Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia
Menpora Zainudin Amali berharap penunjukkan Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia bisa membawa prestasi bagi Indonesia.
Menpora Zainudin Amali. (Foto: Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendukung langkah PSSI yang telah mengontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia menggantikan Simon McMenemy.

Meski tak ingin mencampuri keputusan PSSI, tetapi keputusan mengikat pelatih asal Korea Selatan itu selama tiga tahun adalah langkah yang tepat.

"Kami mendukung keputusan PSSI. Kami tidak boleh ikut campur, karena menyangkut teknis. Pemerintah hanya bisa mendukung keputusan federasi, siapapun yang ditunjuk," ujar Zainuddin Amali di Surabaya, Jumat 27 Desember 2019.

Pria yang akrab dipanggil ZA ini berharap Shin Tae-yong mampu mengembalikan kejayaan dan meningkatkan prestasi Evan Dimas dkk. Mengingat penunjukan Shin Tae-yong telah melalui proses dan pertimbangan.

Kami mendukung keputusan PSSI. Kami tidak boleh ikut campur, karena menyangkut teknis.

"Dia dipilih sebagai pelatih harus membawa prestasi dan optimisme. Pelatih yang ditunjuk PSSI harus memberikan rasa optimisme bagi persepakbolaan kita," tegasnya.

Untuk kelas timnas, Shin Tae-yong pernah melatih Timnas Korea Selatan U-23 pada 2016 hingga 2017, dan Timnas Korea Selatan U-20. Pelatih 50 tahun itu juga pernah menangani Timnas Korea Selatan senior.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan pernah membuat hal yang terkesan saat tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia. Meski sempat ditaklukan oleh Swedia dan Meksiko, tetapi Korea Selatan mampu meraih kemenangan bersejarah atas Jerman 2-0 di partai terakhir.

Satu gelar didapatkan Shin Tae-yong di level Internasional saat melatih Timnas Korea Selatan Senior, yaitu juara EAFF E-1 Football Championship 2017. Di babak final yang dibuat dengan format round robin, Korsel tidak terkalahkan atas Jepang, Cina, dan Korea Utara. []

Berita terkait
11 Pelaku Kejahatan di Surabaya Ditembak Mati Polisi
Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho mengatakan menembak mati pelaku kejahatan bukan sebuah prestasi yang membanggakan.
Menpora Khawatir Pilkada Ganggu Persiapan PD U-20
Salah satu fokus utama yang menjadi perhatian Menpora yakni akses menuju ke stadion berkapasitas 50 ribu orang tersebut.
Nataru, Perajin Tahu Kuning Kediri Banjir Pesanan
Perajin tahu mendapatkan menuai keutungan banyak dengan peningkatan pesanan selama momen liburan Natal dan Tahun Baru.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.