UNTUK INDONESIA
Shandy Aulia Kasih Bayi Makan Durian, Muncul Risiko Kesehatan?
Aktris Shandy Aulia menjadi buah bibir setelah memberikan durian kepada bayinya yang masih 8 bulan.
Seorang pedagang terlihat sedang menyiapkan durian untuk dijajakan kepada pembeli. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Aktris Shandy Aulia menjadi buah bibir setelah memberikan durian kepada putrinya yang masih 8 bulan, Claire Herbowo. Memang anak usia batita (anak usia di bawah 3 tahun) yang mengonsumsi durian memiliki risiko terhadap kesehatan?

Durian memang salah satu buah idola di Indonesia. Banyak kandungan yang terdapat pada buah durian, seperti karbohidrat, lemak, dan protein.

Dalam buah berkulit tajam ini juga terkandung sejumlah zat penting, seperti serat, kalsium, fosfor, asam folat, glukosa, magnesium, zinc dan zat besi. Kandungan kalsium atau potasium, dan fosfor dalam durian baik untuk kesehatan tulang persendian.

kuliner4Durian olahan dari Rumah Durian Semar, Bandung, Jawa Barat. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Selain itu durian memiliki kandungan vitamin C, vitamin B9, vitamin B1 untuk menjaga nafsu makan, dan vitamin B2 dan vitamin B6 yang dapat membantu meredakan stres dan depresi.

Namun, durian memiliki kadar gula tinggi bagi batita sehingga tidak cocok untuk diberikan kepada bayi. Batita dianjurkan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula atau garam yang tinggi. Karena hal ini akan bisa membahayakan untuk kesehatan bayi.

Kebutuhan gula dan garam pada batita kurang dari 1 gram per hari. Sementara bayi setiap harinya sudah memperoleh kebutuhan gula dan garam pada ASI ataupun susu formula. Maka dari itu, batita disarankan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan.

Shandy AuliaAktris Shandy Aulia diserang komentar warganet setelah memberikan durian kepada putrinya yang masih 8 bulan. (Foto: Instagram)

Penting untuk diingat bahwa ginjal bayi akan bekerja lebih keras lagi jika diberikan makanan yang mengandung kadar gula dan garam yang tinggi. Risiko yang akan terjadi adalah bisa menimbulkan hipertensi dan penyakit ginjal ketika sang buah hati tumbuh dewasa.

Perlu diketahui, makan durian harus dikunyah. Sementara bayi belum bisa melakukannya. Durian yang kaya akan serat setelah dikonsumsi akan menyerap air dan membengkak di usus dan perut. Jika bayi mengonsumsi durian terlalu banyak maka ususnya bisa tersumbat dan menimbulkan konstipasi. (Niswatul Mahmudah)

Berita terkait
Penyebab Mual Cium Bau Makanan Saat Hamil Seperti Mandy Moore
Penyanyi Mandy Moore sedang hamil. Ia kerap mengalami mual saat mencium bau makanan. Apa penyebabnya ya?
8 Tips Agar Balita Tak Takut Mandi, Jangan Puji Berani!
Mandi bisa jadi rutinitas menakutkan bagi balita Anda. Ada tips untuk menanggulanginya, tapi jangan berikan pujian berani saat memandikannya.
Gaya Parenting Dipuji, Bagaimana Nia Ramadhani Nasehati Anak?
Gaya parenting artis Nia Ramadhani ramai diperbincangkan di media sosial. Istri Ardi Bakrie ini banyak mendapat pujian warganet.
0
Hujan Batu dan Gas Air Mata Demo Omnibus Law di Banyuwangi
Polresta Banyuwangi menyelidiki mencari provokator yang menyebabkan demo tolak omnibus law berakhir rusuh.