UNTUK INDONESIA
Setelah Torino, Roma Fokus Juventus dan Liga Europa
Performa gemilang ditampilkan AS Roma saat mengalahkan Torino di Serie A Italia. Kini, Roma fokus lawan Juventus dan Sevilla di Liga Europa.
Performa gemilang ditampilkan AS Roma saat mengalahkan Torino 3-2 di Serie A Italia di Stadion Olimpico Grande, Kamis, 30 Juli 2020 dini hari WIB. Tampak pemain Roma merayakan gol di pertandingan tersebut. (Foto: Twitter/@forzaroma)

Jakarta - Performa gemilang ditampilkan AS Roma saat mengalahkan Torino 3-2 lewat pertarungan dramatis di Serie A Italia di Stadion Olimpico Grande, Kamis, 30 Juli 2020 dini hari WIB. Setelah meraih kemenangan, Roma fokus ada laga pamungkas melawan Juventus dan Liga Europa,. 

Roma menunjukkan determinasi kuat saat menghadapi Torino. Tertinggal lebih dulu, mereka langsung membalikkan keadaan yang memborong 3 gol. Meski akhirnya kembali kebobolan, namun tim asuhan Paulo Fonseca mampu mempertahankan keunggulan tersebut. 

Kemenangan itu mengukuhkan Roma di peringkat 5 dengan poin 67. Unggul 4 poin dari AC Milan yang berada di peringkat 6. Roma pun meraih tiket otomatis ke Liga Europa musim depan. 

Kami akan melawan tim yang sudah sering memenangi trofi itu. Selain itu banyak tim yang ingin juara. Jadi kami fokus pada laga melawan Sevilla

Hanya, I Giallorossi saat ini juga masih bertahan di kompetisi kasta ke-2 Eropa. Di babak 16 besar, Edin Dzeko dkk menghadapi Sevilla. Bila mampu menjadi juara, Roma bakal berlaga di Liga Champions. Tiket ke Liga Europa pun dilepas karena mereka berkompetisi di kasta tertinggi.

Sukses mengalahkan Torino menjadi modal berharga Roma saat menatap 2 laga berikutnya. Tim asuhan Paulo Fonseca menjamu juara liga musim ini, Juventus, Minggu, 2 Agustus 2020 dini hari WIB. Selanjutnya, mereka menghadapi Sevilla di tempat netral di Duisburg, Jerman, Kamis 6 Agustus 2020. 

"Fans menyatakan keinginannya agar kami menjadi juara. Kami juga menginginkannya, tetapi itu tidak mudah," kata Fonseca seperti dikutip laman klub. 

"Kami akan melawan tim yang sudah sering memenangi trofi itu. Selain itu banyak tim yang ingin juara. Jadi kami fokus pada laga melawan Sevilla. Selanjutnya kita lihat apa yang terjadi," ujar pelatih asal Portugal yang memberi apresiasi terhadap perjuangan pemain asuhannya. Menurut dia meski melakukan perubahan skema bermain, namun tim tetap bisa meraih hasil positif.

"Selama beberapa pekan terakhir, tim menunjukkan semangat dan rasa lapar. Hal yang saya sukai. Saya sesungguhnya juga lebih suka dengan sistem sebelumnya. Tetapi skema ini membuat kami bermain lebih agresif dan mendominasi. Kami pantas menang di laga ini," ucapnya lagi.

Roma Gelar Formasi Berbeda

Di laga itu, Fonseca menggelar formasi 3-4-2-1 yang berbeda dibandingkan sebelumnya. Tim memang sempat mengalami kesulitan menghadapi tuan rumah. Bahkan Torino unggul lebih dulu saat gelandang Alex Berenguer mencetak gol di menit 14. Dirinya memanfaatkan kesalahan bek Roma untuk menuntaskan umpan Simone Zaza. 

Torino mencoba meningkatkan serangan untuk mengejar ketinggalannya. Mereka nyaris berhasil menyamakan skor saat Zaza mencetak gol menjelang akhir babak pertama. 

Torino vs RomaStriker AS Roma Edin Dzeko (kanan) saat dibayangi bek sayap Torino Cristian Ansaldi di pertandingan Serie A Italia di Stadion Olimpico Grande, Kamis, 30 Juli 2020 dini hari WIB. Roma menang 3-2 di laga itu (Foto: asroma.com)

Namun golnya dianulir karena dia melakukan pelanggaran terhadap Aleksandar Kolarov dan kemudian kiper Pau Lopez. Skor tetap 2-1 saat babak pertama berakhir. 

Di babak kedua, Roma masih mengendalikan permainan dan memberi tekanan pada pertahanan II Toro. Hanya, mereka baru berhasil memantapkan keunggulan dari titik penalti di menit 61. 

Penalti diberikan setelah Koffi Djidji melakukan tekel terhadap Dzeko di kotak terlarang. Penalti pun dituntaskan dengan baik oleh gelandang Amadou Diawara.  

Baca juga: 

Roma Kembali Diperkuat Smalling Lawan Inter Milan

Roma Korbankan Dzeko dan Under Demi Striker Napoli

Torino tak butuh waktu lama untuk kembali memperkecil ketinggalannya melalui melalui Wilfried Singo. Gol Singo tercipa di menit 65. 

Skor berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan Roma. Hanya, tuan rumah tak bisa menambah gol sehingga skor itu tak berubah sampai akhir pertandingan. []

Berita terkait
Masuk Tim Roma 2021, Smalling Malah Ditarik Man Utd
AS Roma yakin diperkuat bek Chris Smalling. Dia ikut pamerkan jersey Roma musim 2020-21. Namun Manchester United menolak Roma meminjamnya lagi.
Cetak 6 Gol, AS Roma Kembali Geser AC Milan
AS Roma berpesta gol saat menghajar SPAL 6-1 di pertandingan Serie A Italia. Kemenangan yang menjadikan Roma ke posisi 5 dan menggeser AC Milan.
Teka-teki Zaniolo Saat Roma Butuh Tripoin Lawan SPAL
Gelandang AS Roma Nicolo Zaniolo jadi teka-teki saat pelatih Paulo Fonseca mencoretnya di laga lawan SPAL. Namun dia dinyatakan fit dan masuk tim.
0
Setelah Torino, Roma Fokus Juventus dan Liga Europa
Performa gemilang ditampilkan AS Roma saat mengalahkan Torino di Serie A Italia. Kini, Roma fokus lawan Juventus dan Sevilla di Liga Europa.