Setelah Dapat Bantuan, RSUD dr Haryoto Lumajang Kembali Buka

Selain faktor kehabisan pasokan oksigen, faktor ketersedian kamar dan tempat tidur, serta tenaga medis juga menentukan penerimaan pasien.
RS dr Haryoto Lumajang. (Foto: Tagar/Goalkes)

Jakarta - Setelah sempat tutup karena kekurangan oksigen, Unit Pelayanan instalasi gawat darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haryoto Lumajang, Jawa Timur kembali dibuka pada Senin, 26 Juli 2021.

Sebelumnya pada Minggu, 25 Juli 2021 lalu RSUD dr Haryoto Lumajang mengumumkan penutupan penerimaan pasien Covid 19 dikarenkan membludaknya jumlah pasien.

Selain itu tidak tersedianya tempat tidur dan kehabisan stok oksigen membuat manajemen RSUD dr Haryoto Lumajang memutuskan untuk sementara tidak menerima pasien Covid-19.


Bantuan ini setidaknya membantu RSUD Haryoto kembali bisa menerima pasien Covid-19.


"Alhamdulilah pada Senin pagi kemarin RSUD dr Haryoto mendapatkan bantuan pasokan oksigen tabung dari TNI AL. Bantuan ini setidaknya membantu RSUD Haryoto kembali bisa menerima pasien Covid walau dengan jumlah terbatas," kata Dirut RSUD dr Haryoto Lumajang Halimi Maksum dikutip dari MNC Media, Selasa, 27 Juli 2021.

Menurut dia, sebelumnya selain faktor kehabisan pasokan oksigen, faktor ketersedian kamar dan tempat tidur, serta tenaga medis lah yang menentukan penerimaan pasien rawat inap.

"Jadi kita hanya menerima pasien dalam kondisi tertentu," timpalnya.

Sebelumnya, kondisi kehabisan stok oksigen membuat RSUD dr Haryoto Lumajang mengumumkan tidak menerima pasien baru Covid-19. []


Baca juga

Berita terkait
Menkes: Kebutuhan Oksigen RI Mencapai 2.500 Ton Per Hari
Menteri Kesehatan menjelaskan, dari seribu unit oxygen concentrator dapat memproduksi sekitar 20 ton oksigen per hari.
Jokowi Tinjau Rumah Oksigen Gotong Royong di Jakarta Timur
Presiden Jokowi meninjau langsung Rumah Oksigen Gotong Royong yang berlokasi di daerah Pulo Gadung, Jakarta Timur
Subholding Gas Bersinergi Beri 50 Tabung Oksigen ke RS UGM
Subholding Gas bersinergi memberikan sebanyak 50 tabung oksigen kepada RS UGM dalam upaya berkontribusi positif bagi masyarakat dan nakes di Jawa.
0
Setelah Dapat Bantuan, RSUD dr Haryoto Lumajang Kembali Buka
Selain faktor kehabisan pasokan oksigen, faktor ketersedian kamar dan tempat tidur, serta tenaga medis juga menentukan penerimaan pasien.