UNTUK INDONESIA
Sertifikasi Ulama, Jusuf Kalla: Tidak Akan Mudah
Ketua DMI menilai banyaknya jumlah tidak akan mudah melakukan sertifikasi terhadap ulama dan kiai di Indonesia.
Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa/Tagar)

Jakarta - Rencana Kementerian Agama (Kemenag) RI yang akan melakukan sertifikasi terhadap ulama mendapat pro dan kontra dari sejumlah pihak. Bahkan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) angkat bicara soal rencana tersebut. 

JK menilai rencana Menteri Agama Fachrul Razi untuk melakukan sertifikasi ulama atau kiai tidak akan mudah dilakukan. Mantan Wakil Presiden ini menilai banyak faktor yang akan menghambat rencana sertifikasi ulama tersebut. 

Yang harus diingat ulama atau kiai di Indonesia jumlahnya jutaan, bagaimana bisa disertifikasi sebanyak itu?

"Misalnya masyarakat memberikan gelar kiai ataupun ulama terhadap seseorang karena memiliki ilmu agama yang baik tapi tidak bergelar (akademik) apa-apa," ujarnya saat launching penyerahan 3900 alat semprot disinfektan mandiri kepada seluruh masjid diwilayah DKI Jakarta di Masjid Agung Sunda Kelapa,Minggu, 13 September 2020. 

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini juga mencatat jumlah ulama di Indonesia mencapai jutaan, sehingga rencana pemerintah melalui Kemenag untuk mensertifikasi ulama tidak akan semudah yang direncanakan.

Baca juga:

“Yang harus diingat ulama atau kiai di Indonesia jumlahnya jutaan, bagaimana bisa disertifikasi sebanyak itu?“ ujar JK.

Lebih lanjut, JK mengungkapkan sertifikasi ulama yang dicanangkan pemerintah hanya relevan untuk para Dai yang akan diundang berceramah diinstansi pemerintah. JK menganggap untuk melakukan sertifikasi ulama akan ceramah di masjid mana pun di Indonesia bukan hal mudah.

“Sertifikasi itu khususnya untuk Dai mau ceramah di Masjid yang diatur oleh kantor kantor pemerintah. Jadi kantor pemerintah atau masjidnya hanya mengundang Dai yang sudah tersertifikasi tapi tidak untuk semua masjid yang ada di Indonesia, tidak mudah itu," ucapnya.[]

Berita terkait
Pesan Menag Fachrul Razi Mengenai Ibadah di Rumah
Menteri Agama Fachrul Razi kembali memberikan pesan dan imbauan pada masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar dan melaksanakan ibadah di rumah.
Kemenag Susun Skema Pemberangkatan Jemaah Haji 2021
Kemenag menyiapkan tiga skema pemberangkatan haji tahun 2021. Mengantisipasi pandemi Covid-19
Pesantren Jadi Klaster, Menag: Laporkan, Kami Bantu
Menteri Agama Fahcrul Razi meminta pengurus pondok pesantren jangan diam saja jika ada kasus Covid-19. Laporkan, pihaknya akan bantu.
0
Staf Presiden Jokowi Pastikan Publik Bisa Akses UU Cipta Kerja
Staf Khusus Presiden bidang hukum Dini Shanti Purwono pastikan publik bisa mengakses naskah UU Cipta Kerja setelah ditandatangani Presiden Jokowi.