Sepi Pengunjung, Air Terjun Bissappu Bantaeng Direnovasi

Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bantaeng yakni air terjun Bissappu bakal direnovasi oleh Pemkab Bantaeng karena sepi pengunjung.
Air Terjun Bissappu di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. (Foto: Tagar/Ist)

Bantaeng - Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bantaeng yakni air terjun Bissappu sepi pengunjung. Karena itu bidang pengembangan destinasi wisata Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melakukan renovasi dalam waktu dekat.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Bantaeng, Zaenal Arifin.

Rencananya tahun ini dari dana cadangan Dana Alokasi Khusus (DAK) bakal dibuat sekitar enam unit gazebo.

Menurutnya air terjun Bissappu akan segera tampil dengan wajah baru. Beberapa fasilitas dan spot menarik akan ditambahkan namun tanpa mengurangi sisi kealamian wisata alam tersebut.

Baca juga:

"Rencananya tahun ini dari dana cadangan Dana Alokasi Khusus (DAK) bakal dibuat sekitar enam unit gazebo dan beberapa perbaikan infrastruktur," kata Zaenal saat ditemui Tagar, Kamis, 13 Agustus 2020.

Diketahui beberapa faktor menjadi penyebab sepinya pengunjung air terjun tersebut. Kata Zaenal, setiap tahun frekuensi pengunjung memang berkurang.

Apalagi setelah dampak pembatasan aktivitas selama masa pandemi. Juga karena air terjun Bissappu mengalami longsor di beberapa sisi tebingnya, akibat banjir bandang yang belum lama ini menerjang Kabupaten Bantaeng.

"Tiap tahun memang mengalami penurunan karena itu tahun ini kita coba fokus untuk menggarap air terjun ini," ujar Zaenal.

Dinas Pariwisata khususnya bidang pengembangan destinasi juga melakukan pendekatan dengan pemerintah setempat. Dalam hal memberikan edukasi agar turut berpartisipasi dalam mengembangkan potensi alam di wilayahnya.

Sebab, kata Zaenal, pemerintah setempat bersama masyarakat juga memiliki peran penting. Untuk menjaga dan melestarikan potensi wisata daerah, serta mensosialisasikan.

"Pemerintah dan masyarakat sebaiknya turut andil karena mereka yang paling paham kondisi daerah masing-masing," kata Zaenal.

Salah satu keunggulan dari air terjun ini adalah lokasinya yang mudah dijangkau. Terletak di desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappun, Kabupaten Bantaeng. Yakni hanya berjarak 5 sampai 7 kilometer dari jalan poros. []

Berita terkait
Angka Kecelakaan Meningkat saat Pandemi di Bantaeng
Satlantas Polres Bantaeng, Sulsel mencatat, sembilan pengendara sepeda motor meninggal akibat kecelakaan saat pandemi Covid-19. Ini penyebabnya.
Warga Bantaeng Tewas di Toilet Rumah Kos Makassar
Pria asal Kabupaten Bulukumba ditemukan meninggal dunia saat sedang memperbaiki toilet rumah kos di Kota Makassar.
Bupati Bantaeng Serahkan Bibit Pohon Produktif ke TP PKK
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menyerahkan bantuan bibit pohon produktif kepada Tim TP PKK.
0
Indonesia Akan Isi Kekurangan Pasokan Ayam di Singapura
Indonesia akan mengisi kekurangan pasokan ayam potong di Singapura setelah Malaysia batasi ekspor daging ayam ke Singapura