Senyum Warga Raja Ampat, Terima Bantuan dari KKP

Bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tiba di Desa Arborek, Kecamatan Miosmansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.
Anak-anak desa yang menerima bantuan dari KKP. (Tagar/Humas KKP)

Raja Ampat - Bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tiba di Desa Arborek, Kecamatan Miosmansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Totalnya ada 250 paket produk olahan ikan dan 100 masker selam untuk anak-anak desa di pulau kecil tersebut.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Plt. Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, Tb. Haeru Rahayu bersama Plt. Dirjen Perikanan Tangkap Muhammad Zaini Hanafi, yang datang ke Arborek mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

"Alhamdulillah bantuan sudah kami serahkan. Ini wujud kehadiran pemerintah, khususnya KKP ke tengah masyarakat di pulau-pulau kecil," ujar Tb. Haeru, Senin, 16 November 2020.

Desa Arborek sendiri, merupakan kampung wisata di Kabupaten Raja Ampat yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Snorkeling, menyelam, home stay etnik, dan kerajinan tangan merupakan daya tarik desa dengan nama lain Mananworek tersebut.

Luas Desa Arborek sekitar 7,5 hektare dan menjadi satu-satunya desa di pulau kecil ini. Penghuninya ada sekitar 50 kepala keluarga (KK).

Untuk sampai Arobrek dari Kota Sorong butuh waktu sekitar 4-5 jam menggunakan kapal, sementara dari Pulau Waisai -ibukota kabupaten Raja Ampat- membutuhkan waktu satu jam.

Terima kasih maskernya KKP, terima kasih Pak Menteri, semoga bantua ini bisa bergun bagi kami, anak-anak desa.  Sehat selalu Pak Menteri,

Tb. Haeru menjelaskan, alasan KKP memberikan bantuan masker selam untuk mendorong anak-anak Arborek semakin mencintai lingkungan. Mereka merupakan masa depan kelestarian dan kemajuan kampung tersebut.

"Memudahkan anak-anak Arborek untuk melihat keindahan bawah laut yang mereka punya. Mudah-mudahan dengan begitu anak-anak di sini semakin mencintai dan menjaga lingkungan mereka," kata Tb. Haeru.

Jitro, salah satu anak di Desa Arborek mengaku senang dengan masker selam yang diterimanya. Senyum tak lepas dari wajah bocah 10 tahun tersebut, saat membuka kemasan masker selam di tangannya.

"Terima kasih maskernya KKP, terima kasih Pak Menteri, semoga bantua ini bisa bergun bagi kami, anak-anak desa.  Sehat selalu Pak Menteri," ujarnya.

Selain bantuan masker selam untuk anak-anak, KKP juga memberi produk olahan ikan seperti kerupuk dan snack. Pembagian ke perwakilan masyarakat disaksikan langsung oleh Kepala Kampung Arborek, Daud Mambrasar.

Sementara itu, pengiriman bantuan untuk masyarakat Desa Arborek ini dilepas langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di Pelabuhan Sorong pada Jumat 13 November 2020 lalu. Bantuan dibawa menggunakan Kapal Pengawas Perikanan milik Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP.

Menteri Edhy berharap, produk olahan ikan dan masker selam membantu masyarakat Arborek dan mendorong mereka untuk semakin produktif. Dia memastikan, bantuan juga akan terus bergulir ke pulau-pulau kecil lain di Indonesia. []

Baca juga:

Berita terkait
KKP Tangkap 2 Kapal Malaysia Lantaran Curi Ikan di Indonesia
Pencurian ikan masih marak terjadi. Kementerian Kelautan dan Perikanan kembali menangkap kapal ikan asal Malaysia yang melakukan illegal fishing.
KKP Siapkan Rp 111,2 M Restorasi 6 Terumbu Karang di Bali
Edhy Prabowo berharap Pantai Pandawa Nusa Dua, Badung, Bali bisa menjadi trigger bagi daerah lain untuk mewujudkan restorasi.
Indonesia Tawarkan Raja Ampat ke Investor Dubai
Pemerintah Indonesia melalui Kepala BKPM Bahlil Lahadalia telah mengundang investor Dubai untuk berinvestasi di tiga daerah termasuk Raja Ampat.
0
UU Baru Vatikan Kriminalisasi Pelaku Pelecehan Seksual
Vatikan revisi UU yang perberat hukuman dan kriminalisasi bagi pelaku pelecehan seksual oleh pastor dan kaum awam