UNTUK INDONESIA
Sempat Tutup, IGD RSUD Aceh Tamiang Dibuka Kembali
Pelayanan di ruang instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh kembali dibuka.
Instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Aceh Tamiang, Aceh. (Foto: Tagar/Istimewa)

Aceh Tamiang - Pelayanan di ruang instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh kembali dibuka. Setelah pemerintah Daerah setempat melakukan penutupan sementara selama 2 hari paska 18 orang tenaga kesehatan di RSUD setempat yang terdiri dari dokter dan perawat terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sudah kembali dibuka. Dan saat ini sudah kembali melakukan pelayanan," kata juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Aceh Tamiang, Agusliayana Devita kepada Tagar, Minggu, 2 Agustus 2020.

Selama ditutup, kata Devi, ruang tersebut dilakukan penyemprotan cairan disinfektan dan penyinaran menggunakan ultraviolet selama 2 hari. "Dan setelah dianggap steril gedung atau ruangan IGD tersebut dapat di gunakan kembali sebagaimana biasanya," katanya.

Seperti diketahui, sebelumnya ruangan tersebut ditutup dan pelayanan pada ruang IGD itu di pindahkan pada posko darurat yang didirikan di depan halaman gedung Poli RSUD setempat. "Berdasarkan protap Standar Operasional Prosedur (SOP), apabila ada petugas medis yang terjangkit Covid-19, maka ruangan pada RSUD tersebut harus dilakukan seterilisasi," ujarnya.

Sudah kembali dibuka. Dan saat ini sudah kembali melakukan pelayanan.

Devi menyebut, mulai hari ini, para dokter dan perawat saat melakukan pelayanan kepada masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Bupati sudah perintahkan agar para dokter dan perawat agar selalu menggunakan APD lengkap, itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya peristiwa yang sama terulang lagi. Dan demi kebaikan bersama," ujarnya.

Dengan meningkatnya kasus Covid-19 yang terjadi, pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang meminta kepada masyarakat di kabupaten itu agar selalu dan tetap waspada, mengingat virus ini hingga kini belum ada ditemukan vaksinnya.

Baca juga: 14 Orang Positif Covid-19, IGD RSUD Tamiang Ditutup

Kata Devi penyebaran virus ini sangat cepat. Untuk itu, masyarakat diharapkan lebih meningkatkan kesadaran agar tetap menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

"Tugas kita bersama adalah membantu para tenaga medis, dengan cara menjaga diri kita agar tidak terjangkit. Sehingga rantai penyebaran Covid-19 ini dapat terputus dengan segera berakhir," katanya. []

Berita terkait
Lonjakan Covid-19 di Aceh Tamiang, Segini Jumlahnya
Tercatat hingga hari ini sudah 32 kasus positif Covid-19 di Aceh Tamiang.
7 Wanita di Aceh Tamiang Jalani Karantina Covid-19
Kasus positif Covid-19 di Aceh Tamiang mencapai empat orang. Tiga lainnya reaktif hasil rapid test. Ketujuh wanita tersebut saat ini dikarantina.
10 Ucapan Selamat Idul Adha 2020 Bahasa Aceh Tamiang
10 ucapan selamat Idul Adha beserta terjemahan dalam bahasa Tamiang.
0
Sempat Tutup, IGD RSUD Aceh Tamiang Dibuka Kembali
Pelayanan di ruang instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh kembali dibuka.