UNTUK INDONESIA
10 Ucapan Selamat Idul Adha 2020 Bahasa Aceh Tamiang
10 ucapan selamat Idul Adha beserta terjemahan dalam bahasa Tamiang.
Para jemaah mulai melaksanakan salat Idulfitri menggunakan masker di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh, 24 Mei 2020. (Foto: Tagar/Ahmad Mufti)

Aceh Tamiang - Umat Islam seluruh dunia akan menyambut hari raya Idul Adha atau hari raya kurban 1441 Hijriah. Idul Adha sendiri adalah sebuah hari raya Islam. Yang mana pada hari itu diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putra tercinta bernama Ismail untuk Allah. Namun, karena ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah, maka Allah menggantikan sembelihan itu dengan seekor domba.

Pada hari raya itu, seluruh umat islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Id bersama-sama di tanah lapang atau di masjid. Sama seperti halnya ketika merayakan Idul fitri. Usai melaksanakan salat, dilakukan lah penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Idul adha sendiri di peringati atau jatuh pada tanggal 10 bulan Zulhijah, hari itu jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul fitri. Dan pada hari itu juga beserta hari-hari tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam. Dalam pengertian lain, Iduladha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Dan Iduladha sering disebut pula sebagai Idul kurban atau lebaran haji.

Untuk diketahui, pusat perayaan Iduladha adalah pada sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Makkah. Di sini terdapat 3 tiang batu yang melambangkan iblis. Dan bagi umat Islam yang sedang melaksanakan haji, wajib melempari dengan batu kecil atau kerikil pada tiang tersebut.

Pada tahun 2020 ini, Idul Adha dirayakan umat Islam pada Jumat, 31 Juli 2020. Namun, di tengah situasi pandemi yang memprihatinkan saat ini, banyak kaum muslim, khususnya di Indonesia tidak bisa berkumpul bersama dengan berbagai macam alasan tertentu.

Kendati demikian, masyarakat tetap bisa menjalin silaturahmi dengan sesama melalui teknologi komunikasi, mengirimkan pesan dengan kata-kata yang indah, menyampaikan ucapan selamat dan permintaan maaf untuk menjaga hubungan baik.

Berikut 10 ucapan selamat Idul Adha beserta terjemahan dalam bahasa Tamiang.

1. Semoga rahmat Allah selalu menyinari dan membantu kita menemukan peluang baru untuk tumbuh dan sukses di masa depan. Minal aidin walfaizin, selamat merayakan Idul Adha 1441 H, semoga selalu diberkahi oleh Allah SWT!

"Semoga rahmat Allah selalu menyinarke dan membantu kite menemukan peluang barru untuk tumbuh dan sukses di mase depan. Minal aidin walfaizin, selamat merayeke idul adha 1441 H, semoge selalu diberkahke Allah SWT".

2. Air wudu basahi wajah, tunaikan salat adalah ibadah. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H, semoga persaudaraan kita tetap terjalin indah.

"Air wudhu basahke muke, tunaike shalat adelah ibadah. Selamat hari raye Idul adha 1441 H, semoge persaudaraan kite tetap terjalin indah".

3. Selamat Hari Raya Idhul Adha 1441 H. Semoga kita dapat meneladani pengorbanan serta ketakwaan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS. Mohon maaf, lahir dan batin.

"Selamat hari raye Idul adha 1441 H, semoge kite dapat meneladani pengorbanan serte ketakwaan nabi Ibrahim AS dan Ismail AS. Mohon maaf laher baten".

4. Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H. Semoga kamu dan seluruh keluarga selalu mendapat keberkahan, cinta dan rahmat dari Allah SWT. Aamiin.

"Selamat merayake hari raye Idul adha 1441 H. Semoge engko dan pelen keluarga selalu mendapatke keberkahan, cinte dan rahmat dari Allah SWT. Aamiin"

5. Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H. Semoga semangat di hari kemenangan ini selalu memenuhi relung hati dengan kebahagiaan, serta kegembiraan. Mohon maaf lahir dan batin.

"Selamat merayake hari raye idul adha 1441 H, semoge semangat di harri kemenangan ene selalu memenuhi relung hati dengan kebahgiaan, serte kegembirean. Minte maaf lahir dan batin".

6. Pada kesempatan yang menggembirakan ini, izinkan saya mengucapkan harapan serta doa bagi kita semua. Semoga kebahagiaan serta rahmat dari Allah SWT selalu membanjiri, sehingga kita akan terus bersyukur dan terus bertakwa pada-Nya. Selamat merayakan Idul Adha 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin.

"Pade kesempatan yang menggembireke ne, izinke Ambe mengateke harapan serte doe bagi kite pelennye. Semoge kebahagiaan serte rahmat dari Allah SWT selalu membanjiri, sehingge kite akan terus bersyuko dan selalu bertakwe pade-Nye. Selamat merayekan Idul Adha 1441 H. minte maaf lahir dan batin".

7. Berqurbanlah meski sekecil apapun itu, yang menilai dan memberi pahala hanyalah Allah SWT. Tak perlu mengharapkan balasan dari manusia karena yang Maha Pemurah tahu caranya bagaimana membalas. Selamat Hari Raya Kurban 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin.

"Berkurbanlah meski sekecik manye peh iye, yang menilai dan memberi pahale hanyelah Allah SWT. Cek perlu mengharapke balasan dari manusie karene yang maha pemurah tau carenye macam Mane membalas. Selamat hari raya kurban 1441 H. Mohon maaf lahir batin".

8. Belajarlah dari Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan anaknya. Dan jadilah seperti Ismail AS yang ikhlas menerima kehendak Allah. Selamat Hari Raya Idul Adha 144 H, semoga kita selalu mendapat rahmat dari Allah SWT. Aamiin.

"Belajalah dari nabi Ibrahim As yang rele mengorbanke anaknye. Dan jadilah macam Ismail as yang ikhlas menerima kehendak Allah. Selamat hari raye idul Adha 1441 H, semoge kite selalu mendapatke Rahmat dari Allah SWT. Aamiin".

9. Sapi ataupun domba, bukannya esensi dari berqurban yang dilakukan, melainkan kerendahan hati dan keikhlasan yang mengiringinya. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H. Mohon maaf, lahir dan batin.

"lembu ato Peh kambing., Bukannye esensi dari berkurban yang dilakuke , melainke kerendahan hati dan keikhlasan yang mengiringinye. Selamat hari raye idul Adha 1441 H. Mohon maaf, lahir baten".

10. Naik unta untuk pergi haji, berbekal iman serta ketakwaan. Idhul Adha adalah waktu untuk berbagi, lambang ukhuwah dan persaudaraan. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H.

"Naek unte nak lalu haji, berbekal iman serte ketakwaan. Idul adha adelah waktunye untok berbagi, lambang ukhuwah dan persaudaraan. Selamat hari raye idul Adha 1441 H". [] 

Berita terkait
Harga Daging Meugang di Aceh Tamiang Naik Tipis
Tradisi Meugang sudah ada sejak masa kerajaan Aceh Darussalam pada abad ke 16 Masehi. Sampai saat ini masih dipertahankan oleh masyarakat Aceh.
Syarat Jemaah Salat Idul Adha di Aceh Tamiang
Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh mengimbau masyarakat Aceh Tamiang untuk membawa masker dan sajadah sendiri saat salat Iduladha.
Harga Cabai di Aceh Tamiang Jelang Meugang Idul Adha
Menjelang Meugang Idul Adha, sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan di Pasar Kota Kualasimpang, Aceh Tamiang, salah satunya cabai.
0
10 Ucapan Selamat Idul Adha 2020 Bahasa Aceh Tamiang
10 ucapan selamat Idul Adha beserta terjemahan dalam bahasa Tamiang.