Sempat Diblokir, PUBG Mobile Hadir di India Lewat Versi Baru

Nantinya PUBG Mobile versi terbaru ini akan dikembangkan secara langsung oleh Krafton dan anak perusahaan Microsoft, yakni Microsoft Azure.
Ilustrasi bermain PUBG Mobile. (Foto: Tagar/Getty Images)

Jakarta - Game PUBG Mobile kini hadir kembali di India setelah sempat diblokir oleh pemerintah setempat akibat dinilai berbahaya pada keamanan siber. Siasat baru Tencent Corporation untuk bisa masuk ke pasar India lagi adalah dengan menghadirkan versi baru dari game battle royale populer ini.

Dalam keterangan resminya, Krafton selaku perusahaan induk game PUBG mengumumkan bahwa bahwa pihaknya telah bermitra dengan Microsoft dalam mengembangkan game PUBG Mobile versi terbaru. Nantinya game versi terbaru ini akan dikembangkan secara langsung oleh Krafton dan anak perusahaan Microsoft, yakni Microsoft Azure.

"Dengan privasi dan keamanan data menjadi prioritas utama bagi Krafton, perusahaan akan bekerja sama dengan Microsoft untuk memastikan perlindungan data pribadi melalui Azure," kata Krafton, seperti dikutip dari TechCrunch, Senin, 16 November 2020.

PUBG Corporation secara pribadi telah memberi tahu beberapa streamer ternama India bahwa ia mengharapkan untuk melanjutkan layanan di India sebelum akhir tahun ini. Kemungkinan pengumuman resmi kehadiran PUBG Mobile versi baru di India ini akan disampaikan dalam beberapa waktu kedepan.

PUBG MobileGameplay PUBG Mobile. (Foto: Tagar/AndroidAuthority)

Dalam beberapa minggu terakhir, PUBG juga telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah perusahaan lokal, termasuk Paytm yang didukung SoftBank dan raksasa telekomunikasi Airtel. Pembicaraan ini bertujuan untuk mengeksplorasi apakah mereka akan tertarik untuk menerbitkan game seluler populer PUBG Mobile di negara itu.

Pada Oktober 2020, Tencent Games telah menghentikan semua layanan dan akses pengguna untuk game PUBG Mobile Nordic Map: Livik dan PUBG Mobile Lite di India. Hak merek PUBG Mobile juga telah dikembalikan kepada pemilik kekayaan intelektual dan Tencent Games tidak lagi memiliki hak atas waralaba di India.

"Untuk mematuhi perintah sementara dari Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi tanggal 2 September 2020, Tencent Games akan menghentikan semua layanan dan akses bagi pengguna di India ke PUBG Mobile Nordic Map: Livik dan PUBG Mobile Lite. Kami sangat menyesali hasil ini, dan dengan tulus berterima kasih atas dukungan dan cinta Anda untuk PUBG Mobile di India," kata Tencent Games dalam surat pernyataannya.

Penghentian operasi PUBG Mobile adalah bagian dari gelombang kedua larangan oleh pemerintah India. Yang pertama pada bulan Juni, beberapa aplikasi asal China sudah dihentikan operasinya, seperti TikTok, WeChat dan bahkan beberapa aplikasi yang terkait dengan Xiaomi seperti Mi Community dan Mi Video Call.[]

Berita terkait
Update PUBG Mobile Pekan Ini Bertajuk Metro Royale
Para penggemar PUBG Mobile Indonesia sudah bisa melakukan update game kesayangannya pekan ini dengan season terbaru bertajuk Metro Royale.
Game PUBG Mobile Resmi Hengkang dari India
Meskipun gim battle royale ini sudah berhenti beroperasi, namun Tencent tidak menjelaskan apakah data tersebut akan dihapus atau disimpan.
Pemain Game PUBG Dicambuk, MPU: Belum Ada Perangkat Hukum
Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh meminta Pemerintah Aceh menindaklanjuti fatwa haram PUBG yang dikeluarkan oleh MPU Aceh pada 2019 silam.
0
Jokowi Bicara Tantangan Nilai Pancasila di Era Globalisasi
Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah tantangan nilai-nilai Pancasila di tengah globalisasi dan perkembangan teknologi yang tidak terbendung.