Game PUBG Mobile Resmi Hengkang dari India

Meskipun gim battle royale ini sudah berhenti beroperasi, namun Tencent tidak menjelaskan apakah data tersebut akan dihapus atau disimpan.
Bermain game PUBG di Samsung Galaxy S20 Plus lancar jaya. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

Jakarta - Tencent Games selaku pengembang dari game PUBG Mobile akhirnya mengumumkan telah menghentikan semua layanan dan akses ke penggunanya di India. Keputusan ini diambil setelah Kementerian Elektronik dan Teknologi Informasi India melarang 118 aplikasi seluler, termasuk di dalamnya gim populer PUBG Mobile.

Melansir laman GSM Arena, Senin, 2 November 2020, per tanggal 30 Oktober 2020, Tencent Games telah menghentikan semua layanan dan akses pengguna untuk game PUBG Mobile Nordic Map: Livik dan PUBG Mobile Lite. Hak merek PUBG Mobile juga telah dikembalikan kepada pemilik kekayaan intelektual dan Tencent Games tidak lagi memiliki hak atas waralaba di India.

"Untuk mematuhi perintah sementara dari Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi tanggal 2 September 2020, Tencent Games akan menghentikan semua layanan dan akses bagi pengguna di India ke PUBG Mobile Nordic Map: Livik dan PUBG Mobile Lite. Kami sangat menyesali hasil ini, dan dengan tulus berterima kasih atas dukungan dan cinta Anda untuk PUBG Mobile di India," kata Tencent Games dalam surat pernyataannya.

Meskipun gim battle royale ini sudah berhenti beroperasi, namun Tencent Games belum mengumumkan mengenai data penggunanya di India. Tencent juga tidak menjelaskan apakah data tersebut akan dihapus atau disimpan.

"Melindungi data pengguna selalu menjadi prioritas utama dan kami selalu mematuhi undang-undang dan peraturan perlindungan data yang berlaku di India. Semua informasi alur game pengguna diproses secara transparan seperti yang diungkapkan dalam kebijakan privasi kami," tulis Tencent.

Penghentian operasi PUBG Mobile adalah bagian dari gelombang kedua larangan oleh pemerintah India. Yang pertama pada bulan Juni, beberapa aplikasi asal China sudah dihentikan operasinya, seperti TikTok, WeChat dan bahkan beberapa aplikasi yang terkait dengan Xiaomi seperti Mi Community dan Mi Video Call.[]

Berita terkait
PUBG Mobile Dilarang India, COD Mobile Jadi Pilihan
Call of Duty Mobile diunduh sebanyak 1,56 juta kali dalam 30 hari terakhir dan berhasil menempati posisi pertama di App Store.
Ketegangan India - China Berimbas ke PUBG Mobile
Tencent akan terlibat langsung dengan otoritas India untuk memastikan ketersediaan aplikasinya di India, usai perselisihan dengan China.
Game PUBG Mobile Raup Pendapatan 3 Miliar Dolar AS
Sejak pertama kali dirilis hingga saat ini, game PUBG Mobile telah meraup pendapatan sebesar 3 miliar dolar AS.
0
Mendagri: Belanja Pemerintah Tulang Punggung Pertumbuhan Ekonomi
Mendagri mengatakan, belanja pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan tulang punggung utama bagi pertumbuhan ekonomi nasional.