UNTUK INDONESIA
Selebgram Tangsel Galang Donasi Bantu Ojol
Salah satu selebgram Tangerang Selatan (Tangsel) yang juga pebisnis online menggalang dana untuk membantu ojol.
Icha saat memberikan bantuan unuk Ojol di Tangsel (Foto: Tagar/Alfi Dinilhaq)

Tangerang Selatan - Salah satu selebgram Tangerang Selatan (Tangsel) yang juga pebisnis online melalui akun Instagram @ak.prista menggalang dana untuk membantu ojek online (ojol) yang mengalami penurunan pendapatan karena virus Corona atau Covid-19.

Saya beli makan lewat gofood dan banyak driver yang mengeluh belum dapat orderan.

Sejak merebaknya wabah Covid-19 membuat semua sektor lini bisnis mengalami penurunan. Himbauan untuk work from home (WFH) atau tagar #dirumahaja membuat orang jarang bepergian ke luar rumah.

Hal ini juga dirasakan oleh ojol yang sepi orderan ketika masyarakat banyak yang memilih untuk bekerja dari rumah. Melihat hal ini Icha pemilik akun Instagram @ak.prista pada unggahan Sabtu, 28 Maret 2020, menggalang gerakan donasi bertajuk Ceban Pertama Lawan (CPL) Covid-19.

"Alasan saya ambil konsep ceban pertama karena kita terbiasa mendengar kata-kata ceban pertama untuk patungan membeli sesuatu untuk bersama-sama, dari situ saya punya ide kita patungan untuk membantu mereka hanya dengan 10 ribu rupiah saja dan semua kalangan bisa menjadi donatur," jelas Icha saa dihubungi oleh Tagar Kamis, 2 April 2020.

Bahkan, kata Icha, banyak anak sekolah yang ikut donasi. Selain itu, nominal 10 ribu rupiah masih bisa disumbangkan kalangan menengah ke bawah.

"Banyak orang yang minder untuk donasi karena kebanyakan orang berdonasi dengan nominal yang besar. Tapi meskipun saya buat ceban pertama, tidak sedikit pula yg menyumbang lebih dari itu hingga ratusan ribu. Saya ingin membuktikan bahwa membantu sesama tidak perlu menunggu kaya atau banyak uang, selagi kita bersama-sama semua pasti bisa," ucap Icha.

Icha pertama kali membuat donasi saat merebaknya Covid-19. Ketika itu, mengikuti arahan pemerintah untuk di rumah saja, beberapa hari tidak keluar dari kost. Icha kemudian membeli makanan secara online menggunakan ojol.

"Saya beli makan lewat gofood dan banyak driver yang mengeluh belum dapat orderan. Abang ojol baru dapat orderan saya dan meminta untuk tidam di cancel orderan itu. Bahkan sampai ada yang save kontak saya dan chat personal bilang ke saya kalau saya butuh jasa ojek atau kurir driver siap membantu tanpa order by aplikasi karena driver itu butuh uang untuk menghidupi keluarganya yg hampir setiap hari menahan lapar," ucap Icha.

Ia pun berfikir banyak para artis dan pengusaha yang menjadi donatur besar mendonasikan sekian banyak uang untuk membantu tenaga medis memenuhin kebutuhan APD dan kebutuhan lain seperti masker, hand sanitizer

Sedangkan masyarakat yg terkena imbasnya seperti Ojol masih jauh dari bantuan, meskipun di luar banyak yang sudah membantu dari individual yang memiliki rejeki lebih dan ingin berbagi meskipun makanan saja.

"Dari situ saya inisiatif untuk membantu kalangan bawah yg masih bekerja di jalanan demi menghidupi keluarganya dan tidak bisa WFH . Awalnya saya jalankan ini sendiri dengan berbagi nasi bungkus kepada ojol dan pemulung namun karena finansial saya terbatas dan tidak bisa membantu lebih banyak, maka saya menggandeng beberapa rekan yang mau support kegiatan ini dan Alhamdulillah banyak support dan responnya cukup baik," ucap Icha.

Icha pun langsung turun ke jalan untuk mencari orang yang benar-benar membutuhkan. "Saya harus memilih yang lebih membutuhkan misalnya bapak-bapak yang sekiranya sudah berkeluarga atau ibu-ibu yang bekerja untuk keluarga, karena menurut saya mereka lebih harus diutamakan," ucapnya.

Barang yang diberikan berupa sembako seperti beras, mie instan, minyak goreng, susu, teh, gula dan beberapa makanan lainnya. Sedangkan untuk cover area Jabodetabek, namun untuk saat ini hanya Tangerang dan Tangsel yang dekat dan terjangkau oleh tim CPL Covid-19.

"Harapan untuk kegiatan ini semoga bisa membantu lebih banyak dengan jangkauan yang lebih luas lagi. Saya pribadi akan senang jika bisa membantu orang dan melihat orang itu senang, karena hidup saya bisa bermanfaat untuk orang lain walau hanya membantu semampunya," ujar Icha. []

Berita terkait
Selebgram Rica Andriani Istri Eks Kapolsek Kembangan
Rica Andriani mendadak menjadi perbincangan hangat publik ketika beredar foto pernikahannya dengan kompol Fahrul Sudiana di media sosial.
Selebgram Jatim dengan Puluhan Ribu Pengikut
Leonita Wenny, 24 tahun, di Sidoarjo dan Archangel Wine Fallensky, 26 tahun, di Surabaya, selebgram dengan puluhan ribu pengikut.
Selebgram Sarah Gibson Diperiksa Polda Jawa Timur
Selebgram Sarah Gibson mengaku menerima imbalan voucher hotel senilai 200 dolar australia dari tersangka pembobolan kartu kredit atau carding.
0
Liga 1 Tak Kunjung Digulirkan, Persiraja Bubarkan Tim
Manajemen Persiraja Banda Aceh membubarkan tim karena tidak ada kepastian Liga 1. Persiraja juga katakan tidak ikut liga bia digelar Desember.