UNTUK INDONESIA
Selamat Datang Era Teknologi USB 4.0
USB4 ini memiliki tiga perubahan utama, yaitu kecepatan transfer data yang mencapai 40 gigabyte per detik (Gbps).
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Pertumbuhan dunia industri semakin cepat dengan basis data komprehensif (big data) dalam menganalisis peluang dan ancaman untuk menentukan sikap pelaku usaha. Era ini dikenal masyarakat secara luas dengan istilah Industri 4.0. 

Kebutuhan akan pemindahan data yang cepat membuat teknologi terkait mengalami perkembangan yang pesat. Salah satunya adalah pengembangan teknologi Universal Serial Bus (USB) yang juga memasuki generasi keempat atau versi 4.0. Media transfer data paling populer tersebut dirilis dengan nama USB4.

Dilansir dari Tomshardware.com, USB4 ini memiliki tiga perubahan utama, yaitu kecepatan transfer data yang mencapai 40 gigabyte per detik (Gbps). 

Selain itu, USB 4.0 ini dapat digunakan dengan soket kabel data tipe c yang sudah umum ditemukan di ponsel pintar keluaran terbaru.

Perubahan terakhir USB4 terletak pada sisi kecerdasannya dalam mengirim data yang beragam secara bersamaan. Misalnya, jika Anda hendak mengirim berkas video, audio, dan data lain secara bersamaan, maka USB4 ini dapat menentukan berkas prioritas yang dapat didahulukan.

Perkembangan teknologi USB tergolong pesat karena ketika versi sebelumnya, yakni 3.2 pada tahun 2013, kecepatan transfer data hanya mencapai 20 Gbps. 

Selain itu, USB generasi 3 sempat mengalami perubahan besar pada tahun 2014 dengan mengadaptasi soket tipe c yang membuat perubahan besar-besaran terhadap produk ponsel pintar dalam beberapa tahun terakhir.

USB4 akan dirilis ke publik pada akhir tahun 2020 atau awal 2021 mendatang. []

Berita terkait
Xiaomi Siapkan 4 Smartphone Berkamera 108MP Samsung
Beredar kabar Xiaomi sedang melakukan kerjasama dengan Samsung dalam pengembangan kamera beresolusi 108MP di empat smartphone milik Xiomi.
Perang Dagang, Huawei Tetap Rilis Smartphone Android
Huawei merilis produk terbaru Nova 5T dengan sistem android, meski dilarang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.
Keunggulan dan Harga Smartphone Redmi Note 7
Redmi Note 7 produk smartphone pertama Redmi. Berikut ini keunggulan dan harga Redmi Note 7 selengkapnya dalam infografis.
0
Fakta-fakta Kampoeng Kurma di Bogor
Ratusan pembeli kavling menjadi korban dugaan penipuan invetasi bodong Kampoeng Kurma Bogor. Berikut fakta-fakta PT Kampoeng Kurma Ilegal di Bogor.