Sejarah Minuman Teh Hijau dan Khasiatnya Bagi Tubuh

Tradisi minum teh hijau berasal dari China pada tahun 2737 SM. Salah satu khasiatnya adalah mencegah kerusakan DNA.
Teh Hijau. (Foto: Tagar/Jovee)

Jakarta - Menurut laman wanita22, tradisi minum teh hijau berasal dari China dan dipopulerkan pertama kali oleh Shannong, Kaisar Cina, pada tahun 2737 SM. Kemudian, para biarawan Cina mulai mengikuti tradisi tersebut untuk kepentingan meditasi. Kepopuleran teh hijau kian meluas ketika biarawan menyebarkan agama Buddha ke berbagai penjuru dunia dengan membawa teh sebagai bekal mereka di perjalanan.

Teh hijau atau camellia sinensis adalah teh nonfermentasi yang kaya akan antioksidan. Meskipun teh hijau, teh hitam, dan teh oolong berasal dari tanaman yang sama, tapi daun teh hijau dipetik dengan cara yang berbeda. Para pemetik harus pandai memilih daun yang segar dari pucuk. Daun-daun itu kemudian diproses dengan cara khusus agar proses oksidasi terminimalisir dengan baik, dan proses inilah yang membuat teh hijau jadi kaya antioksidan.

Teh hijau dari China memiliki daun lebih kecil dibanding dari Assam, India. Meski demikian, keduanya memberikan manfaat kesehatan yang sama.


Khasiat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Katekin dalam teh hijau termasuk zat antioksidan yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Katekin merupakan salah satu jenis fenol alami. Sementara katekin yang paling kuat dalam teh hijau adalah tipe EGCG.

EGCG bermanfaat mencegah kerusakan DNA, mencegah proliferasi sel, memblokir pertumbuhan sel kanker, mencegah penumpukan lemak, melindungi tubuh dari infeksi mikroba, mengurangi kelelahan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, jelaslah sudah. Dengan meminum teh hijau secara rutin, Anda bakal memiliki tubuh yang sehat. []


Baca juga




Berita terkait
Tips Membuat Teh Hijau Tubruk dan Trik menyeduhnya
Dalam membuat teh hijau, daunnya direndam dalam air yang suhunya tidak boleh lebih dari 90° C. Tujuannya, agar teh hijau tidak terasa pahit.
Simpel dan Menghangatkan Tubuh, Ini Resep Membuat Teh Tarik
Teh tarik merupakan minuman dari campuran teh dan susu yang populer di wilayah Asia Tenggara. Bahannya mudah didapat dan membuatnya pun simpel.
Cobain Resep Es Teh Cincau Ini
Es Teh adalah minuman populer di Indonesia. Minuman ini mudah murah dan mudah didapat. Agar tak membosankan, es teh bisadikresikan dengan cincau.
0
Sejarah Minuman Teh Hijau dan Khasiatnya Bagi Tubuh
Tradisi minum teh hijau berasal dari China pada tahun 2737 SM. Salah satu khasiatnya adalah mencegah kerusakan DNA.