UNTUK INDONESIA
Sejarah dan Perkembangan Industri Otomotif Honda
Honda merupakan produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuter asal Jepang yang didirikan oleh Soichiro Honda pada 24 September 1948 di Jepang.
Soichiro Honda, pendiri merek dan industri otomotif Honda. (Foto: Instagram/dr.bahareris)

Jakarta - Honda Motor Company, Ltd., merupakan produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuter asal Jepang yang didirikan oleh Soichiro Honda pada 24 September 1948 di Hammamatsu, Jepang. Tak hanya itu, Honda juga turut memproduksi kendaraan segala medan (ATV), generator listrik, mesin kelautan dan peralatan taman.

Awalnya Honda hanya fokus untuk memproduksi kendaraan sepeda motor. Hal tersebut dibuktikan dengan diluncurkannya sepeda motor pertamanya pada tahun 1949, yakni Honda D-Type. Sepeda motor ini terbuat dari rangka baja yang dilengkapi dengan suspensi pada bagian roda depan dan roda belakan. Mesin motor ini berkubikasi 98cc dan mempunyai kecepatan maksimal 50 mil per jam.

Honda Civic Generasi PertamaHonda memulai debutnya di industri mobil global dengan membuat Honda Civic Hatchback. (Foto: Instagram/hondacivicsquadpku)

Kemudian pada 1954, Honda meluncurkan motor skuter yang sangat populer di masanya, yaitu Juno K-Type. Skuter ini hadir untuk mampu bersaing dengan Fuji Rabbit dan Mitsubishi Silver Pigeon yang sudah mapan. Tampilan awal skutik ini dilengkapi dengan kaca depan tilt-back dan lampu sinyal built ini, dan juga memperkenalkan konstruksi bodi plastik Fiber-Reinforced ke Jepang.

Setelah memproduksi beragam jenis sepeda motor, Honda untuk pertama kali mengekspor motor buatannya ke Amerika Serikat (AS) pada 11 Juni 1959, sekaligus membuka pabrik di Los Angles dengan jumlah karyawan pertamanya hanya enam orang.

Honda mulai memasuki industri mobil setelah Perang Dunia II, setelah pesaingnya Toyota dan Nissan sudah terlebih dahulu memulainya. Honda memulai debutnya dalam industri mobil dengan membuat Honda Civic Hatchback, sebuah mobil yang pada saat itu terkenal dengan penggunaan bahan bakarnya yang irit serta kadar racun gas buangnya yang sangat sedikit tanpa adanya Catalic Converter pada knalpotnya.

Logo Honda Motor CompanyLogo Honda Motor Company. (Foto: Reuters)

Lewat Civic, Honda memperkenalkan teknologi pertamanya sebagai kelengkapan opsional, yang kemudian dijadikan sebagai kelengkapan standar untuk produk mobil Honda sampai saat ini. Beberapa teknologi tersebut diantaranya rem anti terkunci, power steering sensitif kecepatan, dan injeksi bahan bakar multi-port.

Kemudian Honda Civic dan Accord juga dijadikan acuan untuk memproduksi mobil-mobil Honda lainnya. Kedua mobil ini merupakan produk yang bertahan lama, yang selalu menggunakan penggerak roda depan. Hal tersebut kemudian dijadikan sebagai tradisi Honda untuk menggunakan penggerak roda depan di produk-produk mobil selanjutnya.

Civic merupakan salah satu mobil kompak yang dikembangkan dan diproduksi oleh Honda pada tahun 1972 di Amerika Utara dan dinobatkan sebagai mobil Jepang tertua kedua setelah Toyota Corolla yang diperkenalkan pada 1968. Civic bersama dengan Accord dan Prelude adalah produk mobil Honda yang dipasarkan di Amerika Utara sampai tahun 1990. Hingga saat ini jajaran produk mobil Honda di pasar Global terdiri dari Civic, Jazz, Accord, Insight, CR-V, CR-Z, Freed Legend dan 2 versi Odyssey.

Honda T360Honda T360, mobil pertama Honda yang diluncurkan untuk pasar Indonesia. (Foto: Instagram/bmorelow)

Kehadiran Honda di Indonesia

Honda pertama kali hadir di Tanah Air pada tahun 1960, dan langsung mengambil alih pasar otomotif Indonesia yang saat itu didominasi oleh Eropa dan Amerika. Tanpa banyak membuang waktu, pada 1963, Honda langsung meluncurkan mobil pertamanya di Indonesia yakni Honda T360 untuk menggeser mobil-mobil Eropa dan Amerika.

Pada 1972, Honda meluncurkan mobil keduanya yakni Honda Civic sebagai coupe 2 pintu yang kemudian diikuti dengan versi hatchback 3 pintu pada tahun yang sama. Memasuki tahun 1994, berdiri PT Honda Prospect Motor (HPM) yang menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek (APTM) Honda di pasar Indoensia. HPM merupakan perusahaan kerja sama antara Honda Motor, Co. Ltd., dengan PT Prospect Motor.

New Honda Civic RS HatchbackDesain eksterior New Honda Civic RS Hatchback terlihat lebih semakin sporty dan stylish. (Foto: Instagram/hondaisme)

Pada 2003, Honda mulai menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi mobil dengan mendirikan pabrik pertamanya di Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi mencapai 80 ribu unit per tahun. Bersamaan dengan itu, Honda juga meluncurkan Honda Jazz yang merupakan hatchback 5 pintu.

Pada 2011, Honda kembali meluncurkan produk barunya yang kali ini hadir dari segmen Low Cost Green Car (LCGC), yakni Honda Brio Satya. Meningkatnya brand dan permintaan pasar Honda melalui produk-produk barunya, membuat HPM mendirikan pabrik keduanya pada 2012 dan pembangunan tersebut rampung pada 2014, dengan kapasitas produksi per tahun mencapai 120 ribu unit. Dengan demikian, kedua pabrik HPM tersebut mampu memproduksi kendaraan hingga 200 ribu unit per tahun.

Mencoba melebarkan sayap di beberapa segmen kendaraan roda empat di Indonesia, pada 2013, Honda meluncurkan sebuah MPV mini dengan konsep Honda's Global Small Platform yang dinamakan Honda Mobilio.

Beberapa produk HPM yang sudah mengaspal di Indonesia antara lain, Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda Jazz, Honda H-RV, dan Honda CR-V.

Sepeda Motor Honda S90ZHonda S90Z, sepeda motor pertama Honda yang dipasarkan di Indonesia. (Foto: Instagram/jimmy91s)

Honda Sepeda Motor

Pada industri sepeda motor, Honda hadir di Indonesia pada 11 Juni 1971 melalui PT Federal Motor, yang saat ini dikenal sebagai PT Astra Honda Motor (AHM). Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit sepeda motor Honda, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (Completely Knock Down).

Sepeda motor pertama yang diproduksi Honda untuk pasar Indonesia adalah S90Z, sebuah motor bertipe bisnis yang merupakan generasi penerus dari Honda type S90. Motor ini memiliki mesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Pada saat itu, jumlah produksi Honda di tahun pertama selama satu tahun hanya 1.500 unit, namun jumlah tersebut terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun hingga saat ini.

Kemudian pada 1973, Hoda mencoba menghadirkan sepeda motor dengan kapasitas yang lebih tinggi dari model S90Z. Motor tersebut adalah Honda Benly S110, yang didatangkan langsung secara built up dari Jepang. Kehadirannya banyak menarik minat para pengguna motor di Tanah Air, apalagi itu merupakan motor 100cc pertama Honda di Indonesia.

Honda BeatPramuniaga berpose disamping produk terbaru All New Honda Beat series di Jakarta, Kamis 16 Januari 2020. PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan dua produk terbaru All New Honda Beat series, yaitu All New Honda Beat dan All New Honda Beat Street dengan desain bodi baru yang compact, serta penyematan beragam teknologi dengan inovasi terbaru pada sisi rangka dan mesin. (Foto: Antara/Galih Pradipta)

Memasuki tahun 1982 sampai dengan 1984, Honda mengeluarkan CB100 dan CB125 dengan tampilan yang lebih menarik dari Benly S100. Bentuk tangki yang bulat serta mesin yang mengalami peningkatan performa, membuat kedua motor ini menjadi favorit pengguna motor Tanah Air.

Walaupun kedua motor ini terbilang kendaraan lawas, tapi sampai saat ini masih banyak orang yang memanfaatkannya untuk koleksi dan sebagai bahan utama custom motor, terlebih bagi para penggemar motor klasik.

Memasuki tahun 2001, perkembangan kondisi ekonomi dan pasar sepeda motor Honda terus mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan komposisi kepemilikian saham pabarikan motor ini mengalami perubahan. PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaannya dimerger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, dengan komposisi kepemilikan saham 50 persen dipegang oleh PT Astra International Tbk dan 50 persen milik Honda Motor Co. Japan.

Pada 2014, PT AHM terhitung sudah memiliki 4 fasilitas pabrik perakitan yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara (kantor pusat), Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi dan Karawang.

Honda BeatPramuniaga berpose disamping produk terbaru All New Honda Beat series di Jakarta. PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan dua produk terbaru All New Honda Beat series, yaitu All New Honda Beat dan All New Honda Beat Street dengan desain bodi baru yang compact, serta penyematan beragam teknologi dengan inovasi terbaru pada sisi rangka dan mesin. (Foto: Antara/Galih Pradipta)

Kapasitas produksi dari ke-empat pbarik tersebut mencapai 5,8 juta unit sepeda motor per tahunnya, dan akan terus meningkat seiring dengan jumlah permintaan pasar sepeda motor tanah air yang terus meningkat. Bahkan, pada 2015, PT AHM berhasil mengukir prestasi dengan pencapaian produksi ke 50 juta, dan merupakan prestasi pertama yang berhasil diraih industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN.

Beberapa jenis sepeda motor Honda di Indonesia hingga saat ini, diantaranya, dari lini matic atau skuter diisi oleh Beat, Spacy, Scoopy, Vario, dan PCX. Untuk lini motor bebek diisi oleh Blade, New Supra X, Supra GTR, Revo, Sonic, dan CS1. Pada varian motor sport andalan Honda diantaranya Sonic, New CBR dengan kapasitas 150 dan 250 cc, dan RC214V-S. []

Berita terkait
New Honda Civic Hatchback RS Mengaspal di Indonesia
Honda Prospect Motor merilis generasi terbaru dari Honda Civic, yaitu New zHonda Civic Hatchback RS, di Jakarta, Kamis, 6 Februari 2020.
AHM Hadirkan Honda Rebel Facelift di Indonesia
PT AHM Honda Rebel facelift di pasar otomotif Indonesia. Secara keseluruhan, sepeda motor ini hadir dengan warna dan beberapa fitur baru.
Honda CR-V Terjual 213.241 Unit di Indonesia
Salah satu SUV andalan Honda Indonesia, CR-V berhasil terjual sebanyak 213.241 unit di Indonesia sejak pertama kali diluncurkan tahun 2000
0
NasDem Sulsel Usung Danny Pomanto Pilkada Makassar
Partai NasDem Sulawesi Selatan resmi mengusung mantan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto sebagai calon Wali Kota Makassar di Pilkada 2020.