UNTUK INDONESIA

Sebelum Ada Izin BPOM, Edy Rahmayadi akan Tunda Vaksinasi

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menegaskan akan menunda pelaksanaan vaksinasi bila belum dapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menegaskan akan menunda penyuntikan vaksin sebelum mendapat izin dari BPOM. (Foto: Tagar/Andi Nasution).

Medan - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menegaskan akan menunda pelaksanaan vaksinasi bila sampai jadwal vaksinasi pertama, belum dapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Edy mengatakan, vaksin yang ada saat ini di Sumut sebanyak 40 ribu, sedangkan yang dibutuhkan 72.400 lebih sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan.

"Itu vaksin dipergunakan untuk tenaga kesehatan. Tetapi, terkhusus nanti kalau di nasional itu presiden yang pertama, kalau di provinsi ini pasti gubernur. Karena Gubernur Sumut dipilih oleh rakyat Sumut, dan presiden dipilih oleh rakyat Indonesia. Kemudian nanti bupati dan wali kota jadi yang pertama di daerahnya masing-masing dan selanjutnya dilakukan seluruh tenaga kesehatan," kata Edy di Medan, Rabu, 6 Januari 2021.

Ini untuk kebaikan kita bersama. Semoga apa yang menjadi harapan kita bersama yakni Covid-19 bisa teratasi

Menurut Edy, akomodasi vaksin memadai di Sumatera Utara hingga proses vaksinasi 14 Januari ini diharapkan BPOM mengizinkan, Sumut sudah running well melakukan vaksin kepada yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan.

 Baca juga: 

"Tanggal 14 ini diharapkan BPOM mengizinkan, sehingga kita sudah running well melakukan vaksin kepada yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan," ujarnya.

Edy menegaskan, mengenai izin dari BPOM, bila belum dapat izin belum bisa dilakukan penyuntikan vaksin buatan perusahaan Sinovac ini. "Sampai kita dapat izinnya. Kalau belum dapat ya tak bisa," tegas Edy.

Edy mengakui, esok hari akan melakukan rapat virtual dengan seluruh bupati dan wali kota di Sumut, untuk menyampaikan informasi kondisi terkini Covid-19.

"Ini untuk kebaikan kita bersama. Semoga apa yang menjadi harapan kita bersama yakni Covid-19 bisa teratasi," tuturnya. []

Berita terkait
Emil Salim Tawarkan Opsi Vaksinasi Sekaligus Tes Covid-19
Mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden di era SBY, Emil Salim menawarkan penggabungan program vaksinasi dan tes covid sekaligus.
Jadwal Vaksinasi Covid-19 Tahap 1 Jawa Barat
Adapun prioritas target sasaran di tahap I adalah tenaga kesehatan (nakes) dan SDM lainnya di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).
Vaksin Covid-19 Tiba di Sumut, Vaksinasi Mulai 14 Januari
Vaksin Covid-19 tiba di Sumut lebih cepat dari jadwal yang direncanakan. Vaksin tiba Selasa, 5 Januari 2021 pagi.
0
Sebelum Ada Izin BPOM, Edy Rahmayadi akan Tunda Vaksinasi
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menegaskan akan menunda pelaksanaan vaksinasi bila belum dapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.