UNTUK INDONESIA
Sebar Berita Hoaks, UKIP Makassar Polisikan Alumni
Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar polisikan alumni berinisial HT setelah menyebarluaskan berita hoaks.
Pihak Rektorat Ukip Paulus Makassar memperlihatkan surat pelaporan mahasiswa ke pihak kepolisian, Kamis, 13 Februari 2020. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Makassar - Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar polisikan alumni berinisial HT setelah menyebarluaskan berita hoaks yang menyebut pengelolah UKIP telah mengambil pinjaman bank sejumlah Rp 27 Miliar dan saat ini mengalami kredit macet. Berita hoaks itu disebarkan melalui aplikasi pesan dan media sosial.

“Sehubungan dengan adanya berita hoaks yang disebarkan oleh HT dan teman- temannya. Kami menyampaikan bahwa UKIP tidak pernah memiliki utang sebanyak Rp 27 Miliar apalagi tidak mampu membayar utang, itu semua tidak benar,” kata Rektor Ukip Agus Salim di Kampus Ukip, Jl Cendrawasi Makassar, Kamis, 13 Februari 2020.

Agus menyebut, atas pemberitaan yang disebarluaskan oleh HT dan teman- temannya membuat nama baik Ukip tercoreng. “Ukip melalui sekretaris universitas telah melaporkan HT ke pihak kepolisian dengan dugaan tindak pidana pencemaran nama baik melalui UU ITE,” tambah Agus.

Kami menyampaikan bahwa UKIP tidak pernah memiliki utang sebanyak Rp 27 Miliar apalagi tidak mampu membayar utang, itu semua tidak benar.

Ia menambahkan, dengan beredarnya berita hoaks itu juga berdampak kepada kekhawatiran mahasiswa dan orang tua mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Ukip Makassar. Dengan adanya berita hoaks ini juga, bisa-bisa membuat kepercayaan masyarakat bisa berkurang.

“Dengan adanya laporan yang kami buat ini, kami berharap pihak kepolisian akan segera melakukan tindakan tegas karena sangat berpengaruh dengan nama baik Ukip,” jelas Agus.

Terpisah, Ketua Harian Yayasan Ukip Prof Pasolang Papadan menegaskan, tidak pernah pihak rektorat apalagi yayasan melakukan peminjaman kepada pihak bank manapun. Jadi berita yang beredar itu tidak benar dan sangat meresahkan.

“Tiap tahun yang melakukan penganggaran adalah dari pihak yayasan, jadi tidak pernah ada pihak rektorat yang melakukan peminjaman kepada bank,” jelasnya. []

Berita terkait
Cegah Rusuh, Rutan Makassar Tingkatkan Pengawasan
Agar tidak terjadi kerusuhan seperti di Rutan Kelas II B, Kabanjahe Karo, Sumatera Selatan, pihak Rutal Makassar tingkatkan pengawasan.
Pendaftaran Calon Rektor UNM Makassar Sepi
Sehari sebelum jadwal penutupan bakal calon rektor UNM Makassar pendaftarnya masih sepi.
Satpol PP Tertibkan Puluhan Ternak Babi di Makassar
Petugas gabungan dari Pemkot Makassar menertibkan ternak babi yang kotorannya menganggu warga Jalan Angkasa, Kelurahan Panaikang Makassar.
0
Profil William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia
William Tanuwijaya, figur di balik berdirinya platform jual beli online Tokopedia, unicorn dengan valuasi lebih dari US$ 1 miliar. Ini profilnya.