UNTUK INDONESIA
Satwa di Kebun Binatang Bandung Jalani Puasa Daud
Anggaran pakan devisit, pengelola kebun binatang Bandung berlakukan puasa Daud untuk 850 satwa penghuni.
Marketing komunikasi Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafe\'i. (Foto: Tagar/Erian Sandri).

Bandung - Bukan hanya manusia ternyata yang terdampak virus corona (Covid-19) saat ini, namun sekitar 850 ekor satwa di kebun binatang Kota Bandung, Jawa Barat, juga merasakan dampak pandemi corona saat ini.

Sulhan Syafe'i selaku marketing komunikasi Bandung Zoological Garden atau Kebun Binatang Bandung mengatakan bahwa saat ini ratusan ekor satwa mengalami dampak dari pandemi  corona dan terpaksa harus menjalani 'puasa (Nabi) Daud' (puasa berselang-seling satu hari).

Hal ini dilakukan pengelola guna meminimalisir dan menekan biaya operasional di masa pandemi ini, pasalnya saat ini segala jenis wisata tengah dilakukan penutupan yang akhirnya berdampak langsung pada pemasukan. Meski kebun binatang Bandung tidak melayani kegiatan wisata, namun menurut Sulhan seluruh hewan yang berada di kebun binatang harus tetap diberi makan.

Maka dari itu, pihak pengelola memberlakukan sistem 'puasa Daud' kepada satwa yang berada di kebun binatang Bandung, selain itu pihak pengelola juga mengurangi jatah makanan seluruh satwa dari jatah porsi makanan mereka.

"Ya 'puasa Daud' dilakukan untuk menekan biaya operasional, karena kalau tidak dikasih makan mereka bisa mati sedangkan pemasukan pengelola tidak ada sama sekali karena penutupan tempat wisata," katanya, Kamis 30 April 2020.

Sulhan juga menjelaskan bahwa dalam satu bulan pengelola harus mengeluarkan biaya berkisar 300 juta rupiah untuk penyediaan makanan bagi seluruh jenis satwa yang ada , maka dari itu puasa daud yang dilakukan satu hari puasa satu hari makan oleh para satwa dianggap menjadi solusi terbaik saat ini.

Menurut Sulhan, yang juga menjabat sebagai juru bicara Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia, kondisi kesulitan atau keterbatasan anggaran untuk pakan hewan bukan hanya dirasakan oleh pihak pengelola kebun binatang Bandung. Hal yang sama juga dirasakan oleh beberapa pengelola kebun binatang di daerah lain, salah satunya kebun binatang Cikembulan Garut yang hanya memiliki anggaran untuk pakan hewan selama satu bulan kedepan.

Dia merasa, jika situasi pandemi ini terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan rusa yang ada di kebun binatang Bandung akan diumpankan untuk pakan macan tutul. []

Berita terkait
Corona Bikin Karyawan Hotel di Bandung Dirumahkan
Saya sehari dibayar Rp 130ribu, kalo saya tidak dipekerjakan selama 10 hari kedepan artinya saya ilang 1,3 juta dari penghasilan saya biasanya
0
Satwa di Kebun Binatang Bandung Jalani Puasa Daud
Anggaran pakan devisit, pengelola kebun binatang Bandung berlakukan puasa Daud untuk 850 satwa penghuni.