UNTUK INDONESIA
Satu Pelaku Pembunuhan Sadis di Yahukimo Ditangkap
Satu pelaku pembunuhan sadis terhadap staf KPU Yahukimo Papua ditangkap polisi. Ini identitasnya
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw. (Foto: Dok Tagar/Paul Manahara Tambunan)

Jayapura - Rentetan kasus pembunuhan sadis di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, sepanjang Agustus 2020 lalu, mulai menunjukkan titik terang. Ini setelah tim gabungan menangkap KY, salah satu pelaku yang terlibat dalam sejumlah kasus kekerasan di wilayah itu.

Satu pelaku kekerasan telah ditangkap di Distrik Dekai. Pelaku telah ditahan di Polres Yahukimo.

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw mengatakan, KY ditangkap di kawasan Pasar Baru Distrik Dekai, usai menggelar bhakti sosial dengan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) pada Rabu sore, 16 September 2020.

"Satu pelaku kekerasan telah ditangkap di Distrik Dekai. Pelaku telah ditahan di Polres Yahukimo. Kita akan kejar terus pelaku utama Ananias Yalak alias Senat Soll," kata Waterpauw kepada wartawan di Jayapura, Kamis 17 September 2020 siang.

Menurut Kapolda, KY yang baru ditangkap merupakan anak buah dari Ananias Yalak, pelaku utama dalam kasus pembunuhan Staf KPU Yahukimo, Hendry Jovhinski, 24 tahun, pada 11 Agustus 2020 lalu. KY sendiri disinyalir merupakan anggota KNPB. Sedangkan Ananias sudah bergabungan dengan Organisasi Papua Merdeka.

"Sebelum pembunuhan, Senat Soll sudah menyatakan diri sebagai Pimpinan Kodap III TPN-OPM di wilayah Yahukimo," bebernya.

Sementara itu, kata Waterpauw, KY terlibat dalam sejumlah aksi kekerasan di Distrik Dekai. Seperti pembunuhan dua warga sipil di Distrik Dekai, pasca pembunuhan Hendry Jovhinski, juga pembakaran Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BRI dengan Laporan Polisi Nomor LP/55/XII/2019/Papua/Res Yahukimo.

Kini, pelaku tengah menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Satuan Reserse Kriminal. Hal ini untuk merunut kronologis lengkap serta motif di balik pembunuhan dua warga sipil dan keterkaitannya dengan pembunuhan Jovhinski.

"Semoga pelaku utama segera ditangkap untuk mengungkap benderang kasus ini. Saya sudah perintahkan Kapolres yang baru untuk melakukan pendekatan kepada para tokoh masyarakat sekaligus mengusut sejumlah kekerasan sadis yang terjadi," ujarnya.

Sebelumnya, Waterpauw mengaku jika pihaknya kesulitan dalam memburu Ananias Yalak, tersangka dalam kasus pembunuhan Staf KPU Yahukimo, Hendry Jovhinski.

Namun, keberadaan pelaku disinyalir masih berada di sekitar Distrik Dekai. Hanya, Satuan Tugas Gabungan polisi dan TNI kesulitan memburu pelaku karena berpindah-pindah lokasi. Selain itu, jaringan telekomunikasi yang lemah di Yahukimo membuat perburuan terkendala.

"Kendalanya di komunikasi. Keluar dari areal Polres Yahukimo sudah tidak bisa lagi berkomunikasi. Alamnya tidak jadi masalah. Dugaan kami, pelaku masih berada di sekitar Distrik Dekai," ujar mantan Kapolda Sumatera Utara itu. []

Berita terkait
Penyebab Sulitnya Menangkap Pembunuh Staf KPU Yahukimo
Ini penyabab pelaku pembunuhan staf KPU Kabupaten Yahukimo Papua sulit ditangkap.
Aparat Dinilai Berlebihan Menyisir Rumah Warga Yahukimo
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua meminta aparat keamanan untuk tidak berlebihan merazia rumah warga Yahukimo.
Kapolres Yahukimo Papua Diganti, Ini Penyebabnya
Kepala Kepolisian Resor Yahukimo AKBP Ignatius Benny Ady Prabowo diganti, pasca terjadinya tiga kasus pembunuhan di Yahukimo.
0
Satu Pelaku Pembunuhan Sadis di Yahukimo Ditangkap
Satu pelaku pembunuhan sadis terhadap staf KPU Yahukimo Papua ditangkap polisi. Ini identitasnya