UNTUK INDONESIA
Satu Calon Wagub Sumbar Belum Tes Kesehatan
Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat Ali Mukhni belum melakukan tes kesehatan di RSUP M Djamil Padang.
Anggota KPU Sumbar Divisi Teknis Izwaryani. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Sebanyak 89 orang bakal calon kepala daerah peserta Pilkada 2020 telah selesai melakukan tes kesehatan di RSUP M Djamil Padang. Namun, satu calon wakil gubernur Sumatera Barat (Sumbar) belum melakukan tes kesehatan.

Dokter melihat kondisinya masih lemas dan belum memungkinkan. Makanya ditunda dulu.

"Yang masuk tanggal 7 September ada 47 calon tes kesehatan dan sudah selesai. Sebanyak 42 calon lainnya juga sudah melakukan tes kesehatan yang dimulai sejak kemarin hingga hari ini," kata anggota KPU Sumbar Izwaryani, Rabu, 9 September 2020.

Sementara itu, kata Izwaryani, calon Wagub Sumbar Ali Mukhni belum melakukan tes kesehatan. Dia belum diizinkan dokter RSUP M Djamil karena kondisinya masih belum memungkinkan.

"Awalnya Pak Ali Mukhni sudah datang untuk melakukan tes kesehatan, namun dokter melihat kondisinya masih lemas dan belum memungkinkan. Makanya ditunda dulu," katanya.

Izwaryani mengatakan, jadwalnya pemeriksaan kesehatan mulai dari tanggal 4 hingga 11 September. Namun, KPU mengambil kebijakan untuk memakai dari tanggal 7 hingga 10 September 2020. Pihaknya menyisakan waktu satu hari untuk antisipasi jika ada sesuatu hal yang terjadi di luar kendali.

Pihak rumah sakit juga sudah menyetujui hal tersebut. Setelah pemeriksaan kesehatan, KPU Sumbar akan melanjutkan dengan penetapan dan pencabutan nomor urut, yang semuanya tetap mengacu pada protokol kesehatan, dengan membatasi jumlah orang, serta wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. []


Berita terkait
Komplotan Curanmor Sumbar Diciduk di Limapuluh Kota
Empat komplotan pencuri kendaraan bermotor di Sumatera Barat diringkus polisi Limapuluh Kota.
Pengamat Sebut Kekuatan 4 Cagub Sumbar Berimbang
Pengamat menilai empat pasangan calon gubernur Sumatera Barat memiliki kekuatan yang seimbang.
Pengamat Bongkar Sebab PDIP Sulit Menang di Sumbar
Pengamat menyebut hal yang melatarbelakangi PDIP sulit menang di Sumatera Barat. Salah satunya karena tidak memilik basis kultur di Ranah Minang.
0
Ini Dia Provokator Demo Rusuh Tolak RUU Ciptaker di Medan
Polrestabes Medan menangkap MHB, 21 tahun, dalang kerusuhan dalam aksi unjuk rasa rusuh 8 Oktober 2020 di gedung Arca, Kota Medan.