Vokasi Kemdikbud

Satgas Covid-19 Amerika Ingatkan Warga Varian Baru Covid-19

Satgas Covid-19 Amerika ingatkan varian baru virus corona Delta (terdeteksi pertama di India) yang menimbulkan penyakit itu masih menjadi ancaman
Direktur CDC Amerika, Dr. Rochelle Walensky (Foto: voaindonesia.com/AFP)

Jakarta – Meskipun tingkat perebakan virus corona (Covid-19) dan jumlah orang yang dirawat di rumah sakit akibat Covid-19 di seluruh Amerika Serikat (AS) terus menurun, Tim Tanggap Covid-19 Gedung Putih hari Selasa, 8 Juni 2021, mengingatkan bahwa varian baru virus corona Delta (terdeteksi pertama di India) yang menimbulkan penyakit itu masih menjadi ancaman, khususnya di kalangan anak-anak muda.

Laporan kasus harian Covid-19 di AS, seperti dilaporkan situs independen, worldomter, pernah mencapai 305.041 pada tanggal 8 Januari 2021, tapi setelah vaksinasi massal karus baru harian terus turun. Angka terakhir, 8 Juni 2021, menunjukkan kasus harian baru sebanyak 13.542. Jumlah kasus Covid-19 di AS sebanyak 34.242.866 dengan 613.052  kematian. Berdasakan jumlah kasus dan jumlah kematian AS ada di puncak pandemi Covid-19 global.

Dalam konperensi pers reguler tim itu, Direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC- Centers for Disease Control and Prevention) AS, Dr Rochelle Walensky, mengatakan kepada wartawan bahwa rata-rata harian kasus baru sepanjang pekan lalu turun higga 30% menjadi 13.277 kasus; atau turun 90% sejak awal tahun 2021 ini. Angka ini juga merupakan rata-rata kasus harian terendah sejak Maret 2020.

Jumlah orang yang dirawat di rumah sakit juga kembali turun pekan ini dan anjlok hingga sekitar 83% sejak awal tahun ini. Ia memuji penurunan angka ini karena besarnya jumlah orang yang divaksinasi dan menyebut kajian baru CDC yang dirilis hari Selasa, yang menunjukkan keefektifan vaksin itu.

Fauci Serukan Anak-anak Muda Segera Divaksinasi. Namun, penasihat medis utama Gedung Putih, Dr Anthony Fauci, mengatakan varian baru virus corona tetap menjadi ancaman, khususnya apa yang disebut sebagai “varian Delta” yang awalnya diidentifikasi di India. Fauci mengatakan varian Delta telah menjadi varian yang dominan di Inggris dan sebagian besar penderitanya adalah anak muda.

Dr Anthony FauciDr Anthony Fauci (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Fauci menegaskan bahwa dalam kasus baru Covid-19 di Amerika, varian baru itu kini mencapai 6%. Ia menggarisbawahi perlunya mendorong anak-anak muda di Amerika untuk divaksinasi sehingga mencegah apa yang kini terjadi di Inggris. Ia mengatakan beberapa kajian menunjukkan bahwa kedua vaksin Covid-19 yang kini digunakan luas di Amerika –yaitu Pfizer-BioNTech dan Moderna– sangat efektif melawan virus itu ketika kedua dosisnya sudah diinokulasi.

Presiden Joe Biden menargetkan 70% warga Amerika sudah divaksinasi sedikitnya satu dosis vaksin selambat-lambatnya pada Hari Kemerdekaan 4 Juli, atau berarti kurang dari satu bulan lagi. Suratkabar The Washington Post hari Senin, 7 Juni 2021, melaporkan tingkat vaksinasi telah hari, penurunan signifikan sejak puncak vaksinasi yang mencapai 3,4 juta dosis per hari.

Warga  antre di klinik vaksinasi Covid-19 24 jamWarga antre di klinik vaksinasi Covid-19 24 jam yang diselenggarakan oleh Black Doctors Covid-19 Consortium di Pusat Liacouras Temple University di Philadelphia, AS (Foto: voaindonesia.com/AP)

Koordinator Tim Tanggap Covid-19 Gedung Putih Andy Slavitt mengatakan pemerintah melakukan apapun untuk mendorong warga agar bersedia divaksinasi, khususnya di kalangan kelompok minoritas. Ini mencakup pembukaan pusat-pusat vaksinasi tanpa membuat janji sebelumnya dan mengkoordinasikan upaya lewat pusat-pusat komunitas serta organisasi berbasis keagamaan.

Slavitt melangsungkan konperensi pers terakhir hari ini, seiring berakhirnya masa tugas di Gedung Putih Rabu, 9 Juni 2021 (em/lt)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Amerika Diminta Berikan Vaksin Covid-19 ke Amerika Latin
Bank Dunia mengatakan bahwa sangat penting Amerika Serikat (AS) memberikan kelebihan dosis vaksin Covid-19 kepada negara-negara di Amerika Latin
Amerika Sumbangkan 80 Juta Dosis Vaksin Covid-19
Presiden Biden mengumumkan rencana negaranya untuk menyumbangkan tiga perempat dari vaksin yang tidak digunakan untuk negara-negara miskin
Kampanye Nasional Vaksinasi Covid-19 di Amerika
Presiden Biden luncurkan kampanye nasional sebulan penuh agar tercapai target 70% orang dewasa sudah divaksinasi pada Hari Kemerdekaan AS
0
Real Madrid Pertimbangkan Pindah ke Wanda Metropolitan
Beberapa pertandingan pertama musim depan Real Madrid memakai di Stadion Wanda Metropolitan menampung penggemar yang mulai diizinkan masuk stadion