UNTUK INDONESIA
Sarang Madu dan Empat Oleh-Oleh Khas Semarang
Sarang Madu salah satu oleh-oleh khas Semarang yang terkenal dengan kelezatanya. Ada beberapa lagi kuliner yang bisa menjadi pilihan.
Sarang Madu. (Foto: telusurindonesia)

Jakarta - Sarang Madu salah satu oleh-oleh khas Semarang yang terkenal dengan kelezatanya. Tak salah bila berkunjung, membawanya oleh-oleh untuk keluarga dan saudara di rumah.

Berikut Tagar rangkumkan lima oleh-oleh khas Semarang yang wajib dibawa pulang.

1. Moaci Gemini

Moaci GeminiMoaci Gemini. (Foto: blanja)

Moaci Gemini terbuat dari tepung ketan, tepung beras, santan kelapa, vanilla, wijen, kacang tanah, dan gula merah. Seperti namanya, kue ini memiliki bentuk yang khas, yakni bulat mini dengan taburan wijen. Sangat cocok disantap bersama teh maupun kopi hangat.

Oleh-oleh khas Semarang ini dijual dengan berbagai jenis ukuran. Untuk membawa pulang seporsi Moaci Gemini yang lezat hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 44.000.

2. Lumpia Semarang

Lumpia SemarangLumpia Semarang. (Foto: umiresep)

Oleh-oleh yang tak kalah nikmat selanjutnya yakni Lumpia Semarang. Terbuat dari rebung, telur, ayam, dan dibungkus dengan kulit lumpia. Ada dua jenis lumpia, yaitu lumpia goreng dan lumpia basah.

Makanan ini merupakan perpaduan cita rasa antara Tionghoa dan Indonesia. Lumpia Semarang terus dikembangkan dan telah memiliki beberapa varian baru, seperti isian kambing dan keju. 

Biasanya, dihidangkan dengan daun, umbi bawang merah muda, acar timun, dan saos khas Semarang.

Harga yang ditawarkan terbilang cukup murah, untuk seporsi lumpia khas Semarang, hanya perlu menyeluarkan uang Rp 9.000-14.000.

3. Tahu Petis

Tahu PetisTahu Petis. (Foto: ppitiongkok)

Tahu goreng yang dimakan dengan petis saus berwarna hitam kental, yang biasanya terbuat dari udang yang dioleskan atau disisipkan di tengah-tengah tahu, membuat tahu petis menjadi salah satu oleh-oleh favorit Kota Semarang.

Kaunikan makanan ini berada pada bumbu petis berbahan dasar udang yang diracik dengan bumbu spesial. Tahu yang digunakan adalah tahu putih yang disayat, kemudian dibelah dan diisi petis di dalamnya.

Makanan ini sangat cocok dijadikan cemilan di saat santai, apalagi sambil menonton YouTube. Dengan mengeluarkan Rp 1.500 satu tahu petis hangat siap disantap.

4. Enting-Enting

Enting-EntingEnting-Enting. (Foto: tokopedia)

Enting-enting adalah makanan khas semarang yang terbuat dari bahan jahe, gula jawa, dan kacang tanah. Jahenya yang hangat dan manisnya gula jawa membuat makanan ini terasa lebih nikmat dan lezat.

Bagi yang tidak suka dengan kacang tanah, tak usah khawatir, karena terdapat varian kacang baru yakni kacang mete. Makanan ini dapat ditemukan di setiap toko oleh-oleh Semarang, dengan harga kisaran Rp 35.000.

5. Sarang Madu

Sarang MaduSarang Madu. (Foto: telusurindonesia)

Sarang burung atau sarang madu merupakan salah satu kue kuno yang sudah jarang ditemui. Makanan ini terbuat dari bahan yang sederhana, seperti santan, tepung beras, dan gula. 

Bila dicicipi akan merasakan gurih renyah dan sedikit manis karena ada kucuran gula merah yang mengering diatasnya. 

Bagi yang ingin membawa sarang madu menjadi oleh-oleh, kalian harus berhati-hati karena makanan ini rentan hancur. 

Sebungkus sarang madu berisi sepuluh dihargai sebesar Rp 20.000-27.000. []

Berita terkait
Stinky Tofu dan Empat Kuliner Kekinian Khas Taiwan
Taiwan salah satu destinasi wisata luar negeri favorit. Tidak jarang orang Indonesia menyambangi negara yang dijuluki naga kecil asia.
5 Kuliner Khas Mataram Kampung Halaman Suharso Monoarfa
Suharso Monoarfa putra asal Mataram mendapatkan pos Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. Daerah asalnya ini memiliki kuliner khas.
5 Kuliner Khas Kota Kelahiran Menko Airlangga Surabaya
Kota kelahiran Menko Airlangga Hartarto di Surabaya memiliki banyak kuliner khas, apa sajakah itu?
0
Orang Batak Sudah Mulai Malu Berbahasa Batak
Trisna Pardede menggelar diskusi soal bahasa Batak bersama Saut Poltak Tambunan, penulis novel berbahasa Batak Si Tumoing Manapu Nipi.