UNTUK INDONESIA
Sandiaga Uno Akan Hapus Ujian Nasional, Apa Itu Ujian Nasional?
Sandiaga Uno dalam debat ketiga menyatakan dirinya dan Prabowo kalau menang Pilpres, akan menghapus ujian nasional.
Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno mengikuti debat cawapres di Hotel Sultan Jakarta, Minggu malam (17/3/2019). (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Jakarta, (Tagar 20/3/2019) - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat ketiga Minggu malam (17/3) menyatakan kalau Prabowo-Sandi menang dalam Pilpres 2019, pihaknya akan menghapus ujian nasional.

"Kami juga akan menghapus ujian nasional. Ini adalah salah satu sumber biaya yang tinggi bagi sistem pendidikan kita," kata Sandiaga di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/3).

Pengamat politik dari Indonesia Public Institute Jerry Massie menilai, gagasan Sandi tersebut adalah konsep yang kurang jelas.

Menurut Jerry, Indonesia adalah negara besar dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di dunia setelah China dan India, sehingga tidak mudah untuk mengganti pola pendidikan yang sudah lama dilaksanakan di sini.

"Apalagi Sandiaga mengatakan akan menggantinya dengan penelusuran minat dan bakat. Ini konsep yang kurang jelas," kata Jerry Massie.

Ujian Nasional adalah proses evaluasi massal dalam jangka waktu pendek demi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi di Indonesia.

Ujian Nasional atau UN dikenal dengan kerahasiaannya. Pelaksanaanya mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Berikut ini istilah ujian nasional yang namanya berubah-ubah dari waktu ke waktu sepanjang Republik ini berdiri.

Ujian NasionalUjian Nasional dalam berbagai istilah sepanjang masa

Baca juga:

Berita terkait
0
David Becham Rayakan Ultah ke-45 di Rumah Pedesaan
Mantan pesebakbola sekaligus sosialita David Beckham tak pendek akal merayakan ulang tahunnya ke-45 di tengah pandemi corona.