Sandiaga Tantang Tiap Daerah Buat Jaket Biru Ala Menteri Baru

Sandiaga Salahuddin Uno memberikan tantangan kepada para pelaku ekonomi kreatif tiap daerah untuk membuat jaket biru ala menteri baru.
Menparekraf Sandiaga Uno memimpin rapat dengan seluruh kepala dinas pariwisata di kabupaten kota se Indonesia. (Foto: Tagar/Twitter Sandiaga Uno)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan tantangan kepada para pelaku ekonomi kreatif tiap daerah untuk membuat jaket biru seperti yang dikenakan para menteri baru.

Ia mengatakan pelaku usaha dapat memproduksi jaket dengan mengambil kearifan lokal dari masing-masing daerah.

“Saya menantang (pelaku usaha kreatif) tiap daerah membuat jaket seperti ini dengan mengadopsi kearifan lokal masing-masing daerah,” ujarnya pada Sabtu, 26 Desember 2020.

Mumpung lagi hit, lagi tren ini untuk membangkitkan usaha pelaku ekonomi kreatif di masing-masing daerah.

Baca juga: Kwik Kian Gie Komentari Kemeja dan Jaket Biru 6 Menteri Baru

Ide kreatif tersebut ia dapatkan dari jaket yang diberikan dari Istana Kepresidenan kepada enam menteri baru yang baru saja resmi menjadi bagian dari Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 23 Desember 2020.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang kerap disapa Sandi itu berharap tren jaket biru ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku ekonomi kreatif dari berbagai daerah. Menurutnya, ide ini akan berpotensi dapat meningkatkan permintaan bagi pelaku usaha ekonomi kreatif pada saat pandemi Covid-19.

“Mumpung lagi hit, lagi tren ini untuk membangkitkan usaha pelaku ekonomi kreatif di masing-masing daerah,” tuturnya.

Jaket biru yang memiliki harga Rp399.000 model parka tersebut memiliki filosofi. Sandi menceritakan filosofi di balik jaket biru tersebut yang dipakai oleh para menteri baru ketika Presiden memperkenalkan mereka pertama kali sebagai menteri baru pada Selasa, 22 Desember 2020.

“Filosofi jaket biru yang diberikan Istana, yang diberikan Presiden ini, simbol biru adalah kerja keras, kerja cepat, integritas, dan ini bentuknya bentuk ‘all weather’ jadi bisa ditutup seperti ini,” tuturnya.

Baca juga: Rapat Sandiaga Uno dan Kepala Dinas Pariwisata se-Indonesia

Selain itu, menurut Sandi, jaket itu merupakan anti air. Jadi, jika terkena hujan, tidak akan basah sehingga dapat dibawa bekerja dalam situasi apapun. Ia mengatakan hal tersebut merupakan simbol harus kerja dalam situasi apapun.

“Jadi, ini simbol kita harus bisa tetap bekerja dalam situasi apapun juga untuk memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara,” ujarnya. [] (Amira Salsabila Aprilia)

Berita terkait
Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Rencana Pemprov Aceh
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi rencana Pemerintah Provinsi Aceh menyelenggarakan peringatan 16 tahun Tsunami Aceh.
Jokowi Pilih Sandiaga Uno Jadi Menparekraf, Bendahara OK OCE Senang
Bendahara Umum OK OCE Indonesia, Rahmat Agustiar menyambut positif hak prerogatif Presiden Jokowi pilih Sandiaga Salahuddin Uno jadi Menparekraf.
Sandiaga Uno, Menyusul Prabowo Subianto di Kabinet Jokowi
Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto adalah rival Jokowi di Pilpres 2019. Prabowo kemudian masuk kabinet Jokowi, kini Sandi menyusul. Mereka tim.
0
Mengenal Program Pendidikan Kecakapan Kerja Kemendikbud
Program Pendidikan Kecakapan Kerja Kemendikbud bertujuan mengembangkan keterampilan kerja agar sesuai kebutuhan Industri dan dunia usaha.