UNTUK INDONESIA

Sandiaga - M Lutfi - Erick Thohir, 3 Sahabat Jadi Menteri Jokowi

Sandi, Erick, dan Lutfi juga merupakan pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Kini mereka jadi menteri Jokowi.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Perdagangan M Lutfi. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Presiden Jokowi resmi melakukan reshuffle susunan kabinet Indonesia maju. Ada enam nama menteri baru yang akan membantunya untuk menjalankan tugas di pemerintahan selama 4 tahun ke depan.

Ada yang menarik pada komposisi menteri Jokowi saat ini, dimana tiga orang sahabat lama kembali dipertemukan di Kabinet Indonesia Maju.

Sandi, Erick, dan Lutfi juga merupakan pengusaha yang pernah tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi)

Mereka adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Perdagangan M Lutfi.

Diketahui, sahabat dekat mereka, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sudah terlebih dahulu menemani Presiden Jokowi di pemerintahan.

Sandiaga Uno dan Erick Thohir sudah bersahabat sejak mereka masih menempuh pendidikan di Negeri Paman Sam.

Kala itu Erick kuliah di Glendale University, lalu meneruskan studi di National University. Sementara Sandiaga Uno berkuliah di Wichita State University yang dilanjutkan di George Washingthon University.

Kedekatan mereka terus berlangsung hingga dewasa, keduanya sama-sama terjun sebagai pengusaha. Erick mengaku pernah dibantu oleh Sandiaga mengakuisisi sebuah media pada 1999-2000.

Pada 2000-an Erick merambah bisnis media dengan membeli perusahaan billboard, radio, hingga harian Republika dan Republika Online di bawah Mahaka Group.

Mahaka Group merupakan perusahaan yang didirkan oleh Erick dan Lutfi bersama dua orang rekan mereka, yaitu Wishnu Wardhana dan Harry Zulnardy.

Namun, saat menjabat sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir mundur dari Mahaka Group.

Sandi, Erick, dan Lutfi juga merupakan pengusaha yang pernah tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). [] (Magang/Nanda Alifah)

Berita terkait
Sandiaga Uno Mengaku Terima Pesan Rancu dari Pratikno dan Erick Thohir
Sandiaga Salahuddin Uno mengaku mendapatkan pesan rancu dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir soal kondisinya.
Setelah Erick Thohir Melaporkan Kasus Asabri ke Jaksa Agung
Baru kali ini ada Erick Thohir, menteri gentle akuntabel tegas melaporkan kasus Asabri ke Kejaksaan Agung. Ia role model bagi menteri lain.
Karier Politik Sandiaga Uno, Gagal Wapres Jadi Menparekraf
Sandiaga Salahuddin Uno resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
0
Sandiaga - M Lutfi - Erick Thohir, 3 Sahabat Jadi Menteri Jokowi
Sandi, Erick, dan Lutfi juga merupakan pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Kini mereka jadi menteri Jokowi.