UNTUK INDONESIA
Samsung Siapkan Ponsel dengan 6 Kamera
Samsung kabarnya akan membuat ponsel enam kamera. Paten ponsel enam kamera itu telah terdaftar di WIPO.
Samsung Galaxy S20 Plus edisi khusus BTS. (Foto: Antara/HO/Samsung Electronics Indonesia)

Jakarta - Samsung kabarnya akan membuat ponsel enam kamera. Untuk itu, produsen teknologi asal Korea Selatan itu mematenkan smartphone enam kamera tersebut ke World Intellectual Property Organization (WIPO). Paten terbaru dari Samsung ini telah terdaftar di situs resmi WIPO.

Dikutip dari Android Police, Jumat, 19 Juni 2020, akan tetapi belum ada kabar yang jelas, apakah Samsung memproduksi ponsel enam kamera itu untuk pasar komersial atau tidak.

Diketahui, biasanya beberapa paten ponsel yang didaftarkan di WIPO hanya berakhir sebagai prototipe dan tidak pernah dirilis secara komersial. Kendati demikian, banyak juga paten dari produsen smartphone yang berakhir menjadi produk baru dan dirilis ke konsumen.

Ilustrasi ponsel enam kameraIlustrasi ponsel enam kamera. (Foto: androidpolice)

Kali ini, Samsung mendaftarkan paten kamera dengan konsep yang tergolong "cukup gila".

Berdasarkan laporan Android Police, Samsung telah mengajukan paten yang diberi judul: "Apparatus and method for operating multiple cameras for digital photography" pada 2019.

Dokumen setebal 55 halaman itu kini telah diterima dan dipublikasikan di situs resmi WIPO.

Paten yang diajukan oleh Samsung sepertinya menunjukkan bahwa perusahaan sedang bereksperimen dengan berbagai kamera yang menampilkan 5 lensa wide angle dan satu lensa telefoto, serta variasi lainnya.

Sensor Kamera SamsungSensor kamera Samsung yang bisa dimiringkan. (Foto: Android Police/WIPO)

Tetapi yang menjadi sorotan adalah kemampuan kamera yang bisa "miring" dengan masing-masing kamera dapat dimiringkan secara terpisah satu sama lain.

Secara teoritis, perangkat dapat mengoptimalkan konfigurasi array kamera menggunakan algoritma khusus dan mencapai hasil lebih baik jika dibandingkan dengan sensor yang tidak dapat digerakkan.

Samsung merupakan perusahaan pelopor yang pertama kali memproduksi sensor kamera 108 MP. Apabila paten di atas benar-benar melahirkan produk baru dari Samsung, tentunya itu adalah hal yang menarik.

Sensor bagian kiri dan kanan bisa dimiringkan ke arah tepi, sedangkan sensor kamera di tengah dapat diatur agar tetap lurus untuk menangkap gambar panorama.

Informasi dari semua sensor dapat dikombinasikan untuk membuat gambar berkualitas tinggi.

Pengaturan kamera juga dapat digunakan untuk menangkap adegan panorama dengan efek bokeh.

Paten dan ilustrasi model ponsel terbaru dengan 6 kamera dari Samsung ini diklaim dapat mengambil gambar secara lebih jelas dalam kondisi minim cahaya.[]

Berita terkait
Samsung Galaxy S20 Plus Edisi BTS Dijual Rp 17 Juta
Samsung sudah membuka pre-order untuk ponsel Samsung Galaxy S20 Plus dan Samsung Galaxy Buds Plus edisi BTS.
Samsung Galaxy Z Flip 5G dan Note 20 Rilis Bareng
Samsung kabarnya akan meluncurkan Samsung Galaxy Note 20 berbarengan dengan ponsel layar lipat Samsung Galaxy Z Flip 5G pada Agustus 2020.
Samsung Galaxy S20 Plus Edisi BTS Dijual Terbatas
Kehadiran Samsung Galaxy S20 Plus edisi BTS ini untuk meningkatkan penjualan ponsel flagship tersebut.
0
Samsung Siapkan Ponsel dengan 6 Kamera
Samsung kabarnya akan membuat ponsel enam kamera. Paten ponsel enam kamera itu telah terdaftar di WIPO.