UNTUK INDONESIA
Saefullah Wafat karena Corona, MUI: Bagai Gunung Es
Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengaku terkejut mendengar kabar Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah wafat OTG corona.
Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengaku terkejut mendengar kabar Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah wafat OTG corona. (Foto: mui.or.id)

Jakarta - Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengaku terkejut mendengar kabar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia karena terinfeksi virus corona atau Covid-19.

"Meninggalnya Sekda DKI Saefullah karena Covid-19 benar-benar menyentak dan mengejutkan kita, karena beliau seperti dikatakan Bapak Gubernur Anies adalah orang tanpa gejala (OTG)," kata Anwar dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, Rabu, 16 September 2020. 

Anwar berkata, masalah Covid-19 ini bagaikan gunung es. Terlebih, tambahan kasus baru terkonfirmasi virus corona perhari sekitar 3.507 kasus di seluruh Indonesia. Kemudian, angka kematian akibat penyakit menular itu dalam beberapa hari ke depan diperkirakan bisa menembus angka 9.000 jiwa.

Baca juga: Terserang Corona, Sekda DKI Saefullah Meninggal Dunia

"Dan di akhir bulan September bisa-bisa mencapai angka 10.000 jiwa. Ini jelas-jelas sangat menyedihkan hati kita," ucapnya. 

Oleh karena itu perlu rasanya MUI mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan diri dengan membiasakan dan melaksanakan 3 hal, yaitu sering-sering mencuci tangan, selalu memakai masker terutama bila keluar rumah, dan selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

"Untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain harus bisa membiasakan diri kita dengan ketiga hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari di masa Covid-19 ini. Karena kalau tidak, maka jumlah anggota masyarakat yang terkena kasus Covid-19 tentu akan semakin meningkat dan membesar," ucap Anwar Abbas.

Baca juga: Sekda DKI Tutup Usia, Ahok: Saefullah Sosok Rajin

Sekretaris Daerah DKI SaefullahSekretaris Daerah DKI Saefullah di Balai Kota, Jakarta, Selasa, 11 Februari 2020. (Foto: Tagar/Edy)

Saefullah meninggal dunia dalam usia 56 tahun. Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Chaidir, Sekda DKI wafat pada Rabu, 16 September 2020, pukul 12.55 WIB di RSPAD Gatot Subroto setelah menjalani perawatan karena positif Covid-19 dengan indikasi orang tanpa gejala (OTG).

Beberapa waktu sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak jajarannya untuk mendoakan kesembuhan Saefullah yang berjuang melawan Covid-19. Ia meminta agar mereka cepat diberikan kesembuhan agar dapat beraktivitas seperti biasanya.

"Saya mengajak pada semua, pada seluruh jajaran dan keluarga untuk meluangkan waktu, benar-benar luangkan waktu bersama keluarga untuk mendoakan saudara kita, mendoakan Pak Sekda, Bapak Saefullah yang saat ini sedang dalam perawatan intensif melawan Covid-19," kata Anies lewat pesan singkat yang beredar di jajaran ASN Pemrov DKI. []

Berita terkait
Saefullah dan Delapan Pejabat Pemprov DKI Positif Corona
Terdapat sembilan pajabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dilaporkan terinfeksi virus corona. Sekda Saefullah meninggal.
Profil Saefullah, Sekda DKI di Era Empat Gubernur
Saefullah menjabat sekretaris daerah DKI Jakarta di era kepemimpinan empat gubernur, sejak Jokowi hingga Anies Baswedan.
Sekda DKI Saefullah Meninggal Akibat Positif Covid-19
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia akibat virus corona atau Covid-19.
0
Permohonan Tunjangan Pengangguran di Amerika Serikat
Pandemi virus corona di Amerika Serikat melemahkan pasar tenaga kerja yang akhirnya meningkatkan pengangguran dan permohonan tunjangan pengangguran