Vokasi Kemdikbud

Saat Patah Hati, Jangan Lakukan 8 Hal Ini!

Saat patah hati jangan lakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri ada atau tidaknya dia hidup akan terus berjalan tak peduli sesakit apa dirimu.
Ilustrasi - Patah hati. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta – Saat Anda mengalami patah hati karena putus cinta dari seseorang yang pernah ada dalam hidup dan pernah membuat bahagia hari-hari Anda jangan lakukan hal-hal yang membuat Anda semakin bersedih.

Patah hati memang sangat menyakitkan, sehingga efek dari patah hati ini terkadang bisa mengakibatkan emosi seseorang jatuh ke titik terendah, dan tidak mau melakukan apa-apa.

Saat patah hati menghampiri Anda, sebaiknya jangan lakukan hal berikut yang akan membuat emosi Anda tidak terkendali.


1. Jangan larut dalam luka

Bersedihlah sewajarnya jangan larut yang mengakibatkan kesehatan Anda terganggu. Sebab, perasaan ini seringkali memicu kemarahan yang selanjutnya bisa mengarah pada tindakan yang salah. Saat merasa marah, lebih baik membicarakannya dengan teman, keluarga atau menulis tentangnya.

Mungkin Anda bisa bercerita dengan orang kepercayaan Anda, agar rasa luka yang menghampiri Anda sedikit berkurang.


2. Jangan menyalahkan diri sendiri

Sangat wajar untuk menyalahkan diri sendiri dan tindakan kita atas segala hal buruk yang terjadi pada kita. Namun, ini bisa menyebabkan kurangnya kepercayaan diri. Daripada melakukan itu, lebih baik menerima kenyataan itu sebagai bagian dari hidup.


3. Jangan menyalahkan mantan

Ketika kamu dinasehati untuk tidak menyalahkan diri sendiri, itu tidak berarti dirimu menyalahkan mantan atas kegagalan hubungan. Permainan menyalahkan ini bisa berlangsung lama dan sering kali mengarah ke situasi yang jauh lebih buruk. Sebaliknya, lebih baik bertindak dengan anggun dan menghormati satu sama lain, tidak peduli seberapa marah kita.


4. Jangan terlalu dramatis

Terkadang, film dan buku budaya populer kita sering kali menampilkan situasi yang terlalu dramatis. Kecenderungan manusia untuk terbawa oleh hal-hal seperti itu. 

Namun harus disadari hal itu hanya terlihat bagus dii buku dan film, tidak dalam kehidupan nyata. Karenanya, jangan terlibat dalam drama apa pun.


5. Jangan lupa untuk mengevaluasi hubungan

Hidup tidak berhenti setelah Anda putus dengan orang yang Anda cintai. Kita mungkin menemukan seseorang lagi dan jatuh cinta padanya seperti yang kita lakukan sebelumnya. Namun, untuk membuat hubungan ini berhasil, penting untuk mengevaluasi yang sebelumnya.

Ini sedikit membantu Anda untuk kembali berdiri dari jatuh yang begitu sakit, menyadari dan mengevaluasi diri sangat penting untuk hubungan yang akan Anda Jalani ke depanya.


6. Jangan merusak diri sendiri

Patah hati membawa emosi dan perasaan kesepian, tidak berharga, marah, dan sebaginya. Banyak orang gagal menghadapinya dan pada titik paling ekstrem melahirkan kecenderungan bunuh diri. Jangan lakukan hal bodoh itu.

Hubungan yang gagal tidak berarti akhir dunia. Ada banyak sekali orang di dunia ini yang mencintai Anda, ada banyak kejutan yang sedang dipersiapkan Tuhan untuk Anda nikmati di masa yang akan datang.


7. Jangan masuk ke mode hibernasi

Mengisolasi diri sendiri adalah hal terburuk yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi patah hati, Jika Anda melakukan hal ini, rasa sakit akan semakin mencekik diri sendiri.

Ini adalah saat di mana dirimu membutuhkan cinta, tawa, dan penghargaan. Hal tersebut hanya bisa terjadi ketika kamu bersama teman dan keluarga, yang membuatmu merasa dihargai dan bahagia. Jadi habiskan saja sebagian besar waktumu dengan mereka sehingga kamu tak punya waktu untuk menangisi dirimu.


8. Jangan diam saja

Saat menghadapi patah hati, disarankan untuk melakukan apa yang kamu suka dan nikmati. Hobi yang sudah lama tidak tersentuh adalah sesuatu yang bisa dipilih. Ini akan membantumu melepaskan pikiran dari rasa sakit dan akan mengarah pada sesuatu yang membangun.

Jika hal ini sedang Anda alami cobalah untuk terbuka dan mencari kesibukan yang membuat Anda sejenak melupakannya, dan ingatlah hidup akan terus berlanjut ada atau tanpa dia yang meninggalkan Anda. []

Berita terkait
Rilis Nirmala, Iankanlah Tutup Mini Album Tetralogi Patah Hati
Penyanyi solo asal Bandung, Iankanlah menutup mini album Tetralogi Patah hati dengan merilis nomor terakhir bertajuk Nirmala.
Museum Patah Hati Kroasia Bikin Susah Move On
Museum of Broken Relationships atau museum patah hati terletak di antara Gereja Saint Mark dan Saint Catherine di Zagreb, Kroasia.
Arie Kriting-Indah Permatasari, Netizen Patah Hati
Arie Kriting komedian asal Wakatobi tengah berbahagia dengan kekasih barunya Indah Permatasari. Netizen menanggapi hubungan keduanya.
0
Saat Patah Hati, Jangan Lakukan 8 Hal Ini!
Saat patah hati jangan lakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri ada atau tidaknya dia hidup akan terus berjalan tak peduli sesakit apa dirimu.