UNTUK INDONESIA
Saat Habibie Kagumi Mobil Modifikasi Mahasiswa Makassar
Habibie salut dengan karya mobil modifikasi dua mahasiswa Fakultas Teknik UMI, Makkah dan Madinah.
Dekan FTI UMI Zakir Sabara. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Makassar – Tak banyak yang tahu, jika Presiden ke-3 RI BJ Habibie merupakan inisiator terbentuknya Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI).

Saat itu Habibie menjabat Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) sekaligus Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Kabinet Pembangunan III hingga VI (1978-1998).

Habibie memang termasuk salah satu menteri yang paling dipercaya Soeharto untuk pembangunan teknologi dan riset di Tanah Air.

Dekan FTI UMI Zakir Sabara mengatakan, FTI UMI digagas Habibie, di era Basalamah dan diurus oleh Prof Mansyur sebagai ketua tim, dekan pertamanya Ir H A Liorang Lologau, MT (1987-1994) dan dirinya merupakan dekan ke-10.

Mengutip cerita sejarah FTI dan yang diturunkan para seniornya, Zakir menyebut, kala itu Habibie salut dengan karya mobil modifikasi dua mahasiswa Fakultas Teknik UMI, Makkah dan Madinah.

Makkah dan Madinah adalah mahasiswa Teknik Mesin UMI saudara kembar yang sangat kreatif dan inovatif waktu itu. Mereka desain pesawat/helikopter dengan menggunakan mesin diesel.

Mereka mau uji coba dan beranikan diri mengundang Habibie. Dan, ternyata Habibie datang memenuhi undangan mahasiswa UMI.

Habibie juga lakukan uji coba prototipe helikopter dengan mesin diesel rakitan mahasiswa.

Saat itu, mobil kecil hardtop Makkah Madinah juga sudah selesai dibuat, yaitu dua mobil yang sama persis (kembar) sehingga Habibie pun juga membubuhkan tanda tangan di kepala mobil mini itu.

Zakir juga menyebutkan, pada November 2019 mendatang saat peresmian gedung Program Profesi Insinyur di UMI akan mengabadikan gedung tersebut dengan nama BJ Habibie.[]

Berita terkait
Emil: Ibu-Ibu Bilang Harus Pintar Seperti Pak Habibie
Emil mengatakan, BJ Habibie memang memiliki citra orang cerdas dan pintar.
Bupati Sinjai Sebut Habibie Tokoh Teknokrat Dunia
Bupati Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Andi Seto Gadhista Asapa menyebut kepergian BJ Habibie membuat Indonesia kehilangan sosok pemikir
PT PAL Karya Nyata BJ Habibie di Surabaya
Salah satu karya BJ Habibie di kota pahlawan, Surabaya adalah peletak pondasi PT PAL. Saat itu Habibie menjabat sebagai Menristek.
0
Jelang Pelantikan Presiden 3 Sidang di Surabaya Ditunda
Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada tanggal 20 Oktober 2019 membuat tiga agenda sidang di Surabaya ditunda.