UNTUK INDONESIA
Saat Dua Orang Terjebak Kebakaran Toko di Sleman
Toko arloji di Sleman terbakar pada Selasa, 8 Septemer 2020. Dua orag terjebak dalam kebakaran tersebut.
Petugas Damkar Satpol PP Sleman saat melakukan evakuasi kebakaran toko arlogi di Sleman. (Foto: Dok Satpol PP Sleman/Tagar/Evi Nur Afiah).

Sleman - Sebuah toko arloji Samudra Makmur yang ada di jalan Kaliurang Kilometer 5 Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hangus terbakar si jagoh merah. Peristiwa kebakaran terjadi pada Selasa, 8 September 2020 sekitar pukul 03.45 WIB.

Kepala Seksi Ops dan Investigasi bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sleman, Suwandi mengatakan kobaran api begitu cepat merambat bangunan toko arlogi lantai 2. Beberapa karyawan yang menginap berlarian keluar menyelamatkan diri.

Namun, ada dua orang yang terancam nyawanya kala itu. Mereka adalah pemilik toko yang berada di lantai 3. "Terjadi kebakaran di sebuah toko arlogi yang berada di Jalan Kaliurang. Bangunan terdiri dari 3 lantai, beruntungnya hanya satu yang terbakar yaitu di lantai 2," kata Suwandi kepada wartawan, Selasa, 8 September 2020.

Dugaan kebakaran dari korsleting AC standing yang bersumber generator listrik.

Peristiwa kebakaran bermula kala seorang karyawan setempat mendengar genset listrik untuk AC standing otomatis hidup sekitar pukul 03.30 WIB. tidak lama kemudian, terdengar suara ledakan yang berasal dari panel intalasi AC lantai 2.

Kata Suwandi, si jago merah dengan cepat merambat dan menyebar ke seluruh bangunan toko arlogi lantai 2. Karyawan toko berusaha memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (Apar), tetapi amukan api semakin membesar.

Kebakaran Toko di SlemanPetugas Damkar Satpol PP Sleman saat melakukan evakuasi kebakaran toko arlogi di Sleman. (Foto: Dok Satpol PP Sleman/Tagar/Evi Nur Afiah).

Kobaran api itu membahayakan dua orang yang terjebak di lantai 3. Mengingat keduanya belum berhasil turun karena tidak ada akses jalan yang bisa mereka lalui.

Mendapat laporan tersebut, sekitar pukul 4.00 WIB petugas Damkar Satpol PP Sleman datang untuk menyelamatkan korban. Petugas kemudian melakukan evakuasi dengan cara menggunakan alat sejenis tangga darurat. Sementara petugas lain berusaha memadamkan api agar tidak semakin menjalar.

Petugas pemadam kebakaran Satpol PP Sleman berhasil menyelamatkan pemilik toko. Kobaran api dapat dipadamkan dan dikendalikan sekitar pukul 05.00 WIB. "Dugaan kebakaran dari korsleting AC standing yang bersumber generator listrik. Sementara untuk kerugiannya belum bisa ditaksir atau dihitung," ujarnya. []

Berita terkait
Penyebab Kebakaran Hebat Gudang Mebel di Kudus
Gudang mebel di Kudus, Jawa Tengah, terbakar hebat pada Rabu, 2 September 2020. Kerugian ditaksir Rp 3 miliar.
Kebakaran di Kudus, 13 Ribu Ayam Mati Terpanggang
Kebakaran hebat melanda sebuah kandang ayam di Kudus. Sebanyak 13 ribu ekor ayam mati terpanggang.
Korsleting Listrik Bakar Rumah Nenek di Yogyakarta
Rumah nenek di Kota Yogyakarta habis terbakar. Tidak ada korban jiwa, kerugian material Rp 55 juta. Diduga penyebab hubungan arus pendek.
0
Alasan Chelsea Meneteskan Air Mata saat Tampil di Pop Akademy
Gadis manis asal Ruteng NTT meneteskan air mata saat tampil di TOP 40 akademy Indosiar. Ini alasan Chelsea menangis