Rusia Vs Belgia, Duo Hazard Bawa Tim Juara Grup

Hazard bersaudara, Eden dan Thorgan, membawa Belgia tampil sebagai juara Grup I setelah menghancurkan Rusia 4-1 di kualifikasi EURO 2020.
Belgia menang 4-1 atas tuan rumah Rusia 4-1 di laga kualifikasi EURO 2020 di Stadion Saint Petersburg, Minggu 17 November 2019 dini hari WIB. Kemenangan itu membawa Belgia tampil sebagai juara Grup I. Baik Belgia maupun dan Rusia sudah lolos ke putaran final. (Foto: uefa.com)

Jakarta - Belgia menghancurkan tuan rumah Rusia 4-1 di pertandingan kualifikasi EURO 2020 di Stadion Saint Petersburg, Minggu 17 November 2019 dini hari WIB. Hazard bersaudara, Eden dan Thorgan, membawa Belgia menjadi juara Grup I. 

Belgia dan Rusia sesungguhnya sudah lolos ke putaran final. Bahkan Belgia menjadi tim pertama yang memastikan tiket ke EURO 2020 dengan rekor sempurna, yaitu selalu memenangkan pertandingan kualifikasi. 

Pertandingan tersebut pun tidak berarti lagi kecuali menentukan posisi sebagai juara dan runner up grup. Kemenangan di Rusia menjadikan Belgia tampil sebagai juara grup dengan perolehan poin 27. 

Kami menyelesaikan pertandingan ini secara fantastis. Kami menciptakan banyak peluang dan berhasil menjadikan gol

Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, Rusia yang memiliki poin 21 memang sudah tidak bisa mengejar poin Belgia. Di pertandingan terakhir, Rusia menghadapi tuan rumah San Marino. Sedangkan Belgia bertemu Siprus. 

Di laga itu, meski sama-sama sudah lolos ke putaran final, baik Rusia maupun Belgia, memilih bermain terbuka. Hanya permainan ofensif itu menjadi blunder tuan rumah. Mereka justru mendapat tekanan dari Belgia. 

Perbedaan kualitas yang cukup besar membuat Belgia tak kesulitan menaklukkan Rusia. Pasalnya tim asuhan Roberto Martinez unggul kolektivitas dan individu. Sebaliknya, tak mudah bagi Rusia yang hanya bermodalkan semangat untuk mengimbangi tim yang menduduki peringkat satu dunia ini. 

Terbukti, gawang mereka sudah kebobolan di menit 19. Gol Belgia tercipta lewat kolaborasi duo Hazard. Berawal dari umpan Eden yang kemudian diselesaikan adiknya, Thorgan. 

Pada menit 33 giliran Eden yang mencetak gol. Sundulan pemain depan Real Madrid yang menyambut umpan Romelu Lukaku ini sukses menaklukkan kiper Guilherme. 

Belgia kian tak terbendung. Eden Hazard kembali membobol gawang Rusia menjelang akhir babak pertama. Skor 3-0 untuk Belgia tercipta saat turun minum. 

Unggul tiga gol tak membuat Belgia menurunkan intensitas permainan. Namun serangan mereka masih belum menghasilkan gol lagi. 

Lukaku akhirnya memecahkan kebuntuan di menit 72. Striker Inter Milan ini menyelesaikan umpan Kevin de Bruyne lewat tendangan dari luar kota penalti.

Rusia akhirnya bisa mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalannya. Gol tuan rumah diciptakan Georgiy Dzhikiya setelah terjadi kemelut di depan gawang Belgia di menit 79. Skor 4-1 untuk Belgia mengakhiri pertandingan itu. 

Kemenangan Mengesankan

Pelatih Martinez mengungkapkan suka citanya atas kemenangan mengesankan yang diraih Belgia. Menurutnya kunci keberhasilan tidak terlepas dari dimatikannya striker Rusia Artem Dzyuba.

"Kami menyelesaikan pertandingan ini secara fantastis. Kami menciptakan banyak peluang dan berhasil menjadikan gol," kata Martinez seperti dikutip uefa.com

"Kami juga berhasil mematikan Dzyuba yang selama ini selalu menjadi ancaman bagi tim-tim lain," ujar eks pelatih Everton ini. 

Bagi Rusia, kekalahan tersebut memang blunder pelatih Stanislav Cherchesov yang mencoba bermain terbuka. Padahal mereka menghadapi lawan yang kualitasnya jauh lebih baik. 

"Kami dikritik karena bermain terlalu hati-hati saat melawan Spanyol di Piala Dunia. Kali ini, kami ingin tampil beda dengan lebih agresif untuk menang. Hanya kami kurang berhasil," kata Cherchesov. 

"Saya tak ingin bicara soal perbedaan kelas di antara dua tim ini. Yang jelas terlalu dini bagi kami untuk bermain terbuka saat menghadapi tim besar," ujarnya menegaskan. 

Ini merupakan kekalahan terburuk Rusia sejak 2016. Saat itu, mereka kebobolan empat gol di laga kandang saat beruji coba melawan Kosta Rika. []

Berita terkait
Belgia Pertahankan Rekor Sempurna Lawan Kazakhstan
Belgia meraih kemenangan 2-0 atas Kazakhstan di kualifikasi EURO 2020, Minggu 13 Oktober 2019. Belgia sendiri sudah lolos ke putaran final EURO.
Kualitas Manusia Bawa Belgia Tim Pertama ke EURO 2020
Belgia menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final EURO 2020 setelah membantai San Marino 9-0. Belgia lolos karena kualitas manusia di tim.
Menang Besar, Pelatih Belgia Malah Kritik Pemainnya
Belgia menang besar atas San Marino di kualifikasi EURO 2020, Sabtu 7 September 2019 dini hari WIB. Namun pelatih kecewa dengan penampilan Belgia.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.