UNTUK INDONESIA
Rumah Milenial Indonesia Laksanakan Sekolah Kebijakan Publik Virtual
Rumah Milenial Indonesia akan melaksanakan program Sekolah Kebijakan Publik bagi generasi muda di seluruh Indonesia.
Diskusi online Webinar bertajuk Gotong Royong Menghadapi Pandemi Covid-19, Rabu, 20 Mei 2020. Diskusi ini digelar Rumah Milenial Indonesia (RMI) Wilayah Riau. (Foto: RMI)

Jakarta-  Rumah Milenial Indonesia akan melaksanakan program Sekolah Kebijakan Publik bagi generasi muda di seluruh Indonesia. Sekolah ini akan diselenggarakan mulai dari 12 Juni hingga 13 Juli 2020.

Dalam program Sekolah Kebijakan Publik ini, para peserta akan mendengar pengetahuan dan pengalaman dari para tokoh nasional, profesional, maupun akademisi. Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Rumah Milenial Indonesia (RMI) Defli Yuandika di Jakarta, Kamis, 4 Juni 2020.

Beberapa pembicara yang akan memberi materi antara lain Jerry Sambuaga (Wakil Menteri Perdagangan), Djauhari Oratmangun (Dubes RI untuk Republik Rakyat China dan Mongolia), Hanif Dhakiri (Menteri Ketenagakerjaan Kabinet Kerja 2014-2019), Yenny Wahid (Wahid Institute), Febry C. Tetelepta (Ahli Utama Kantor Staf Presiden), Noer Fajrieansyah (Ketua Umum DPP KNPI). 

Dari kalangan profesional juga akan diisi oleh Hokkop Situngkir (Executive Director ID Next Leader), Rina Saadah (Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan), Restu Hapsari (Staf Khusus Menteri Sosial), Putu Bravo Timothy (Managing Partner Firma Hukum THEY Partnership), Asfinawati (Ketua YLBHI), Theo Surbakti (Business Director ID Next Leader), dan Jojo Raharjo (wartawan senior).

Rumah Milenial IndonesiaFoto: Rumah Milenial Indonesia

 

Peserta juga akan mendapat bimbingan dari akademisi seperti Angel Damayanti (Dekan Fisip UKI Jakarta), Semuel S. Lusi (Peneliti Center for Critical Thinking UKSW), dan Dodi Lapihu (Direktur Eksekutif IAAC).

Menurut Defli, Sekolah Kebijakan Publik secara virtual ini dilaksanakan untuk memberikan alternatif kegiatan bagi generasi muda di masa pandemi.

"Di masa sebelum pandemi, biasanya generasi muda mengikuti berbagai kegiatan pelatihan dan pengembangan softskill. Namun di masa pandemi ini, kita tidak bisa mengadakan kegiatan tatap muka. Oleh karena itu RMI menyelenggarakan program ini agar generasi muda tetap dapat mengikuti kegiatan yang positif walaupun hanya di rumah saja," kata Defli.

Defli mengajak teman-teman mahasiswa, profesional muda, dan para aktivis di setiap daerah untuk dapat mengikuti kegiatan ini.

"Pendaftaran dibuka untuk semua generasi muda yang berusia di antara 20-35 tahun. Peserta dapat mendaftar melalui instagram @rumah.milenial.id. Akan ada proses seleksi, dan kita akan prioritaskan teman-teman muda yang sedang aktif berkarya sesuai passionnya masing-masing," ujarnya.

Rumah Milenial IndonesiaFoto: Rumah Milenial Indonesia

Pendiri Rumah Milenial Indonesia, Sahat Martin Philip Sinurat menjelaskan tujuan dari program Sekolah Kebijakan Publik.

"Walaupun saat ini kita sedang menghadapi pandemi, namun waktu dan hidup harus terus berjalan. Kita harus tetap mempersiapkan generasi muda untuk masa depan peradaban bangsa Indonesia. Karena itu kita manfaatkan perkembangan teknologi digital ini untuk kemajuan generasi muda," kata Sahat.

Sahat menyampaikan beberapa materi yang dibahas di dalam Sekolah Kebijakan Publik ini.

"Peserta akan membahas tentang critical thinking, advokasi kebijakan, bagaimana menganalisis isu dalam kebijakan publik, komunikasi publik, community development, transformasi digital dalam kebijakan publik, membangun kebijakan inklusif, dan berbagai topik lainnya. Semoga melalui program ini, peserta mendapatkan wawasan baru dan memperluas jejaring pertemanannya. Generasi muda harus tetap sehat, kuat, dan optimis di tengah pandemi ini," ujarnya. []

Berita terkait
Sembako untuk Mahasiswa Perantau dari Rumah Milenial
Mahasiswa perantauan di Jakarta pada masa pandemi Covid-19 ini mendapatkan bantuan berupa paket sembako dari Rumah Milenial Indonesia.
Keunikan Virtual Wedding Saat Corona di Yogyakarta
Virtual wedding menjadi solusi pernikahan saat pandemi Corona. Seperti apa wujudnya?
Wali Kota Tangerang Lakukan Pelantikan Secara Virtual
Wali Kota Arief R Wismansyah melantik 29 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan cara virtual di ruang kerja Wali Kota Tangerang.
0
Rumah Milenial Indonesia Laksanakan Sekolah Kebijakan Publik Virtual
Rumah Milenial Indonesia akan melaksanakan program Sekolah Kebijakan Publik bagi generasi muda di seluruh Indonesia.