UNTUK INDONESIA
Rumah Ibadah Bukti Nyata Keberagaman di Sumsel
Hampir seluruh warga negara Indonesia telah paham dan mengerti mengenai 4 pilar kebangsaan dari pancasila sebagai ideologi negara dan UUD 1945.
Anggota DPR RI dari Dapil Sumsel 2 Fraksi Partai Golkar, H Alex Noerdin. (Foto: Tagar/Yuyun Yunani)

Ogan Ilir- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dapil 2 Sumatera Selatan fraksi Partai Golkar, H Alex Noerdin mengatakan hampir seluruh warga negara Indonesia telah paham dan mengerti mengenai 4 pilar kebangsaan dari pancasila sebagai ideologi negara dan UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.

“Sebenarnya kita sudah tahu dan selalu menerapkan 4 pilar tersebut. Namun terkadang kita tidak menyadari bahwa dalam berkehidupan bermasyarakat kita telah menjalankan fungsi dari 4 pilar, salah satu contoh Bhineka Tunggal Ika," kata Alex di depan ratusan warga Desa Indralaya Jaya, Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir saat mengikuti sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Sabtu 30 November 2019.

Enam rumah ibadah berbeda secara berdampingan tanpa pagar dalam satu kawasan.

Dimana kata Alex, Indonesia memiliki berbagai ragam suku seperi di Ogan Ilir ada daerah meranjat, Tangjung Rajo dan begitupun di wilayah Indonesia lainnya,”tegas Alex yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini. Begitupun NKRI sebagai bentuk negara yang tidak bisa dirubah, karena sejak jaman penjajahan rakyat Indonesia sudah bersatu dan hingga sekarang.

“Contoh kongkrit keberagaman di Sumsel saat ini tetap zero konflik antar umat beragama. Bukti nyatanya beberapa waktu lalu kita sudah membangun enam rumah ibadah berbeda secara berdampingan tanpa pagar dalam satu kawasan di Jakabaring sport City. Inilah bentuk nyata dari 4 pilar yang secara tidak langsung sudah kita terapkan bersama,” katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Ogan Ilir Fraksi Partai Golkar, Basri M Zahri mengatakan terkait sosialisasi 4 Pilar MPR begitu penting untuk masyarakat agar peran dan tujuannya dipahami masyaarakat setempat.

“Dengan adanya sosialisasi ini masyakat tentunya akan lebih paham lagi mengenai 4 pilar MPR seperti UUD 1945, Pancasila, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika,”katanya. []

Baca juga:


Berita terkait
Budi Karya Sumadi Wajibkan ASN Sumsel Naik LRT
LRT Palembang solusi menguraikan kemacetan ibu kota Sumatera Selatan, ASN pun diminta rutin menaiki LRT.
MUI Sumsel Dukung Imbauan MUI Jatim, Ini Alasannya
MUI Sumatera Selatan mendukung imbauan yang dikeluarkan MUI Jawa Timur terkait larangan mengucapkan salam agama lain saat membuka acara resmi.
Masa Tunggu Calon Jamaah Haji di Sumsel 18 Tahun
Dengan kuota haji 6.988/tahun diperkirakan masa tunggu keberangkatan jamaah haji Sumsel 18 tahun, sampai tahun 2030 77.000 calon jamaah terdaftar
0
Gempa 5,6 SR Guncang Tapanuli Bagian Selatan Sumut
Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Tapanuli Bagian Selatan, Sumatera Utara.