Waskita Karya

RS Darurat Wisma Atlet Terancam Kekurangan Dokter

Koordinator Lapangan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran Letkol Laut M Arifin mengatakan kekurangan dokter tangani pasien.
RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta (Foto: setkab.go.id/Humas Kemenkes)

Jakarta - Koordinator Lapangan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran Letkol Laut M Arifin mengatakan, pihaknya kekurangan tenaga kesehatan atau nakes untuk menangani pasien. Sejak sepekan terakhir, kasus Covid-19 di DKI Jakarta dan sekitarnya melonjak signifikan.

"Dokter umum perawat kita kurang kalau bed ketiga itu ditambah," ucap Arifin saat konferensi pers di Taman RSDC Wisma Atlet, Kamis, 17 Juni 2021.

Arifin menyebut, akan ada penambahan nakes dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Adapun penambahan tersebut terdiri dari nakes dan dokter umum.

Menurut Arifin, Kemenkes sudah merekrut 400 nakes dan 150 dokter umum. "Sebagai bentuk antisipasi kita untuk melayani pasien yang jumlahnya berlipat-lipat seperti Januari 2021 sehingga pasien yang dirawat di sini nanti terlayani dengan baik," ujarnya.



Arifin mengatakan, RSDC terus berusaha semaksimal mungkin mengantisipasi lonjakan pasien yang datang. Dia pun meminta masyarakat memaklumi karena RSDC juga kewalahan.

"Yang pasti kami layani makan dikasih,  obat  bertahap karna jumlah nakes terbatas saat ini sambil kita sempurnakan sambil berjalan," tuturnya.

Menurut Arifin, ini merupakan upaya dari pemerintah pusat maupun daerah dan juga satuan tugas penanggulangan Covid-19. Sebagai bentuk antisipasi lonjakan seminggu atau dua minggu ke depan.

"Apabila dari hulu, teman-teman di luar, masyarakat luas tidak bisa mengerem mobilitasnya. Lain halnya apabila direm akan landai nantinya," katanya.

Arifin pun memberikan pesan kepada masyarakat agar tidak bosan patuhi protokol kesehatan. Selain itu, dukung pemerintah untuk mempercepat vaksinasi. []

Berita terkait
Kepala BNPB: Wisma Atlet Siap Hadapi Lonjakan Covid-19
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letnan Jenderal Ganip Warsito melihat kesiapan RSDC Wisma Atlet menghadapi lonjakan Covid-19.
Kemenkes Bayar Insentif Relawan RSDC Wisma Atlet Tahun 2020
Kemenkes bayarkan tunggakan pembayaran insentif tahun 2020 bagi relawan RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, untuk 1.613 tenaga relawan
Jumlah Pasien Sembuh di RS Wisma Atlet Capai 46.254 Orang
Jumlah pasien Covid-19 yang sembuh di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta tercatat sebanyak 46.254 orang.
0
RS Darurat Wisma Atlet Terancam Kekurangan Dokter
Koordinator Lapangan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran Letkol Laut M Arifin mengatakan kekurangan dokter tangani pasien.