UNTUK INDONESIA

Risma Ratu Drama di Tengah Pendukung Militan Anies Baswedan

Trending Twitter #RismaRatuDrama menyusul aksi Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan di kawasan Thamrin Jakarta menemukan tiga orang gelandangan.
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto: Tagar/Suara.com/Dimas Angga)

Jakarta - Pengamat intelijen Stanislaus Riyanta mengatakan Menteri Sosial Tri Rismaharini bekerja di area pendukung militan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Maka tidak mengherankan ketika Risma blusukan di kawasan Thamrin dan menemukan gelandangan, muncul trending Twitter bernada sinis #RismaRatuDrama.

"Magnet politik di DKI sangat kuat, kehadiran Bu Risma di Jakarta sebagai Menteri Sosial secara tidak langsung ditarik juga oleh situasi politik di Jakarta. Apalagi jika aksinya bersentuhan dengan area Gubernur DKI Anies Baswedan yang tentu juga punya pendukung militan," ujar Stanislaus Riyanta kepada Tagar, Kamis, 7 Desember 2021.

Stanislaus melihat blusukan Risma sebagai sesuatu yang wajar, begitu juga pengkritik Risma juga adalah wajar. "Aksi blusukan Risma wajar sebagai Mensos, dan aksi pendukung Gubernur DKI yang mengkritik Risma juga wajar sebagai sikap politik. Aksi Risma bukan hanya blusukan. Itu hanya sebagian kecil dari yang dilakukan Risma. Yang penting justru penyaluran bansos dan perbaikan data penerima bansos."

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kegiatan penyusuran di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Risma bertemu tiga orang gelandangan dan mengajaknya tinggal di penampungan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan ia baru mendengar ada gelandangan atau tunawisma di kawasan Sudirman-Thamrin. Gelandangan atau tunawisma adalah sebutan bagi orang yang tidak punya rumah, tinggal di sembarang tempat di jalanan. Riza mengatakan dirinya dan Kepala Dinas Sosial Jakarta akan melakukan pengecekan terhadap gelandangan yang ditemui Risma tersebut.

"Terkait dengan adanya tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin, memang saya sendiri hidup di Jakarta sejak umur 4 tahun baru dengar ada tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin," ujar Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 6 Januari 20121.

Aksi blusukan Risma wajar sebagai Mensos, dan aksi pendukung Gubernur DKI yang mengkritik Risma juga wajar sebagai sikap politik.

Riza menyambut baik aksi Risma, pemimpin yang turun langsung ke lapangan. "Kami sampaikan, kami mengapresiasi, menyambut baik Bu Risma, Mensos, yang blusukan sebagai pimpinan melihat langsung ke lapangan, suasana situasi dan kondisi sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing."

Tri Rismaharini adalah mantan Wali Kota Surabaya. Sepanjang sepuluh tahun memimpin Kota Pahlawan itu, Risma dikenal sebagai pemimpin yang membela rakyat, sering terlihat turun langsung ke lapangan, melihat situasi yang sebenarnya yang sedang dihadapi rakyat. []

Berita terkait
Risma Blusukan di Jakarta, Wagub: Setiap Kota Ada Tunawisma
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut tunawisma tidak hanya ada di Jakarta, tapi juga di seluruh provinsi di Indonesia.
Tanggapan Anies soal Pengemis yang Ditemui Mensos Risma
Tanggapan Anies Baswedan soal penemuan seorang pengemis di Jl.Sudirman Thamrin, Jakarta.
Saran Hidayat Nur Wahid dan Fahri Hamzah untuk Mensos Risma
Menurut Hidayat Nur Wahid, kondisi pengemis dan pemulung yang ada di Jakarta tidak jauh berbeda dengan di Surabaya.
0
Risma Ratu Drama di Tengah Pendukung Militan Anies Baswedan
Trending Twitter #RismaRatuDrama menyusul aksi Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan di kawasan Thamrin Jakarta menemukan tiga orang gelandangan.