UNTUK INDONESIA
Ridwan Hisjam yang Gagal Jadi Ketum Golkar
Sebagai salah satu kandidat calon Ketua Umum Parta Golkar, Ridwan Hisjam gagal jadi ketua umum, Airlangga Hartarto yang ditetapkan jadi ketua umum
Ridwan Hisjam (Foto: Antara/Nyoman Budhiana)

Jakarta - Salah satu kandidat calon Ketua Umum (Ketum) Partai Golongan Karya (Golkar) periode 2019-2024, Ridwan Hisjam. Dia gagal terpilih jadi ketua umum partai. Pasalnya, pesaingnya Airlangga Hartarto telah resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum pada Sidang Paripurna VI, Munas Partai Golkar di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, 4 Desember 2019.

Sebelumnya, Ridwan Hisjam optimis untuk bersaing dengan Airlangga Hartarto pada pemilihan Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024. Ridwan merasa Golkar sudah jauh melenceng, sehingga ia hendak menerapkan konsep reformasi Golkar jilid 2 yang pernah dilakukan oleh Akbar Tanjung 20 tahun silam. Hal ini sejalan dengan visinya yaitu, “Sinergi Kader Partai Golkar Membangun Negeri”.

Ridwan Hisjam adalah satu-satunya kandidat yang bertahan dalam pemilihan Ketua Umum Golkar dan bersaing dengan Airlangga Hartarto. Dari sembilan nama yang mencalonkan diri, empat nama dinyatakan tidak lulus uji verifikasi. Sementara, tiga calon lainnya, Bambang Soesatyo, Agun Gunandjar, dan Ali Yahya mengundurkan diri dari pencalonan.

Ridwan Hisjam terjun ke dunia politik sejak usia 40 tahun. Pria kelahiran Surabaya, 26 Mei 1958 ini pernah jadi pengurus DPD Golkar Jawa Timur dari tahun 1995-2005. Ridwan juga pernah maju sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Bersama Sutjipto pada 2008. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR menggantikan Eni Saragih tahun 2018. Tahun 2016, posisinya dicopot sebagai wakil ketua komisi X DPR-RI periode 2014-2019.

Selain di dunia politik, dalam bisnis pun Ridwan sudah banyak berpengalaman. Sejak tahun 1993 Ridwan Hisjam menjabat sebagai direktur utama untuk Grup Equator Property. Selain itu, ia juga menjabat sebagai komisaris utama di PT Sarana Jatim Ventura, sebuah perusahaan modal ventura dengan visi mengembangkan usaha kecil dan menengah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional sejak tahun 1995. Ia juga menjabat sebagai komisaris utama di beberapa perusahaan seperti, PT Sinar Jati Mitra, PT Dharmapena Cipta Media, dan PT Adhi Karya Amanda.

Ridwan Hisjam memiliki banyak pengalaman organisasi di antaranya, sebagai Ketua PPK KOSGORO (Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong) tahun 2013-2018. Sebagai Bendahara Umum untuk Satkar Ulama Indonesia tahun 2012-2017. Sebagai Ketua Komite Tetap pada tahun 2004-2015 untuk KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia). Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Jawa Timur tahun 1992-1995. Ketua Biro Organisasi INKINDO (Ikatan Nasional Konsultan Indonesia) dari tahun 1989-1992, dan masih banyak lagi.

Sebelumnya, pada tahun 2010, pria lulusan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini pernah diduga terlibat kasus korupsi penyimpangan dana hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) senilai Rp 75 juta. Namanya disebut oleh dua tersangka korupsi lainnya pada saat itu, salah satunya oleh mantan aktivis pergerakan mahasiswa di Kediri, Muhammad Mundir.

Berdasarkan dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 12 Mei 2008, di mana pada saat itu Ridwan menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, memiliki kekayaan Rp 15,15 miliar. Informasi terkini mengenai kekayaannya tidak diketahui.

Selain itu anaknya, Ahmad Fajar Ridwan Hisjam, pun ikut terjun ke dunia politik. Selain terpilih sebagai Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur, Ahmad Fajar juga mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPRD Jawa Timur Partai Golkar di Dapil Jatim VI. [] – Husen Mulachela

Berita terkait
Airlangga Hartarto Sah Ketua Umum Golkar 2019-2024
Airlangga Hartarto resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024 dalam Munas di Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019.
Ancang-ancang Akbar Tandjung, Golkar Salip PDIP
Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tanjung belum ingin Airlangga Hartanto nyapres dalam Pemilu 2024. Dia berharap Golkar salip PDIP.
Airlangga Hartarto Jadi Ketum Golkar Hari Ini?
Ace Hasan Syadzily menyebut petahana Airlangga Hartarto berpeluang besar terpilih kembali menjadi Ketum Golkar pada hari ini.
0
Update Covid-19 di Sumut: PDP 160, Positif 117 Orang
Jumlah pasien dalam pengawasan Covid-19 di Sumatera Utara mengalami peningkatan, data terbaru yang diterima mencapai 160 orang.