Richard Gere yang Dikaruniai Anak Saat Umurnya 70 Tahun

Richard Gere, aktor ternama Hollywoord memiliki dua putra di umurnya yang sudah lanjut usia
Sosok Richard Gere, aktor Hollywood yang terkenal dengan film genre romantisnya seperti Pretty Woman (Foto: cbsnews.com)

Jakarta - Richard Gere seorang aktor Hollywood yang telah menampilkan pesonanya di beberapa film layar lebar seperti American Gigolo, An Officer and a Gentleman, Pretty Woman, dan yang lainnya. Richard dikenal dengan perannya dalam beberapa film bergenre romantis dengan karakter yang lembut.

Richard Tiffany Gere lahir di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), pada 31 Agustus 1949. Richard merupakan anak kedua dari lima bersaudara. Homer George Gere, merupakan Ayah Richard yang bekerja di perusahaan asuransi, sementara Doris Anna Tiffany, merupakan Ibu Richard yang merupakan ibu rumah tangga.

Richard menjalani kehidupan kecilnya di New York bagian utara. Dengan menempuh pendidikan awal di North Syracuse Central High School, Richard terampil dalam bidang musik dan senam. Pada 1967, Richard melanjutkan pendidikan di University of Massachusetts melalui beasiswa senam dengan menekuni jurusan filsafat.

Namun, selang dua tahun menempuh pendidikannya, Richard memutuskan untuk keluar karena ingin mengeksplorasi minatnya pada dunia akting. Selain menyukai akting, Richard juga bekerja sebagai musisi di beberapa band.

Richard mulai bermain untuk film pertamanya yaitu Report to the Commissioner (1975), namun hanya memiliki peran kecil. Kemudian, peran nyata Richard terbukti pada film yang dimainkan bersama Diane Keaton yaitu Looking for Mr. Goodbar (1977). Dan membintangi drama sutradara Terrence Malick Days of Heaven (1978).

Richard Gere merupakan salah satu aktor Hollywood pertama yang memerankan karakter homoseksual. Richard berperan sebagai korban Holocaust gay dalam produksi Broadway 1978 Bent. Berkat penampilannya tersebut, Richard meraih Penghargaan Teater Dunia.

Nama Richard kian terus melambung di tahun 1980-an. Saat itu Richard bermain peran dalam film American Gigolo (1980) dengan karakter yang halus dan gaya busana yang khas. Dua tahun setelahnya, Richard berperan dalam kisah romantis An Officer and a Gentleman (1982) bersama Debra Winger. Film ini menghasilkan hampir $130 juta dan meraih dua Academy Awards dari enam nominasi. Richard turut menerima nominasi pertamanya.

Selama sisa tahun 1980-an Richard tampil kembali di beberapa film seperti Internal Affairs (1990) dan drama yang sangat populer Pretty Woman (1990) yang dimainkan bersama Julia Roberts. Kemudian Richard kembali mendapat nominasi Golden Globe untuk yang kedua kali.

Tahun 1990-an Richard mengisinya dengan membintangi film yang luar biasa seperti Sommersby (1993), Primal Fear (1996), Runaway Bride (1999) yang mempertemukannya kembali dengan Julia Roberts, dan The Jackal (1997).

Dikenal dengan karisma dan ketampanannya, Richard mendapatkan penghargaan pria terseksi "Sexiest Man Alive" dalam majalah People tahun 1999. Di tahun 2002, Richard kembali memerankan film layar lebar yaitu The Mothman Prophecies, Unfaithfull, dan Chicago.

Perannya sebagai pengacara pembela Billy Flynn pada film Chicago, mengantarkannya pada penghargaan Golden Globe Award pertamanya.

Kesuksesannya sebagai aktor kian berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Sepanjang karirnya, Richard juga aktif dalam kegiatan sosial dan politik. Secara teratur Richard mengunjungi Dharamshala, markas besar pemerintah Tibet di Pengasingan. Kemudian Richard mendirikan Yayasan Gere untuk membantu mensponsori hak asasi manusia di Tibet dan mendukung Dalai Lama.

Richard juga telah mendukung badan amal untuk membantu mereka yang menderita AIDS, terutama di India.

richard gere dan istriSosok Richard Gere, aktor Hollywood yang terkenal dengan film genre romantisnya seperti Pretty Woman (Foto: cbsnews.com)

Richard Gere menikah dengan seorang model, Cindy Crawford pada tahun 1991 namun kandas pada 1995. Pada 2002 Richard kembali menikah dengan aktris Carey Lowell dan memiliki seorang putra bernama Homer. Kemudian Richard mengumumkan bahwa mereka bercerai pada 2013.

Pada 2018 silam Richard menikah untuk ketiga kalinya dengan humas aktivis Spanyol berusia 35 tahun, Alejandra Silva. Dengan kondisi Richard yang sudah lansia, mereka dikaruniai dua orang putra.

Beberapa penghargaan yang telah diraihnya yaitu, Penghargaan David di Donatello sebagai Best Foreign Actor (1979), National Board of Review Freedom of Expression Award (1997), Screen Actor Guild Award (2003) sebagai aktor dengan penampilan luar biasa, Golden Globe Award (2003) sebagai aktor terbaik film musikal atau komedi, Critic's Choice Movie Award (2003) sebagai ensemble akting terbaik, dan Independent Spirit Robert Altman Award (2008).

Menurut data dari Internet Movie Database (IMDb) berikut 10 film terbaik yang diperankan Richard Gere (dari berbagai sumber):

1. Hachi: A Dog's Tale (2009) - 8.1

2. Days of Heaven (1978) - 7.9

3. Primal Fear (1996) - 7.7

4. Chicago (2002) - 7.1

5. Pretty Woman (1990) - 7.0

6. An Officer and A Gentleman (1982) - 7.0

7. I'm Not There (2007) - 6.9

8. The Hunting Party (2007) - 6.8

9. Brooklyn's Finest (2009) - 6.7

10. Unfaithful (2002) - 6.7 

- Dwi Oktaviani

The Call of the Wild dan Deretan Film Tentang Anjing

Bugil dan Adegan Syur di Jagat Maya

Perjalanan Vokalis Marie Roxette Sebelum Tutup Usia

Pakai Gaun Berenda, Harry Styles Pria Pertama di Sampul Vogue

Berita terkait
Julia Roberts di Panggung Film dan Kehidupan
Julia Roberts, aktris pemenang Academy Award, yang membintangi film-film top Hollywood seperti Pretty Woman, dan Steel Magnolias
0
Richard Gere yang Dikaruniai Anak Saat Umurnya 70 Tahun
Richard Gere, aktor ternama Hollywoord memiliki dua putra di umurnya yang sudah lanjut usia