UNTUK INDONESIA
Respons PLN, Sulawesi Selatan Mati Listrik 9 Jam
Warga Bantaeng dibuat gerah oleh mati listrik sejak sekitar pukul 07.00 pagi hingga 16.00 WITA pada Selasa, 13 Agustus 2019.
Proses pengerjaan perbaikan listrik oleh PLN Bantaeng di Bonto Atu, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi selatan. (Foto: Tagar/ fitriani aulia rizka)

Bantaeng - Warga Bantaeng dibuat gerah oleh mati listrik sejak sekitar pukul 07.00 pagi hingga 16.00 WITA pada Selasa, 13 Agustus 2019. Berarti, sembilan jam lamanya listrik tidak menyala di salah satu Kabupaten Sulawesi Selatan.

Salah satu warga Kampung Mappilawing, Kecamatan Bantaeng, bernama Tasma juga turut merasa kecewa terhadap Perusahan Listrik Negara (PLN) yang mendadak memadamkan listrik, tanpa memberikan informasi kepada warga.

Sebagai pedagang online shop, padamnya listrik membuat pekerjaannya terbengkalai. "Biasanya, kalau mau pemadaman ada informasi sehari sebelumnya. Jadi, kita olshoper sediakan memang powerbank, hp cas penuh semua, namanya juga orang jualan, HP tidak boleh lowbat" kata Tasma saat menyampaikan keluhannya kepada Tagar, di Bantaeng, Sulawesi Selatan pada 13 Agustus 2019.

Mendengar keluhan warga Bantaeng, Supervisor Teknisi Distribusi PLN Bantaeng, Ufo mengatakan penyebab padamnya listik karena faktor cuaca. Hal itu dikatakannya saat ditemui disela-sela kesibukannya melakukan pemantauan perbaikan kabel listrik, di desa Bonto Atu, Bantaeng.

Penyebab lainnya listrik padam karena banyak benang kusut yang terlilit di kabel listrik.

"Faktor cuaca, bisa lihat sendiri. Saat ini angin kencang dan beberapa pohon tumbang," ucapnya kepada Tagar.

Ufo mengungkapkan penyebab lainnya listrik padam karena banyak benang kusut yang terlilit di kabel listrik. Kabel tersebut diduga berasal dari layang-layang yang putus, lalu tersangkut.

Kata dia, apabila kabel dan benang layangan itu bergesekan dan menghasilkan tegangan tinggi, bisa saja menjadi penyebab listrik mati secara tiba-tiba.

"Tadi habis penelusuran di area Eremerasa sana, banyak ditemukan benang layangan terlilit di kabel. Itu kan kalau bergesekan bikin tegangan tinggi, kalau kejadian ya langsung blackout, yang kena ini Bantaeng kota," ujarnya.

Namun demikian, ia bersama segenap tim masih melakukan penelusuran secara langsung untuk mencari tahu penyebab lain listrik padam secara mendadak. 

Baca juga:

Berita terkait
Listrik Padam, Bupati Boven Digul: Mari Bersyukur, Lihat ke Papua
Bupati Boven Digul Benediktus Tambonop menceritakan pengalamannya saat ke Jakarta. Ia diingatkan dengan Boven Digul di masa lalu.
Setelah Hari Ini PLN Janji Listrik Tidak Akan Padam Lagi
Anggota DPR Gus Irawan mengatakan malam ini pemadaman listrik akan segera berakhir. Tidak ada lagi pemadaman bergilir.
0
Jelang Pelantikan, Calon Ketua DPRD Dairi Berganti
Dua jam menjelang pelantikan anggota DPRD Dairi, tiba-tiba Sabam Sibarani menyerahkan surat DPP Partai Golkar.