Respons Pemda DIY soal TPST Piyungan dan Darurat Sampah

TPST Piyungan diblokir warga membuat darurat sampah di Yogyakarta. Begini respons Pemda DIY.
Beberapa kendaraan pengangkut sampah yang tidak bisa membuang akibat TPST ditutup warga. (Foto: Tagar/Faya Lusaka Aulia)

Yogyakarta - Sampah menumpuk di sejumlah lokasi di Yogyakarta akibat warga menutup Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan di Kabupaten Bantul. Terlihat sampah menggunung di sekitar Lempuyangan Kota Yogyakarta. Begitu juga sampah berserakan di permukiman aupun perumahan di Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta pun merespons pemandangan tak sedap dipandang mata ini. Pemda DIY menyebut, pengelola TPST Piyungan sedang mengatasi persoalan tersebut. Prioritas utamanya adalah pembuatan saluran air agar lendi atau air sampah tidak mengalir ke mana-mana.

Baca Juga:

Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, pengelola pembuangan sampah yang berada di di Dusun Ngablak, Desa Sitimulyo, Kapanewong Piyungan ini sudah langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. "Seperti pembuatan saluran air, kemudian pengurukan dari tanah dan pasir. Mudah-mudah dalam waktu lama bisa segera teratasi," katanya di Yogyakarta, Senin, 21 Desember 2020.

Hujan membuat TPST Piyungan ini airnya mengalir ke mana-mana, jadi itu yang harus dipecahkan.

Menurut dia, dalam kondisi saat ini persoalan yang paling dikeluhkan adalah air lendi mengalir ke mana-mana. Informasinya juga merembes ke sumur warga, sehingga air menjadi bau. "Hujan membuat TPST Piyungan ini airnya mengalir ke mana-mana, jadi itu yang harus dipecahkan," kata Aji, sapaan akrab Kadarmanta Baskara Aji.

Aji mengungkapkan, jika saluran air di sekitar TPST Piyungan sudah selesai dikerjakan, maka saat hujan pun tidak akan dikeluhkan warga sekitar. "Kalau sudah bisa membuat saluran air maka saat hujan, air lendi yang selama ini menjadi keluhan warga akan bisa teratasi," ungkapnya.

Baca Juga:

Seperti diketahui, sejak Jumat, 18 Desember 2020 pukul 07.00 WIB, warga menutup TPST Piyungan, Bantul. TPST ini merupakan tempat pembuangan akhir sampah dari tiga daerah yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Sleman.

Tak heran dengan penutupan ini membuat warga di tiga daerah tersebut kesulitan membuang sampah. Terlihat ada penumpukan sampah di sejumlah sudut kota, perumahan dan lainnya. Kondisi darurat sampah ini sudah sering terjadi saat warga menutup TPST Piyungan yang sebenarnya memang sudah overload tersebut. []

Berita terkait
Warga Blokir TPST Piyungan, Yogyakarta Darurat Sampah
Warga sekitar menutup TPST Piyungan, dampaknya Yogyakarta darurat sampah. Sampah terlihat menumpuk di Bantul, Kota Yogyakarta dan Sleman.
Lindi TPST Piyungan Bantul Kian Cemari Sumur Warga
Lindi atau air limbah dari TPST Piyungan, Bantul mencemari sumur warga sekitar. Warga sempat memblokir pintu masuk TPST terbesar di Yogyakarta ini.
5 Eks Teroris Ikuti Upacara di TPST Piyungan Bantul
Lima eks narapidana terorisme bergabung dengan komunitas TPST Piyungan, Kabupaten Bantul, menggelar upacara bendera HUT RI.
0
Ma'ruf Amin: Pancasila Hadir Menjadi Titik Temu Kata Sepakat
Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan bahwa Pancasila merupakan titik temu kata sepakat dan menyatukan berbagai perbedaan antara suku bangsa.