Resep Rahasia dan Cara Membuat Teh Telur Ala Chef Hotel

Menyajikan teh telur atau teh talua tidaklah serumit yang Anda bayangkan. Ini resep rahasia dan cara membuat teh telur ala chef hotel bintang lima.
Teh Talua khas Ranah Minang. (Foto: Tagar/Rifa Yanas)

Jakarta - Menyajikan teh telur tidaklah serumit yang Anda bayangkan. Teh talua dalam diksi Minang, dipercaya mampu meningkatkan stamina dan vitalitas. Berikut resep rahasia dan cara membuat teh telur ala chef hotel bintang lima, khusus untuk Anda.

Tidak disarankan menggunakan teh celup, apalagi air teh dalam kemasan.

Di Sumatera Barat konon dulunya, ragam kuliner yang satu ini spesial diperuntukkan bagi tetamu bangsawan dan tokoh terpandang. Seiring kemajuan zaman, kini teh talua mudah didapati dimana saja. Mulai dari warung-warung kopi pedesaan, pedagang kaki lima, kafe, hingga restoran dan hotel berbintang.

"Filosofinya, dulu teh talua merupakan hidangan khusus jika ada tamu kehormatan yang datang ke rumah. Atau hanya disajikan dalam pertemuan dan acara tertentu," ujar Kusno Prasetyo, Executive Sous Chef Novotel Bukittinggi.

Kepada Tagar, Chef Kusno membocorkan rahasia membuat teh telur itu, Minggu, 4 Oktober 2020. Katanya, bagi pria dewasa mengkonsumsi teh telur cukup bermanfaat untuk hubungan suami-istri. Kendati begitu, tidak ada salahnya jika turut dikonsumsi perempuan dan anak-anak.

"Teh telur dapat meningkatkan stamina dan vitalitas pria dewasa," ungkapnya.

Minuman tradisional yang dikenal berbahan campuran teh panas dan kuning telur itu bakal menyisakan bau amis jika tidak diramu dengan benar. Air untuk menyeduhnya harus benar-benar panas, agar telur yang sudah dikocok menjadi matang.

Baca juga: Nasi Kapau di Jakarta Pusat Disegel Satpol PP

"Sebelum telur dikocok menggunakan mixer, paling penting adalah memisahkan betul-betul kuning telur dari putih telur. Karena yang membuat amis adalah putih telurnya," sebut Chef Kusno.

Takaran teh, juga harus dapat membuat air berwarna pekat. Karena itu, tidak disarankan menggunakan teh celup, apalagi air teh dalam kemasan. Utamakan menggunakan teh serbuk yang disiapkan di dalam alat penapis.

Komposisi teh telur:

  1. 1 butir kuning telur ayam kampung atau kuning telur bebek.
  2. 1 sendok makan gula.
  3. 1 sachet Susu Kental Manis.
  4. 1/2 sendok coklat bubuk.
  5. 1 gelas air.
  6. 3 sendok serbuk teh.
  7. Sedikit perasan jeruk nipis (opsional)

Cara membuat teh telur:

Pertama kali, kuning telur yang sudah dibuang putihnya dimasukkan ke dalam gelas. Masukkan 1 sendok makan gula pasir, lalu kocok menggunakan mixer. Ingat, proses pengocokan tidak boleh terlalu mengembang, juga jangan terlalu sebentar.

Sambil mengocok telur, panaskan air beserta teh serbuk sampai mendidih. Jika ingin, Anda juga bisa menambahkan jahe yang sudah digeprek ke dalam rebusan air.

Setelah adonan telur mengembang, saring air rebusan teh yang telah mendidih ke dalam gelas tersebut. Terakhir, tambahkan susu kental manis dan coklat bubuk. Jika masih khawatir menyisakan bau amis di lidah, maka inilah saatnya menambahkan sedikit perasan jeruk nipis.

Teh Talua TapaiTeh talua kini dapat dinikmati pria dan wanita dan dapat dijumpai dimana saja. (Foto: Tagar/Rifa Yanas)

Warna sajian teh telur anda akan terlihat memikat pada detik-detik berpisahnya air teh, buih adonan telur, dan susu kental manis. sebelum diminum, jangan lupa mengaduknya secara merata. Bravo, Selamat mencoba.

Varian Rasa Teh Talua

Di sejumlah daerah, maupun di berbagai kafe dan restoran, kini teh talua sudah memiliki aneka varian rasa. Masing-masing warung punya resep rahasia tersendiri. Begitu pula dengan harga per satu gelasnya. Umumnya berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 25.000.

Di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam misalnya, ada sebuah warung yang menyajikan teh talua dengan gelas tertelungkup. Teh talua tatungkuik, demikian pemilik warung menyebutnya. Bibir gelas ditautkan ke tadah, gelas jadi tertelungkup dengan sebuah sedotan.

Lain pula yang bisa Anda jumpai di Kafe Kapatoman, kawasan Tebing Terkurung, Ngarai Sianok, Kota Bukittinggi. Sebuah kafe berkonsep kapal yang agak menjorok ke perbatasan Kabupaten Agam ini, teh talua dicampur tape ubi. Jadilah Teh Talua Tapai menjadi menu favorit kafe itu. 

Teh Talua BalenggekSalah satu varian teh telur yang dikenal dengan sebutan Teh Talua Balenggek. (Foto: Tagar/Kafe Nasuha Payakumbuh)

Jika Anda berkunjung ke Pesisir Selatan, atau ke Kota Payakumbuh, ada lagi sebutan Teh Talua Balenggek. Warna larutan teh panas dan adonan telur yang Anda lihat di dalam gelas akan bertingkat-tingkat. Busa telur berada di atas, susu kental manis paling bawah, di tengahnya air teh pekat. 

"Selain mixer, alat yang paling baik digunakan untuk mengocok telur adalah seikat lidi. Kuning telur dan gula akan lebih teraduk rata jika memakai lidi," ucap Chef Kusno.

Nah, bagi Anda yang berada di kawasan ibu kota Jakarta jangan khawatir untuk mencicipi menu kuliner nusantara yang satu ini. Di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat misalnya. Ada sebuah kafe berlabel Lapau Bukittinggi. Di sini, harga satu porsi teh talua dipatok urang awak Rp 15.000. 

Uniknya, teh talua yang lumrah disajikan panas, rupanya juga bisa dicampur es. Anda tinggal bilang Es Teh Talua, atau Teh Talua Dingin. Di Lapau Bukittinggi Rawa Belong, satu porsi teh talua dingin dibanderol Rp 16.000.

Penasaran mencoba? Ambil gawai Anda, berselancarlah di mesin pencarian Google. Ketik: teh talua atau teh telur. Peta penunjuk arah digital akan menuntun Anda menemukan segelas sahabat mengarungi malam. []

Berita terkait
Teh Telur Nikmat Berkhasiat dari Ranah Minang
Teh telur merupakan minuman alami dari Ranah Minang yang memiliki khasiat untuk kesehatan dan menambah stamina.
Bir Pletok Asal Mula Khasiat dan Standarisasi Mutu
Bir pletok, meski tidak diketahui kapan persisnya ditemukan, minuman asli orang Betawi ini punya standarisasi proses pembuatannya.
Khasiat Remdesivir Obati Corona di RSAM Bukittinggi, Teruji?
Dokter Spesialis Paru di RSAM Bukittinggi telah pernah menggunakan khasiat obat Remdesivir untuk menangani pasien corona. Apakah Remdesivir teruji?
0
DPR Minta Pemerintah Tetap Sediakan Slot Jalur PNS Bagi Guru
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta pemerintah untuk tetap menyediakan slot jalur pegawai negeri sipil untuk para guru di Indonesia.